8 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik, Pebisnis Wajib Tahu!

Memiliki potensi dan menjanjikan!

8 Ciri-Ciri Peluang Usaha yang Baik, Pebisnis Wajib Tahu!
ilustrasi membuat rencana bisnis (Unsplash.com/Per Lööv)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sebelum memutuskan untuk membuka bisnis, penting untuk mengetahui ciri-ciri peluang usaha yang baik. Hal tersebut dikarenakan tidak semua ide bisnis mudah untuk diwujudkan dan dipertahankan.

Usaha yang baik tentu harus bisa berkelanjutkan dan bisa berkompetisi di pasar. Agar bisnis yang akan dibangun bisa meraih keuntungan dan bertahan lama, Anda harus mengenali potensi dari ide bisnis tersebut. 

Ingin tahu ciri-ciri ide bisnis yang baik dan tepat? Berikut beberapa karakteristik yang bisa Anda jadikan sebagai petunjuk.

1. Memiliki nilai jual

Salah satu ciri-ciri peluang usaha yang baik dan berpotensi adalah memiliki nilai jual. Sebelum membuka usaha, mungkin Anda sudah menyiapkan beberapa ide bisnis yang didapatkan.

Namun, Anda harus memilih satu dari daftar tersebut. Cara efektif untuk bisa memilih ide bisnis yang berpotensi adalah dengan memastikan nilai jualnya.

Pastikan produk atau jasa yang ditawarkan harus memiliki keunggulan kompetitif yang jelas. Maksudnya, produk harus menawarkan sesuatu yang unik dan tidak mudah ditiru oleh kompetitor.

Selain keunikan, buatlah identitas merek yang kuat dari nama, logo, hingga slogan yang mudah diingat. Identitas yang kuat bisa menciptakan kesan bagi konsumen.

Dengan memiliki keunggulan dan nilai jual yang tinggi, bisnis bisa terlihat menonjol di tengah ketatnya persaingan pasar.

2. Bahan baku tersedia dan mudah didapatkan

Bahan baku jadi komponen krusial yang harus dipenuhi untuk bisa membuka bisnis dengan baik. Pastikan bahwa bahan baku tersedia dan mudah untuk didapatkan.

Jika bahan baku sulit dan berada di tempat yang jauh, bisnis tersebut tidak disarankan untuk diambil.

Hal tersebut dikarenakan beban biaya produksi bisa lebih besar apabila tidak diimbangi dengan harga yang sesuai dan pasar yang luas.

Memastikan bahan baku terjangkau dan tidak begitu jauh jadi langkah aman dalam membangun bisnis. Dengan begitu, Anda tidak perlu terlalu terbebani dengan biaya produksinya.

Jika pesanan melonjak, Anda juga tidak perlu kebingungan untuk mencari bahan baku setiap ingin memproduksi barang.

3. Mampu berkembang

Setiap pemilik usaha tentu berharap agar bisnis yang dibangunya bisa bertahan dalam jangka waktu panjang. 

Agar bisnis bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar, Anda harus memastikan bisnis tersebut bisa berkembang.

Jika Anda berorientasi pada bisnis jangka panjang, ciri-ciri peluang usaha yang baik satu ini tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, sebuah bisnis harus bisa dikembangan dalam waktu mendatang.

Untuk bisnis utama, hindari untuk memilih bisnis musiman yang hanya bisa bertahan dalam jangka waktu tertentu.

Salah satu dengan penambahan produk atau layanan. Semakin banyak varian produk yang ditawarkan, Anda bisa menjangkau lebih banyak pelanggan. 

Maka dari itu, sangat penting untuk menentukan ide bisnis yang mampu berkembang lebih besar.

4. Bisa beradaptasi

Dalam dunia bisnis, ada banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha. Salah satunya perkembangan zaman atau tren yang berubah. 

Untuk bisa bertahan dalam kondisi tersebut, penting untuk menari peluang yang dapat beradaptasi dengan perubahan yang ada. 

Ada banyak bisnis yang terpaksa harus gulung tikar akibat tidak bisa mengikuti tren pasar dan kebutuhan pelanggan yang terus berkembang. 

Oleh karena itu, peluang yang fleksibel dan mudah beradaptasi dapat bertahan dan berkembang dalam jangka panjang.

5. Bermanfaat bagi masyarakat

Memiliki daya guna bagi masyarakat jadi salah satu ciri-ciri peluang usaha yang baik dan berpotensi. Peluang Bisnis yang baik harus mampu menjawab kebutuhan atau permintaan pasar secara realistis.

Hal tersebut haruslah menjadi alasan pemilik usaha membuka bisnis. Pasalnya, bisnis yang menjual produk atau layanan sesuai dengan kebutuhan masyarakat akan jauh lebih untung.

Untuk memastikan sebuah produk bisa bermanfaat bagi masyarakat, sangat penting untuk melakukan riset pasar dan memahami kebutuhan serta preferensi konsumen.

Dengan begitu, Anda bisa yakin bahwa bisnis bisa menguntungkan dan memiliki pasar yang jelas.

6. Tidak menguras modal

Modal jadi komponen penting yang harus dipersiapkan oleh setiap pemilik usaha untuk bisa membuka bisnis. Peluang yang baik harus memiliki modal yang sesuai dan mudah untuk dibiayai. 

Tidak jarang, pemilik usaha mengurungkan niat untuk melanjutkan ide bisnis karena tidak memiliki modal yang cukup. Modal yang besar mungkin jadi hambatan, terutama bagi yang baru pertama kali terjun ke dunia bisnis.

Agar dana yang disiapkan tidak berlebihan, perkirakan modal yang dibutuhkan pada peluang bisnis tersebut.

7. Risiko bisa ditanggung

Ciri-ciri peluang usaha yang baik berikutnya adalah memiliki risiko yang bisa ditanggung. Di balik keuntungan yang didapatkan, setiap bisnis memiliki risiko yang harus ditanggung oleh pemiliknya.

Namun, bisnis memiliki beberapa tingkat risiko yang berbeda-beda. Penting untuk mengidentifikasi dan mengurangi potensi risko besar sebelum berinvestasi dalam bisnis baru.

Bisnis dengan risiko rendah sangat direkomendasikan bagi pengusaha pemula. Carilah bidang usaha yang tidak perlu memaksa Anda mengeluarkan dana yang besar.

Jika bisnis sedang tidak bergairah, setidaknya tingkat kerugiannya masih bisa Anda tanggung dan tidak membebankan.

8. Terbuka akan inovasi

Peluang bisnis yang berpotensi juga harus menyediakan ruang untuk inovasi. Pertimbangkan peluang yang bisa meningkatkan produk atau layanan secara berkelanjutan dan beradaptasi dengan kondisi pasar.

Pemilik usaha harus bisa mencari cara untuk berpikir kreatif dan inovatif agar tetap jadi yang terdepan. 

Dengan memastikan aspek ini, bisnis tersebut bisa bertahan dan menciptakan peluang baru di pasar.

Itu dia beberapa ciri-ciri peluang usaha yang baik dan bisa dijadikan sebagai panduan sebelum memutuskan membuka bisnis. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI