Garuda Indonesia Ajak Vietnam Airlines Perkuat Ekosistem Aviasi ASEAN

Kedua maskapai menginisiasi sejumlah kerja sama.

Garuda Indonesia Ajak Vietnam Airlines Perkuat Ekosistem Aviasi ASEAN
Penandatangan MoU antara Garuda Indonesia dan Vietnam Airlines. (dok. Garuda Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNEGaruda Indonesia menggandeng maskapai Vietnam Airlines melakukan sejumlah kerja sama seperti join marketing campaign, penjajakan penyewaan pesawat, ground service, sampai perawatan pesawat, dan pengoperasian bisnis kargo. 

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan bahwa kerja sama ini akan memperkuat jaringan penerbangan internasional Garuda Indonesia, khususnya di wilayah Asia Tenggara.

“Garuda Indonesia memiliki visi yang sama dengan Vietnam Airlines dimana kami berkomitmen untuk menghadirkan world-class service serta memperluas pilihan destinasi bagi pengguna jasa kami,” ujarnya dalam keterangan, Kamis (24/10).

Ia berharap kerja sama ini bisa memberikan nilai lebih bagi para pengguna jasa kedua maskapai untuk mengakses berbagai destinasi unggulan di Indonesia dan Vietnam serta berbagai destinasi lainnya. “Sekaligus untuk menjembatani pertukaran sektor perdagangan, budaya dan pariwisata kedua negara,” katanya.

Nantinya para penumpang Vietnam Airlines akan dapat lebih mudah untuk mengakses berbagai destinasi unggulan Indonesia seperti Bali, Lombok, Medan, Jogja, Labuan Bajo serta destinasi eksotis lainnya. Sebaliknya, para pengguna jasa Garuda Indonesia dapat mengakses berbagai tempat wisata di Vietnam seperti Ha Long Bay, kota tua Hoi An in, dan kota Ho Chi Minh.

“Kerjasama ini tidak hanya akan meningkatkan konektivitas tetapi juga memperkuat posisi kedua maskapai penerbangan di pasar penerbangan global,” kata Irfan.

Manfaat signifikan

Presiden dan CEO Vietnam Airlines, Le Hong Ha, mengatakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan kedua maskapai akan membawa manfaat yang signifikan bagi penumpang. "Dan juga meningkatkan ekonomi dan pertukaran budaya antara kedua negara,” ujarnya.

Kemitraan ini tidak hanya memperkuat posisi kedua maskapai penerbangan nasional namun juga memfasilitasi penyediaan layanan berkualitas tinggi bagi penumpang kami yang melakukan perjalanan antara Vietnam dan Indonesia.

Kerja sama ini bukanlah yang pertama, karena sebelumnya, kedua maskapai pada 2014 pernah menjalin kerja sama codeshare, di mana para penumpang Garuda Indonesia dapat menikmati berbagai pilihan destinasi Vietnam Airlines, sementara penumpang Vietnam Airlines dapat menikmati pilihan destinasi Garuda Indonesia.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Kemenkeu Tidak Lagi di Bawah Menko, Langsung Koordinasi ke Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Penasihat Khusus Presiden
Daftar Kepala Badan, Utusan Hingga Penasihat Khusus Prabowo
Alasan Bos IDN Perkuat Segmen Hiburan dalam Portfolionya