Begini Cara Memulai Bisnis Counter HP agar Lebih Untung

Ide bisnis yang menguntungkan

Begini Cara Memulai Bisnis Counter HP agar Lebih Untung
ilustrasi bisnis ponsel (unsplash/andrey matveev)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Peluang Bisnis Ponsel rupanya sangat menjanjikan. Mengingat HP menjadi kebutuhan manusia untuk bisa bekerja atau melakukan aktivitas sehari-hari.

Hal tersebut juga didukung perkembang teknologi yang kian pesat sehingga banyak produsen yang meluncurkan versi ponsel terbaru setiap tahunnya. Hal tersebut tentu mendorong konsumen untuk memperbarui ponsel miliknya.

Inilah yang membuat bisnis counter ponsel jadi peluang usaha menguntungkan.

Lantas, bagaimana cara memulai bisnis counter HP agar bisa menguntungkan? Berikut beberapa langkah yang bisa Anda jadikan sebagai panduan.

1. Analisis pasar

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menganalisa pasar bisnis ponsel. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis gadget termasuk salah satu industri yang sangat kompetitif. 

Agar bisnis yang ingin dibangun meraih keuntungan, Anda bisa melakukan riset pasar secara menyeluruh. Temukan beberapa gerai ponsel yang bisa ada di tempat Anda.

Dari sana, Anda bisa mengidentifikasi jenis ponsel apa yang dijual dan cara pemasarannya. Bahkan, layanan dan produk aksesori ponsel yang dijual bisa diamati secara menyeluruh.

Selain melakukan riset kompetitor, tren pasar dan permintaan pelanggan juga dapat dilakukan riset yang mendalam. 

Dengan riset yang mendalam, Anda dapat menemukan potensi yang bisa digali dan menjadi selling point bisnis.

2. Membuat rencana bisnis yang matang

Setelah data telah didapatkan, cara memulai bisnis counter HP selanjutnya adalah menyusun rencana bisnis yang komprehensif.

Rencana bisnis menjadi kunci suatu bisnis bisa berjalan dengan baik dan meraih kesuksesan. Dokumen tersebut akan berguna sebagai panduan Anda dalam menjalankan bisnis gerai ponsel.

Dalam membuat rencana bisnis, ada beberapa komponen yang harus disertakan. Mulai dari visi dan misi, target pasar, analisis pasar, produk yang ditawarkan, strategi pemasaran, dan rincian alokasi dana.

Tidak hanya sebagai peta jalan saja, rencana bisnis juga digunakan untuk untuk mendaftarkan bisnis sebagai reseller dan mendapatkan dana dari investor.

Dengan rencana yang matang, keuntungan bisnis bisa dioptimalkan dan mengantisipasi risikonya.

3. Mempersiapkan modal bisnis

Untuk bisa memulai bisnis gerai ponsel, penting untuk mengamankan modal usaha. Tanpa adanya modal, Anda tidak bisa membuka konter HP. Mengingat harga smartphone tidak murah, modalnya tentu tidak sedikit.

Terlebih ada biaya tambahan lainnya yang juga perlu dipertimbangkan, seperti biaya perlengkapan, perawatan, dan lain sebagainya.

Agar dana tersebut tidak kurang atau berlebih, uraikan rencana pendanaan secara terperinci. Dengan begitu, alokasi dana bisa tepat dan tidak terbuang sia-sia.

Selain modal dari dana pribadi, Anda bisa mengajukan proposal bisnis kepada calon investor, bank, atau lembaga keuangan. Dengan cara tersebut, dana tambahan bisa digunakan untuk memulai bisnis ponsel.

4. Menentukan supplier yang terpercaya

Langkah berikutnya adalah menentukan supplier atau agen pemasok smartphone yang terpercaya. Pasalnya, ada banyak ponsel palsu yang bisa merugikan aktivitas bisnis Anda.

Cara memulai bisnis counter HP cukup krusial pada industri ini jadi Anda harus benar-benar mematikan supplier memiliki reputasi yang baik. Pastikan produk yang dijual asli dan memiliki garansi resmi.

Anda juga bisa mengajukan permohonan sebagai reseller resmi pada operator seluler resmi yang lebih terpercaya.

Namun, Anda perlu melampirkan rencana bisnis yang menyakinkan, sehingga peluang diterima terbuka luas.

5. Mencari tempat yang strategis

Setelah menemukan supplier terpercaya, mencari tempat yang strategi untuk dijadikan gerai jadi langkah yang harus dilakukan. 

Menemukan lokasi yang tepat sangat penting bagi kesuksesan bisnis ponsel Anda. Dalam mencari tempatnya, pertimbangkan untuk memilih lokasinya di arus lalu lintas stabil dan sering dilintasi pejalan kaki. 

Perhatikan juga biaya sewanya sesuai dengan bujet yang sudah dialokasikan.

Anda bisa saja membuka gerai dekat tempat tinggal. Namun, pertimbangkan kembali visibilitas dan keterjangkauannya.

Pastikan juga lokasi yang akan dipilih bebas dari tindak kriminal, terutama pencurian. Pasalnya, ponsel termasuk barang yang mengundang aksi pencurian.

Maka dari itu, keamanan jadi aspek penting yang harus dipertimbangkan.

6. Pertimbangkan untuk menjual aksesori dan paket internet

Selain produk ponsel, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk menjual aksesori dan paket internet. Produk tambahan tersebut memiliki potensi untuk dibeli oleh konsumen. 

Cara memulai bisnis counter HP satu ini bisa dilakukan untuk meningkatkan keuntungan yang bisa diperoleh.

Meskipun konsumen hanya datang untuk melihat-lihat, Anda bisa menawarkan produk tersebut yang memiliki peluang tinggi untuk cepat dibeli.

Anda dapat menawarkan aksesori seperti casing ponsel, earphone, kabel data, hingga power bank setelah pembelian ponsel.

Paket internet dan pulsa juga jadi produk yang sangat menarik untuk ditawarkan. Mengingat keduanya sangat dibutuhkan oleh setiap pengguna ponsel untuk bisa beraktivitas dan mengakses informasi.

7. Lakukan promosi bisnis

Agar calon konsumen mengenai konter HP Anda, lakukan promosi bisnis. Menerapkan dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif sangat penting untuk membangun product knowledge dan menarik konsumen.

Selain cara konvensional, memanfaatkan pemasaran digital guna mengenalkan gerai ponsel yang baru Anda buka dan mendorong penjualan.

Anda juga bisa menawarkan diskon atau penawaran lain pada pembukaan perdana atau momen tertentu untuk menarik calon konsumen datang dan membeli.

8. Evaluasi kinerja bisnis

Cara memulai bisnis counter HP berikutnya adalah mengevaluasi performa bisnis. Langkah ini bisa dilakukan apabila bisnis sudah berjalan sekitar setengah tahun atau satu tahun.

Dengan evaluasi, Anda bisa menemukan kegiatan bisnis yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki. Hal ini dilakukan guna menjaga bisnis dapat berjalan dalam jangka waktu lama dan berkelanjutan.

Selain itu, evaluasi juga berguna dalam melakukan revisi rencana bisnis apabila rencana tidak berjalan dengan optimal untuk meningkatkan keuntungan.

Demikian beberapa cara memulai bisnis counter HP yang dapat dijadikan ide usaha menguntungkan. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%