10 Contoh Bisnis Autopilot yang Menjanjikan

Bikin bisnis jalan sendiri!

10 Contoh Bisnis Autopilot yang Menjanjikan
ilustrasi bisnis autopilot (unsplash/dai ke)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Pernah membayangkan memiliki Bisnis yang dapat berjalan dengan sendirinya? Bisnis autopilot ternyata menawarkan peluang usaha yang bisa beroperasi secara otomatis.

Perkembangan teknologi dan inovasi memungkinkan pelaku usaha untuk menggunakan sistem otomatisasi dalam menjalankan tugas harian.

Meskipun dikatakan otomatis, ternyata masih ada campur tangan Anda sebagai pemilik bisnis. Namun, intervensinya tidak sebanyak bisnis lainnya. 

Tidak heran, bisnis autopilot jadi idaman dan banyak ditekuni pelaku usaha.

Bagi yang tertarik, berikut beberapa contoh bisnis autopilot yang menguntungkan dan bisa dicoba. 

1. Perdagangan saham dan mata uang online

Contoh bisnis autopilot yang pertama datang dari perdagangan saham dan mata uang online. Karena menawarkan keuntungan yang menarik, kegiatan investasi ini kerap dijadikan bisnis.

Untuk kegiatan perdagangannya, Anda perlu aktif pada jam tertentu dan melakukan transaksi jual beli di pasar. Kegiatan operasinya dilakukan secara online, sehingga Anda tidak perlu pergi ke luar rumah.

Meskipun terlihat mudah, Anda perlu memahami pergerakan harga di pasar. Dengan begitu, transaksi yang dilakukan bisa menguntungkan.

2. Membuat blog atau situs

Suka menulis atau membagikan informasi di internet? Anda bisa memanfaatkan hobi tersebut menjadi cuan. Caranya dengan membuat blog atau situs yang diisi dengan artikel informatif.

Ketika situs sudah memiliki banyak konten dan pembaca, daftarkan situs tersebut ke layanan Google Adsense. Situs yang Anda miliki bisa dimonetisasi untuk mendapatkan tayangan iklan dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Dengan membuat situs sendiri, Anda bisa menambah pendapatan pasif. Selain itu, Anda tidak perlu repot memantau situs secara terus-menerus. Seminggu atau sebulan sekali , Anda dapat memantau performa situs dan mengecek pendapatan dari Adsense.

3. Affiliate

Affiliate marketing jadi salah satu contoh bisnis autopilot yang banyak digandrungi oleh masyarakat, terutama kalangan anak muda.

Pesatnya perkembangan bisnis online dan marketplace, bisnis affiliate ini menjadi bisnis yang menguntungkan.

Dari konten yang dibuat dan menyertakan produk kerjasama afiliasi, Anda dapat menghasilkan uang lewat komisi. Sederhananya, Anda membantu perusahaan untuk mempromosikan produk atau layanan ke masyarakat.

Kegiatan produksi hingga pengiriman akan diurus oleh perusahaan atau toko terkait, sehingga lebih praktis.

4. Pengembangan situs web atau aplikasi

Mengingat perkembangan teknologi makin pesat, pengembangan dan pemrograman jadi bisnis yang sangat berpotensi di era digital. 

Untuk bisa membuat situs atau aplikasi, perlu kemampuan dan keterampilan sebagai developer. Dengan memanfaatkan skill tersebut, Anda bisa membuat aplikasi yang bisa dipakai pengguna.

Semakin pengguna yang memakai aplikasi tersebut, makin banyak keuntungan yang didapatkan.

5. Dropship

Selain affiliate, dropship juga termasuk contoh bisnis autopilot yang tidak memerlukan banyak kegiatan. Bahkan, bisnis satu ini bisa dilakukan tanpa modal atau modalnya minim.

Anda hanya memerlukan akun media sosial dan ide kreatif untuk menarik perhatian konsumen untuk membeli. Karena prosesnya cukup mudah, dropship digemari oleh pengusaha pemula.

Anda tidak perlu repot untuk memproduksi barang hingga mengirimkannya karena seluruh kegiatan tersebut akan dilakukan oleh pemasok. Ketika ada pesanan masuk, Anda cukup memberitahukannya ke perusahaan saja.

6. Menjual ebook atau file

Perkembangan teknologi juga banyak dimanfaatkan untuk meraup keuntungan. Salah satunya dengan menjual ebook. Jenis bacaan berbasis digital ini banyak diminati masyarakat di tengah kepopuleran buku fisik.

Ada banyak topik yang bisa dijadikan ebook, bisa rangkuman materi, topik yang sedang tren, hingga cerita pendek. Bisnis ini tentunya bisa dilakukan secara otomatis karena hanya perlu mengunggah ebook di internet atau marketplace.

7. Pelatihan online

Pelatihan online atau e-course termasuk contoh bisnis autopilot yang layak untuk dicoba. Bisnis ini lebih mengandalkan keahlian dan bisa dilakukan dengan minim.

Terlebih peluangnya terbuka luas karena makin banyak masyarakat yang mengandalkan kelas online untuk mendapatkan keterampilan tertentu.

Anda bisa mengunggah video pembelajaran di YouTube dengan mode terbatas atau situs. Untuk bisa mengakses video tersebut, konsumen perlu membayar biayanya.

8. Menjual foto

Punya hobi fotografi? Cobalah untuk menjual hasil jepretan Anda ke beberapa platform penyedia foto. Dengan menjual foto di sana, Anda bisa memperoleh penghasilan pasif dari setiap unduhan pengguna.

Beberapa penyedia platform stok foto akan menangani pemberian lisensi dan distribusi, sehingga Anda hanya bertugas sebagai kreator.

9. Sewa parkir kendaraan

Jika Anda mempunyai lahan luas yang sedang tidak terpakai, contoh bisnis autopilot satu ini bisa jadi pilihan menarik. Sewa parkir kendaraan banyak dilirik oleh pemilik kendaraan yang membutuhkan tempat untuk memarkirkan kendaraannya.

Bisnis ini cocok dilakukan di area perumahan atau dekat kawasan komersial. Anda bisa menerapkan biaya sewa dalam jangka waktu tertentu untuk memudahkan sistem pembayarannya.

10. Bisnis vending machine

Bisnis vending machine juga menarik untuk dicoba. Mesin satu ini memang dirancang pembelian produk secara otomatis sehingga Anda tidak perlu mengawasinya terus-menerus.

Anda hanya perlu menyetok produk apabila stoknya sudah menipis dan mengambil uang dari penjualan produk.

Untuk mengoptimalkan keuntungan, penting memperhatikan lokasi penempatan mesinnya mudah untuk diakses masyarakat.

Itu dia beberapa contoh bisnis autopilot yang menarik untuk dicoba sebagai tambahan penghasilan. Meskipun tidak memerlukan pemantau terus-menerus, Anda perlu merancang strategi bisnis yang matang agar bisa menguntungkan.

Tertarik untuk mencoba peluang usaha di atas?

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Ini Empat Tuntutan Serikat Pekerja untuk Selamatkan Sritex dari Pailit
Biaya Pembuatan Paspor Naik jadi Rp950.000, Berlaku per Desember 2024
ESDM: Pertumbuhan Biodiesel 2023 Hemat Devisa Negara Hingga Rp120,54 T
Emiten Properti Aguan (PANI) Naikkan Target Pra Penjualan jadi Rp6 T
Perbedaan Bangkrut dan Pailit dalam Dunia Usaha
Investor Waspada! IHSG Rawan Lanjut Koreksi di Awal Pekan