Jenama Mainan LEGO Buka Gerai Terbesar ASEAN di Indonesia

LEGO perkuat pasar di Indonesia dan Asia Tenggara.

Jenama Mainan LEGO Buka Gerai Terbesar ASEAN di Indonesia
Acara pembukaan gerai LEGO terbesar di ASEAN, Jakarta, Selasa (21/5). (Fortuneidn/Bayu Satito)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perusahaan Mainan asal Denmark, Lego meresmikan gerai terbesarnya di Asia Tenggara (ASEAN. Gerai seluas 365 meter persegi itu berlokasi Mal Senayan City, Jakarta.

Senior Vice President Asia Pacific LEGO Group, Claus Kristensen, mengatakan bahwa gerai ini menghadirkan pengalaman imersif kepada pelanggan, lewat LEGO Minifigure Factory pertama di Asia Tenggara, di mana pengunjung dapat membuat minifigures LEGO yang dapat dikostumisasi.

“Dengan potensi di pasar di Indonesia yang dinamis dan terus berkembang ini, kami berharap ini dapat memperkuat kehadiran kami, menjangkau lebih banyak anak, dan menginspirasi para pembangun masa depan,” kata Kristensen.

Toko LEGO terbesar ini jadi satu dari enam toko yang akan diresmikan di tahun 2024.

“LEGO telah hadir di Indonesia selama lebih dari 10 tahun melalui berbagai mitra distribusi dan manufaktur serta telah mendapatkan dukungan yang kuat terhadap merek dan bisnis kami. Kami berharap hal ini akan terus berlanjut seiring dengan ekspansi kami ke depannya,” ujarnya.

Toko LEGO terbaru ini merupakan satu dari enam toko yang akan dibuka pada 2024, sehingga hingga akhir tahun total ada 26 toko LEGO yang beroperasi dan tersebar di 9 kota di Indonesia. Jumlah ini belum termasuk 300 para mitra ritel yang menjual produk LEGO seperti toko mainan, department store, dan toko online resmi.

Sektor yang berkembang

Ilustrasi minifigure Lego sedang mengadakan pertemuan bisnis. Shutterstock/StepanPopov

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor, Kementerian Perdagangan, Didi Sumedi, mengatakan bahwa industri mainan di Tanah Air merupakan sektor yang berkembang secara berkelanjutan.

“Pada tahun 2024 diperkirakan industri ini akan menyumbang nilai ekspor hingga US$130 miliar atau sekitar Rp2,08 triliun,” katanya.

Menurutnya, bila LEGO bergabung dalam industri mainan Tanah Air dengan menanamkan investasi dengan membangun manufaktur pendukung maka potensi ini akan terus meningkat dan menguntungkan bisnis maupun pemerintah Indonesia. Apalagi, Indonesia saat ini sudah mengantongi RCEP (Regional Comprehensive Economic Partnership). Hal ini akan memudahkan ekspor ke banyak negara yang mewakili 30 persen perekonomian dunia.

Dukungan pemerintah

Para pimpinan LEGO Group. (Fortuneidn/Bayu Satito)

Deputi Bidang Koordinasi Perniagaan dan Industri Kemenko Perekonomian, Ali Moertopo, mengungkapkan bahwa Indonesia saat ini konsisten dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat dan stabil di kisaran 55,11 persen pada Q1/2024 yang salah satunya didukung oleh sektor ritel.

“Kami  mendukung LEGO yang sudah eksis di indonesia dan berkomitmen untuk membangun ekosistem, tidak hanya dari sisi ritel tapi juga manufaktur industri di Indonesia. Kami berpesan (kepada LEGO) untuk menjadikan basis produksi, untuk Asia Tenggara dan dunia, kami akan mendukung dengan insentif,” kata Ali.

Related Topics

LegoASEANMainan

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi