Bisnis Merchandise KPop Fanmade yang Menguntungkan

Salurkan hobi jadi cuan

Bisnis Merchandise KPop Fanmade yang Menguntungkan
ilustrasi merchandise kpop (unsplash/joel muniz)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Seperti yang diketahui Korean Pop atau K-pop banyak digandrungi di Indonesia, terutama di kalangan milenial dan Gen Z. Tidak heran, barang-barang yang terkait boygroup atau girlgroup Kpop diminati oleh penggemarnya.

Dari situ, Anda bisa menjadikan hobi K-pop menjadi usaha yang menguntungkan. Anda juga dapat terjun dalam bisnis merchandise K-pop dengan menjual produk fanmade. Bisnis tersebut banyak diminati karena pasarnya yang juga cukup luas.

Namun, Anda perlu mempersiapkannya dengan baik agar usaha yang dilakukan dapat berjalan baik. Untuk membantu Anda, berikut beberapa langkah yang bisa diperhatikan.

Peluang bisnis merchandise KPop

Selain tren K-pop banyak digemari, ada beberapa alasan lainnya yang membuat bisnis merchandise K-pop memiliki prospek menjanjikan. Berikut beberapa faktor pendorong yang menjadikan usaha ini sangat menarik untuk dilakukan.

1. Produk lebih bervariasi 

Merchandise K-pop fanmade biasanya hadir dalam berbagai macam produk, seperti gantungan kunci, photocard, card holder, kaus, dan masih banyak lagi.

Anda tidak akan kehabisan ide dalam membuat merchandise K-pop yang menarik di kalangan penggemar. Dengan inovasi dan kreativitas, Anda bisa memperoleh sejumlah keuntungan yang menjanjikan.

2. Harga kompetitif

Dibandingkan dengan merchandise official, produk fanmade biasanya dijual dengan harga yang lebih ramah di kantong. Tidak heran, ada banyak penggemar yang lebih memilih untuk membeli fanmade karena pertimbangan harga.

Peluang ini bisa Anda jadikan untuk memulai bisnis merchandise jadi usaha yang menguntungkan.

3. Dapat dilakukan secara online

Dalam hal promosi dan pemasaran produk merchandise K-pop, pelaku usaha banyak melakukannya secara online.

Dengan memanfaatkan teknologi dan beberapa platform media sosial, Anda bisa melakukan bisnis operasional secara lebih praktis.

4. Menyalurkan hobi jadi kegiatan positif

Jika Anda seorang penggemar K-pop, bisnis satu ini bisa menjadi salah satu cara menyalurkan hobi jadi kegiatan positif bahkan menghasilkan.

Sembari menjalankan hobi, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari penjualan merchandise yang dibuat sendiri.

Strategi usaha merchandise K-pop

Salah satu kunci kesuksesan bisnis bisa berjalan dengan baik adalah membuat strategi yang matang. Sebelum memutuskan untuk berbisnis merchandise K-pop, ada beberapa langkah yang sekiranya bisa membantu dalam menjalankan bisnis.

Adapun strategi bisnis merchandise K-pop 

1. Riset pasar

Agar Anda bisa mengetahui kondisi pasar, penting untuk melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis. Lewat riset yang mendalam, Anda bisa mengetahui tren produk, harga, hingga strategi kompetitor.

Langkah ini tidak boleh disepelekan begitu saja karena dengan informasi yang lengkap Anda bisa melihat potensi bisnis dan peluang dari sana.

2. Buat rencana bisnis

Setelah informasi yang dibutuhkan sudah terkumpulkan,. Anda hanya perlu merancang rencana bisnis. Lewat rencana bisnis yang matang, Anda bisa melakukan kegiatan bisnis lebih terencana.

Dalam membuat rencana bisnis, pastikan Anda membuatnya secara lengkap, rinci, dan mudah untuk dipahami.

3. Pilih produk yang akan dibuat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, produk merchandise bisa berupa berbagai macam barang. Dari pilihan produk yang bisa dibuat, Anda bisa memilih beberapa produk untuk dijual.

Jika modal yang dimiliki terbatas, Anda bisa memilih produk yang tidak terlalu banyak dan minim modal, seperti photocard, hand banner, dan pernak pernik lainnya.

Untuk boygroup dan girlgroup, bisa menyesuaikannya dengan grup favorit Anda atau yang memiliki pasar yang cukup luas.

4. Tentukan tempat produksi terpercaya

Langkah yang penting untuk diperhatikan dalam berbisnis merchandise KPOP adalah menentukan tempat produksi yang terpercaya. Setelah Anda membuat desain produk, Anda bisa melakukan proses produksi.

Dalam tahap ini, Anda bisa membuat daftar tempat produksi yang ingin digunakan. Anda bisa melakukan tes cetak produk untuk melihat kualitas barangnya. 

5. Buat kemasan semenarik mungkin

Agar Anda bisa bersaing dengan kompetitor lainnya, kemasan jadi bagian yang bisa dioptimalkan.

Anda bisa menarik perhatian konsumen lewat pengemasan yang menarik sehingga konsumen bisa menerima barangnya dengan kesan sendiri.

Pastikan juga kemasan tersebut dapat menjamin keamanan produk.

6. Buat akun di marketplace

Untuk memudahkan proses operasional bisnis, Anda bisa membuat akun jualan di marketplace, seperti Shopee dan Tokopedia. Anda juga bisa menentukan jasa pengiriman yang ingin dipakai di marketplace tersebut.

Dengan begitu, pembeli bisa mudah untuk melakukan pembelian lewat marketplace

7. Pertimbangkan untuk melakukan sistem pre-order

Selain menyediakan produk yang sudah jadi, Anda bisa memanfaatkan sistem pre-order. Strategi ini cukup banyak dilakukan pemilik bisnis merchandise K-pop.

Lewat startegi ini, Anda bisa menghemat biaya produksi karena barang akan dibuat sesuai dengan pesanan. Untuk menarik konsumen, Anda bisa memberikan penawaran khusus bagi mereka yang mengikuti pre-order.

8. Lakukan promosi 

Dengan memanfaatkan teknologi, Anda bisa melakukan kegiatan promosi lebih praktis. Ada banyak platform media sosial yang bisa dipakai untuk melakukan promosi. Anda bisa mempromosikan produk lewat format video TikTok yang lebih menarik.

Tips membangun bisnis merchandise KPop

Agar bisnis merchandise K-pop yang dibangun sukses dan berkelanjutan, terdapat beberapa tips yang bisa dilakukan. Berikut beberapa tips membangun usaha merchandise fanmade yang bisa Anda coba.

  • Untuk memudahkan komunikasi antara penjual dan pembeli, Anda bisa mempertimbangkan untuk membuat group order sendiri sehingga status barang bisa diketahui oleh konsumen.
  • Selain pasar online, Anda bisa mencoba untuk mengikuti event offline untuk menjual berbagai produk merchandise yang telah dibuat.
  • Menambahkan freebies pada produk yang dijual dapat menumbuhkan loyalitas konsumen untuk dapat berbelanja kembali.
  • Lakukan evaluasi dan inovasi pada produk yang dijual agar dapat bertahan di tengah persaingan yang ketat.
  • Jika produk banyak diminati di pasar domestik, Anda bisa membuat group order atau pesanan untuk konsumen di luar negeri dengan memanfaatkan marketplace terpercaya.

Demikian strategi dan tips yang bisa Anda coba lakukan ketika ingin membangun bisnis merchandise K-pop hasil fanmade. Dengan strategi dan tahap persiapan yang terencana, bisnis tersebut bisa berkembang dan sukses.

Tertarik untuk mencoba bisnis menarik satu ini?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Dari 18,9 Juta Penerima Kartu Prakerja, Mayoritas Milenial dan Gen Z
PTBA Gandeng Tiga Bank Himbara Demi Fasilitas Pemanfaatan DHE
Valuasi X Turun Drastis, Kini Hanya 25% dari Nilai Awal
Dirut Krakatau Steel Purwono Widodo Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
Kenali Modus Penipuan Terbaru, Tetap Waspada!