Pupuk Indonesia Ungkap Dua Strategi Wujudkan Swasembada Pangan

Kebutuhan beras makin mendesak dan akan menantang.

Pupuk Indonesia Ungkap Dua Strategi Wujudkan Swasembada Pangan
Ilustrasi pupuk subsidi. (dok. Pupuk Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – PT Pupuk Indonesia (Persero) menyatakan tambahan kapasitas produksi pupuk hingga dua juta ton dan optimalisasi digital pada lini distribusi serta penebusan pupuk adalah bagian dari strategi perusahaan mewujudkan Swasembada Pangan di dalam negeri dalam lima tahun mendatang.

Direktur Utama Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, mengatakan strategi tersebut berkenaan dengan inovasi untuk memastikan ketersediaan dan keterjangkauan pupuk.

“Kami sudah mengimplementasikan digitalisasi end-to-end dari proses produksi sampai ditebus petani di kios dengan menggunakan sistem yang namanya i-Pubers,” ujarnya dalam keterangan pers, Kamis (10/10).

Selain itu, Rahmad menyampaikan bahwa keterjangkauan harga pupuk bisa memengaruhi volume pemupukan oleh petani, dan pada akhirnya dapat berimbas pada produktivitas pertanian.

”Setiap kenaikan Rp1.000 per kilogram pupuk bisa menurunkan volume pemupukan urea hingga 13 persen dan NPK hingga 14 persen. Dampaknya, penurunan produktivitas tanaman pangan bisa mencapai 0,5 ton per hektare, dengan disusul penurunan pendapatan petani mencapai Rp3,1 juta per hektare,” kata Rahmad.

Kebutuhan mendesak

Dirut Pupuk Indonesia, Rahmad Pribadi, dalam acara 'Indonesia Future Policy Dialogue'. (dok. Pupuk indonesia)

Kedua strategi di atas, menurut Rahmad, cukup penting untuk memastikan peningkatan produksi beras pada tahun-tahun mendatang, karena jumlah penduduk Indonesia diproyeksikan akan mencapai 324 juta pada 2045. Proyeksi populasi tersebut dapat meningkatkan kebutuhan beras nasional dari 31 juta ton per tahun–seperti saat ini–menjadi 37-38 juta ton.

Begitu juga dengan tantangan fenomena iklim seperti El Niño yang berpengaruh besar pada hasil pertanian.

“Saya melihat, alhamdulillah selama lima tahun ini petani mulai tersenyum karena Pak Jokowi meningkatkan alokasi pupuk subsidi dari 4,7 juta ton menjadi 9,5 juta ton. Dipermudah cara penebusannya,” ujar Rahmad.

Untuk itu, Pupuk Indonesia menegaskan pentingnya gotong royong di antara para stakeholder, mulai dari kementerian yang memastikan pasokan sumber bahan baku, Kementerian Pertanian, Kementerian Keuangan, dan sebagainya.

“Dengan gotong royong, di pemerintahan Pak Prabowo nanti petani tidak hanya tersenyum tapi akan bisa tertawa lebar. Karena pupuknya mudah, tersedia di mana-mana,” kata Rahmad.

Pupuk Indonesia yakin bahwa kebijakan pemerintahan sekarang dengan menetapkan harga gas pada US$6 per MMBTU untuk industri pupuk akan dilanjutkan. Dampak kenaikan harga gas akan berefek panjang, tidak hanya kenaikan biaya subsidi, tapi juga menurunkan produktivitas pertanian.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Satgas Perumahan Prabowo Usul Hapus PPN Perumahan dan BPHTB
Isu Akuisisi Bukalapak oleh Temu: Respons BUKA dan Analisis
Manajemen Bukalapak Bantah Ada Informasi Akan Diakuisisi Temu
Menkominfo Resmi Blokir Aplikasi Temu