Catat, Ini 10 Langkah Untuk Memulai Bisnis Fesyen

Bisnis fesyen tak harus selalu tentang membuat pakaian.

Catat, Ini 10 Langkah Untuk Memulai Bisnis Fesyen
Tren fesyen hijab di Indonesia. (dok.Kemenparekraf)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Fesyen merupakan salah satu sub-ekonomi kreatif yang memiliki potensi besar dan berkembang menjadi sebuah bisnis.

Seperti tertulis di crewdible.com, bisnis fesyen adalah usaha yang terkait di bidang pakaian. Tidak hanya sesuatu yang dikenakan pada tubuh, tapi juga aksesoris untuk memperindah penampilan. Pakaian merupakan salah satu dari tiga kebutuhan primer, sehingga permintaannya diprediksi akan tetap ada. 

Seiring dengan banyak permintaan, persaingan di industri fesyen pun tak terhindarkan. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memulai sebuah bisnis fesyen.

Selain menghasilkan produk pakaian sebagai founder jenama atau desainer, fesyen masih sangat luas menyediakan banyak ide bisnis lain, seperti fotografi fesyen, pemengaruh fesyen, hingga bisnis ekspor-impor fesyen. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memulai sebuah bisnis fesyen dengan merek sendiri.

1. Menentukan target pasar

Langkah pertama, Anda perlu menentukan target pasar dan siapa Anda akan menjual produk fesyen tersebut, apakah produk fesyen untuk anak-anak, dewasa atau pakaian yang secara khusus untuk laki-laki atau perempuan? 

Hal ini penting mengingat akan sulit sekali bagi perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen dari semua kalangan. Untuk itu, Anda harus fokus pada target pasar spesifik supaya bisnis bisa berkembang dengan lebih mudah.

2. Riset produk

Riset ini penting dalam bisnis fesyen, karena Anda tak bisa menciptakan produk hanya karena sekedar hobi, tetapi juga harus tahu kebutuhan target pasar. Dengan demikian, Anda bisa semakin yakin lagi untuk menjual produk tersebut.

3. Mempelajari kompetitor

Mempelajari persaingan pasar akan memberikan Anda gambaran mengenai kondisi bisnis yang dijalankan di lapangan. Persaingan bisnis fesyen cukup sulit karena siapa pun bisa masuk ke bisnis ini. Dengan mengetahui kondisi rillnya, Anda berpeluang untuk menghadirkan produk yang lebih baik atau berbeda dari produk yang tersedia di pasaran.

4. Buat rencana bisnis

Perencanaan merupakan tahapan penting dalam cara memulai bisnis fesyen sebagai konsep yang akan memandu dalam mendirikan dan menjalankan usaha tersebut.

Beberapa hal yang ada di dalam perencanaan bisnis, seperti menentukan target konsumen, keunggulan bisnis, strategi pemasaran, kebutuhan karyawan, pemasok barang, anggaran, dan lainnya.

5. Amati tren pasar

Hal ini menjadi bagian dari riset, supaya Anda bisa bersaing dan selalu mendapatkan kabar terbaru di pasar. Dengan begitu, Anda bisa tetap menghadirkan produk yang sesuai selera pasar dan selalu mengetahui ke mana bisnis Anda akan dikembangkan.

6. Menyiapkan modal

Setelah perencanaan semua terbentuk, hal berikutnya yang penting untuk disiapkan adalah modal, sebagai bahan bakar utama bisnis yang Anda jalankan. Modal diperlukan untuk membeli stok awal, operasional, sewa toko, dan sebagainya. Sementara, untuk mendapatkan modal, Anda bisa meminjam di bank, cari investor, atau menggunakan tabungan pribadi.

7. Membuat logo

Logo merupakan identitas penting dari merek yang Anda bangun.  Baik dari segi bentuk, warna, hingga konsep filosofis merek yang Anda pilih akan  menggambarkan bisnis fesyen Anda. Selain itu, logo juga jadi pembeda produk fesyen Anda dengan lainnya.

8. Pemotretan produk

Untuk mendorong konsumen membeli produk Anda, tampilkan foto terbaik dari produk yang dipasarkan. Bila Anda merasa kurang mampu membuat foto terbaik, gunakan jasa fotografi khusus fesyen yang profesional, demi mendapatkan hasil foto terbaik untuk dipajang sebagai katalog produk atau model dalam iklan.

9. Membuat situs toko online

Perkembangan teknologi yang begitu pesat dapat Anda manfaatkan untuk membangun sebuah bisnis fesyen. Sebagai pemula, Anda bisa memiliki sebuah situs khusus sederhana untuk melakukan semua proses bisnis, mulai dari pembuatan konten, promosi, sampai bertransaksi. Melalui situs web, Anda pun akan leluasa memasarkan produk dan menjangkau konsumen dari seluruh Indonesia. 

10. Promosi

Seperti bisnis lain pada umumnya, promosi sangat penting untuk dilakukan, demi menarik perhatian konsumen pada produk fesyen Anda. Sebaiknya promosi seperti diskon atau cashback, cukup perlu diterapkan di awal bisnis, sebagai strategi paling efektif dalam mengenalkan jenama yang Anda miliki ke publik.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memulai sebuah bisnis fesyen. Selamat mencoba!

Related Topics

BisnisFesyen

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi