Strategi Semen Merah Putih Bawa Bisnis Berkelanjutan

CMNT kurangi emisi CO₂ spesifik bersih 5% per ton semen.

Strategi Semen Merah Putih Bawa Bisnis Berkelanjutan
Ilustrasi proyek yang dikerjakan Semen Merah Putih. (dok. CMNT)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) atau Semen Merah Putih mengungkap sejumlah strategi membawa Bisnis Berkelanjutan melalui Produk dan operasional di pabrik. Perusahaan mengklaim berhasil menekan emisi karbon dioksida (CO₂) spesifik bersih sebesar 5 persen per ton semen pada 2023.

Commercial Director PT Cemindo Gemilang Tbk, Surindro Kalbu Adi, mengungkapkan bahwa salah satu yang dilakukan perusahaan adalah mendorong kapabilitas dan kemampuan suplai produk semen hijau atau Non-Ordinary Portland Cement (Non-OPC) Semen Merah Putih, seperti Semen Hidrolis dan Semen Slag.

“Semen hijau atau semen Non-OPC sebenarnya bisa menjadi pilihan utama bagi proyek pemerintah maupun swasta, karena selain lebih ramah lingkungan dengan jejak karbon yang lebih rendah, penggunaan semen non-opc tetap bisa memenuhi spesifikasi teknis yang dibutuhkan namun memiliki kualitas yang sama dengan OPC,” ujar Surindro dalam jawaban tertulis yang diterima Fortune Indonesia, Rabu (23/10).

Untuk mengoptimalkan hal ini, Semen Merah Putih menambahkan proses produksi berteknologi terkini yang juga ramah lingkungan. “Sehingga bisa kami pastikan produk kami menciptakan jejak karbon lebih rendah,” katanya. 

Inovasi inilah yang memastikan bahwa produk semen hijau kami akan memenuhi standar spesifikasi teknis yang dibutuhkan.

Semen Merah Putih merupakan salah satu produsen semen nasional dengan kapasitas produksi sekitar 10,1 juta ton semen; mengoperasikan 1 integrated plant (produksi klinker) dan 7 grinding plant; serta distribusi produk di Sumatera, Jawa dan Kalimantan.

Langkah keberlanjutan dalam produksi

Semen Merah Putih. (dok. CMNT)

Head of Technical Marketing PT Cemindo Gemilang Tbk, Syarif Hidayat, mengungkapkanperusahaan selalu memastikan bahwa semen hijau memiliki kualitas yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Semen Non-OPC Hidrolis yang ditawarkan perusahaan adalah Semen Merah Putih PrimaPlus, semen hidrolis yang sudah menggunakan GGBFS (Ground Granulated Blast Furnace Slag) untuk optimalisasi klinker.

“Cocok untuk aplikasi yang memerlukan ketahanan serangan sulfat sedang, Sedangkan, Semen Merah Putih Ecopro, jenis semen slag yang lebih tahan sulfat dan memiliki panas hidrasi rendah,” katanya.

Sedangkan padda proses produksi, perusahaan memastikan praktik produksi yang ramah lingkungan melalui empat inisiatif. “Yaitu efisiensi energi, menurunkan tingkat rasio klinker pada semen, implementasi teknologi terkini dan penggunaan bahan bakar dan bahan baku alternatif,” ujarnya.

Semen Merah Putih adalah pelopor perusahaan yang menggunakan teknologi Waste Heat Recovery System (WHRS) pada produksi klinker. Penerapan teknologi ini di pabrik Bayah tercatat mengurangi konsumsi energi hingga 19 persen pada 2023.

Perusahan juga telah mengimplementasi kendaraan listrik (EV) pada proses produksi dan diklaim mengurangi emisi CO₂ dari operasi logistik hingga lebih dari 10 persen pada 2024.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Ferrari F80, Supercar Edisi Terbatas Rp60 Miliar Resmi Mengaspal
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo