Sokong Kinerja Bisnis, Ini Strategi Memilih Layanan Logistik

Efektivitas dan efisiensi logistik bisa tingkatkan bisnis.

Sokong Kinerja Bisnis, Ini Strategi Memilih Layanan Logistik
Ilustrasi logistik. Shutterstock/Travel Mania
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Logistik telah menajdi salah satu lini penting yang mendukung operasional kinerja bisnis. Oleh sebab itu, berikut sejumlah faktor dan strategi memilih layanan logistik yang dapat membantu kinerja bisnis lebih efisien. 

Pada beberapa jenama, lini logistik dianggap tantangan yang harus dicarikan solusi. Hal ini biasanya dilakukan, mulai dari pengaturan arus barang di gudang penyimpanan hingga pengiriman sampai ke tangan pelanggan.

Logistik pun membutuhkan manajemen yang tepat. Tujuannya adalah agar pemenuhan pesanan kepada pelanggan dapat terpenuhi secara tepat waktu dan seluruh biaya logistik bisa lebih efisien, yang pada akhirnya berdampak pada pengelolaan keuangan yang sehat dan tumbuh positif.

Mengutip dari Lazada Logistics, berikut adalah startegi memilih layanan logistik yang tepat untuk usaha Anda. 

1. Pilih penyedia layanan logistik menyeluruh yang berpengalaman dan terpercaya

Ilustrasi kurir logistik. (Shutterstock/Fresh Stocks)

Strategi pertama berkaitan dengan sistem pengaturan dan pengiriman logistik atau barang. Anda bisa menggunakan penyedia logistik, yang tidak hanya sudah berpengalaman, namun juga memiliki sistem manajemen logistik yang andal dan menyeluruh.

Hal ini harus bisa dipastikan, mulai dari penyimpanan barang hingga pengiriman ke pelanggan. Dengan demikian, Anda dapat terbebas dari kerepotan dalam proses pemenuhan pesanan dan bisa lebih fokus pada menentukan strategi bisnis.

2. Mempertimbangkan penyedia layanan logistik dengan jangkauan luas

dok. Waresix

Agar pengiriman logistik tidak mengalami keterlambatan dan pelanggan menerima barang dengan tepat waktu, pilihlah penyedia logistik yang memiliki jaringan ke beberapa daerah, bahkan kota kecil sekalipun.

Oleh sebab itu, peran jasa logistik menjadi penting, apalagi yang terintegrasi dengan sistem pengaturan transportasi serta terhubung dari satu titik ke titik lainnya. Hal ini juga akan berdampak pada biaya pengiriman yang akan jadi lebih efisien.

3. Memilih penyedia layanan logistik yang sudah mengadopsi teknologi

ilustrasi bisnis logistik (unsplash.com/Claudio Schwarz)

Teknologi adalah faktor penting untuk menunjang kemudahan dan efisiensi dari sistem logitik yang dijalani, apalagi Indonesia adalah negara kepulauan dengan infrastruktur logistik yang belum merata.

Dengan demikian, pemilihan perusahaan logistik yang memiliki teknologi logistik terdepan, sehingga dengan  sistem yang lebih terintegrasi dan manajemen yang terkelola baik.

Automasi logistik akan menghemat waktu dan biaya, serta meningkatkan efisiensi. Hal ini akan membantu manajemen stok barang, memantau pesanan yang masuk, serta penjadwalan dan pelacakan pengiriman.

4. Pilih perusahaan logistik yang memerhatikan keamanan barang

Kegiatan logistik di Pelabuhan Kuala Tanjung. (kikt.co.id)

Kelengkapan, teknologi, maupun kecepatan, adalah faktor yang mendukung terciptanya sistem logistik yang berkualitas. Namun, hal ini masih kurang bila faktor keamanan tak diikutsertakan. Keamanan harus menjadi pertimbangan utama, karena sebuah bisnis perlu memastikan barang yang diterima pelanggan dalam keadaan baik.

Jadi, kecepatan saja tidak cukup, melainkan harus bisa memastikan keamanan barang yang dikirimkan dengan prinsip ‘Handle with care’. Tim dari penyedia layanan logistik harus bisa menunjukkan proses penanganan barang yang baik, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman, sampai akhirnya diterima dengan baik oleh pelanggan.

5. Fasilitas penyimpanan barang yang ditawarkan modern dan lengkap

Opsi logistik. (Pixabay/Geralt)

Banyak pelaku usaha kecil dan jenama lokal–online–yang belum terpikir untuk menyiapkan gudang sendiri untuk penyimpanan barang, padahal sistem pergudangan adalah salah satu syarat penting untuk bisa menyiapkan stok lebih banyak dengan penyimpanan yang baik. Perusahaan logistik yang andal biasanya sudah menawarkan fasilitas ini, sehingga modal usaha bisa digunakan untuk investasi di area lainnya.

Memastikan penyedia layanan logistik yang memiliki fasilitas penyimpanan mumpuni adalah sebuah kebutuhan. Adanya fasilitas gudang yang didukung teknologi, termasuk sistem pemeliharaan kualitas barang akan membantu barang tersimpan dengan baik dan kualitas tetap terjaga.

Demikianlah beberapa strategi yang bisa diterapkan untuk memilih dan mengelola sistem logistik yang baik bagi perusahaan. Semoga bermanfaat.

Related Topics

LogistikBisnis

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo