Ide Bisnis Bagi Para Penggemar Kegiatan Olahraga

Kegemaran olahraga bisa jadi inspirasi untuk memulai bisnis.

Ide Bisnis Bagi Para Penggemar Kegiatan Olahraga
ilustrasi bisnis toko olahraga (unsplash.com/Craig Lovelidge)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE –  Olahraga lazim menjadi hobi seseorang dan bahkan bisa menjadi salah satu Ide Bisnis, terlebih hibi berbasis komunitas potensial mendatangkan pasar. Dengan demikian, olahraga tidak hanya memberi manfaat fisik, namun juga bisa menguntungkan.

Alih-alih mengeluarkan baiaya mahal untuk berbagai perlengkapan olahraga, Anda justru bisa mendapatkan pemasukan yang nantinya bisa Anda belanjakan perlengkapan olahraga.

Ada banyak jenis bisnis di sektor olahraga yang bisa Anda lakukan, berdasarkan yang Anda sukai. Melansir laman resmi UMKM Indonesia, berikut ini adalah beberapa ide bisnis olahraga yang berpotensi mendatangan cuan.

Toko Alat Olahraga

Bisnis toko perlengkapan olahraga bsia Anda lirik, karena pasar dan penggunanya cukup luas. Anda bisa fokus menyediakan pada satu atau dua jenis olahraga yang disukai dan kuasai.

Misalnya, sepak bola, kita bisa menyediakan perlengkapan seperti baju, bola, dan sepatu sepak bola. Pada masa digitalisasi, Anda semakin memiliki pilihan yang luas, karena usaha ini bisa dilakukan dengan membuka toko offline maupun online.

Kursus Olahraga Privat

Bagi yang memiliki keahlian di bidang olahraga, memulai kursus olahraga privat adalah pilihan terbaik. Namun, baiknya Anda juga sudah memiliki sertifikat mengajar sehingga akan memberikan kepercayaan lebih kepada calon murid. Pilih satu jenis olahraga yang benar-benar dikuasai, misalnya mengajarkan berenang atau karate kepada anak-anak.

Blogger atau Vlogger Olahraga

Senang mengikuti tren di dunia olahraga atau Anda merupakan seorang ahli yang memiliki pengetahun luas tentang ini, menjadi blogger atau vlogger olahraga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan.

Anda bisa menulis artikel tentang berbagai tips dan acara olahraga, atau membuat video yang mengulas peralatan olahraga terbaru. Modal yang dibutuhkan relatif kecil, hanya perlu laptop untuk blogger atau kamera untuk vlogger, atau menggunakan smartphone yang sudah dilengkapi dengan pencahayaan yang baik.

Jual Suvenir Olahraga

Menjual suvenir olahraga, seperti merchandise klub sepak bola atau barang dengan tanda tangan atlet terkenal, adalah ide bisnis lain yang dapat dilakukan. Modal awal berkisar mungkin hanya mencapai jutaan rupiah, tergantung jenis dan kualitas barang yang dijual. Produk orisinil yang diimpor tentu memerlukan investasi lebih besar, namun bisa menarik pelanggan fanatik.

Event Organizer Olahraga

Mengelola acara olahraga bisa menjadi bisnis yang menguntungkan, mengingat banyaknya minat masyarakat terhadap berbagai jenis event olahraga.

Anda bisa mulai dari acara sederhana seperti turnamen futsal atau senam bersama. Modal yang Anda miliki bisa digunakan untuk mengurus perizinan, perlengkapan acara, dan promosi.

Demikianlah beberapa ide bisnis yang bisa Anda ambil dari kegemaran Anda berolahraga.Semoga bermanfaat. 

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional