5 Ide Bisnis Alternatif Selain Kuliner Pada Masa Imlek 2024

Selain kuliner masih banyak pilihan lain yang menguntungkan.

5 Ide Bisnis Alternatif Selain Kuliner Pada Masa Imlek 2024
Imlek Tahun Naga. (Pixabay/Scott Watson)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Tahun Baru Cina atau Imlek 2024 biasa disambut meriah dengan berbagai acara dan pernak pernik yang berpotensi meningkatkan perekonomian rakyat. Hal ini juga memunculkan beragam bisnis musiman yang berpeluang mendatangkan untung di tahun Naga.

Imlek juga identik dengan ragam Kuliner khasnya. Kue keranjang atau kue-kue kering–layaknya hari raya Idul Fitri–sering jadi pilihan, karena cukup populer dan memiliki permintaan yang cukup besar dari masyarakat yang merayakan Imlek. Jika Anda memilih bisnis ini untuk menanfaatkan momentum Imlek, bersiaplah menghadapi kompetisi sengit dengan pemain lain yang lebiih dulu bermain di bidang usaha populer ini.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memilih opsi alternatif sebagai strategi bagi bisnis yang bisa dilakukan pada masa Imlek. Mengutip Populix, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis alternatif yang bisa jadi pilihan pada Imlek.

1. Dekorasi Imlek

Ilustrasi dekorasi lampion Imlek. (pixabay/Ai)

Perayaan Imlek bukan saja terkenal akan makanan-makanan beragam yang dibutuhkan oleh para keluarga yang merayakan saja, namun juga dekorasi bernuansa warna merah atau emas, yang lekat dengan kebudayaan etnis Cina, seperti lampion, lilin, sampai bunga-bunga dan bambu hoki.

Dekorasi Imlek tak hanya dibutuhkan oleh keluarga-keluarga yang merayakan, namun juga bisnis-bisnis lain yang juga menjadikan Imlek sebagai tema untuk menarik konsumen, seperti misalknya pusat belanja bahkan perkantoran. Hal ini bisa jadi peluang juga bagi bisnis dekorasi Imlek yang Anda pilih.

2. Suvenir Imlek

Ilustrasi suvenir Imlek. (Pixabay/Di Prat)

Ssuvenir biasanya juga banyak dicari saat Imlek. Gantungan kunci, mug, tas, bahkan sampai amplop angpao, sangat potensial untuk dijadikan Ide Bisnis. Bila Anda suka membuat kerajinan tangan, Anda bisa membuatnya sendiri, kemudian pasarkan secara online dan offline kepada calon pelanggan.

Selain itu, bila Anda tak ingin banyak mengeluarkan tenaga, Anda cukup mengambilnya di pemasok dan memasarkannya, atau Anda sendiri yang menjadi penjual perantara bagi toko-toko yang memang menjual suvenir tersebut.

3. Fesyen bertema Imlek

Ilustrasi baju Cheongsam. (Pixabay/ Tiểu Bảo Trương)

Sandang adalah salah satu kebutuhan yang cukup banyak peminatnya menyambut Imlek. Baju khas Cina, biasanya banyak diminati di masa menjelang Imlek. Para konsumen akan membeli baju tersebut untuk dikenakan pada saat hari perayaan dan waktu berkumpul keluarga.

Selain itu, pakaian bertema warna merah dan emas juga cukup digemari pada masa Imlek. Bagi masyarakat keturunan Cina, warna merah atau emas melambangkan kekayaan, keberuntungan, serta kebahagiaan.

Untuk berbisnis ini, Anda tak hanya punya pilihan sebagai produsen baju khas Imlek, namun juga bisa jadi distributor pakaian khas Imlek dengan harga murah dan kualitas mumpuni.

4. Kembang api dan petasan

Kembang api. (Pixabay/Pexels)

Salah satu tradisi yang cukup banyak dilakukan hingga saat ini di masa Imlek adalah menyalakan kembang api, bahkan hal ini jadi salah satu ikon penting dalam perayaan hari besar etnis Cina tersebut.

Pada awalnya, petasan jadi ikon ini, namun karena keberadaannya dilarang pemerintah, maka kembang api jadi penggantinya.

Dengan kembang api yang jadi tradisi, maka bisa dipastikan permintaan benda ini pun cukup banyak di masa menjelang Imlek. Oleh karena itu, Anda bisa mengambil celah ini sebagai peluang untuk bisnis musiman yang Anda miliki.

5. Jasa event organizer Imlek

Dufan/Dok. korporat.ancol.com

Memasuki masa Imlek, biasanya acara yang bertema Tahun Baru Cina akan semakin banyak diadakan. Selain itu, pada saat hari perayaan, banyak keluarga yang sering mengadakan acara khusus di rumahnya.

Maka dari itu, jasa pengelolaan acara pun banyak dibutuhkan. Anda juga bisa mengambil pilihan bisnis yang lebih sempit lagi, untuk bisa digabungkan dengan penyelenggara acara, seperti jasa barongsai, make up, jasa foto, penyewaan kostum, atau pemasok barang-barang kebutuhan pesta.

Demikianlah beberapa rekomendasi bisnis alternatif selain kuliner yang bisa Anda lakukan pada masa Imlek di tahun 2024. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi