10 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Minim Modal!

Cocok untuk mencari tambahan pemasukan

10 Ide Usaha Sampingan untuk Karyawan, Minim Modal!
ilustrasi Ide usaha sampingan untuk karyawan (unsplash/thouht catalog)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bekerja menjadi cara terbaik untuk bisa memenuhi kebutuhan dan memperoleh kehidupan yang lebih baik. Di tengah naiknya kebutuhan, Ide Usaha sampingan untuk karyawan banyak dicari demi mendapatkan tambahan dana.

Tren side hustle atau kerja sampingan mulai banyak digandrungi di kalangan pekerja. Tanpa perlu meninggalkan pekerjaan utamanya, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

Tanpa perlu membutuhkan modal yang banyak, Anda bisa memulai berusaha di waktu luang.

Bagi Anda yang sedang bingung mencari tambahan penghasilan, berikut beberapa peluang usaha yang menarik untuk dicoba.

1. Affliator

Salah satu ide usaha sampingan untuk karyawan yang sangat menarik untuk dicoba adalah menjadi affiliator. Usaha kekinian ini tidak memerlukan modal yang terlalu banyak untuk memulainya.

Hanya bermodal paket internet dan media sosial, Anda bisa menjadi seorang affiliator dan mendapatkan keuntungan dari penjualan. Anda cukup mempromosikan produk atau jasa di media sosial.

Agar pengguna lain tertarik untuk membeli lewat tautan affiliate, penting untuk membuat konten atau postingan menarik. Anda bisa menambah foto atau video menarik.

Tambahkan ulasan yang juga menarik calon konsumen. Akan lebih bagus apabila produk atau jasa tersebut pernah Anda coba sehingga pengguna bisa percaya dengan ulasan Anda.

Anda akan mendapatkan komisi dari setiap hasil penjualan melalui link yang Anda bagikan.

2. Content creator

Peluang usaha yang juga banyak digandrungi dan tidak mengganggu pekerjaan adalah menjadi seorang content creator. Profesi satu ini memang menjamur di tengah perkembangan media sosial yang makin pesat.

Untuk mengisi waktu di luar jam kerja, Anda bisa membuat sebuah konten menarik untuk dibagikan kepada pengguna lain.

Dengan memanfaatkan kreativitas, content creator bisa jadi usaha yang menyenangkan dan menguntungkan apabila dikembangkan.

Ketika akun sudah memiliki banyak pengikut dan penonton, tawaran kerja sama bisa saja datang. Dari proyek tersebut, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan.

3. Desain grafis

Jika Anda punya keterampilan di bidang desain, Anda bisa mencari peluang usaha dari sana. Salah satunya dengan menjadi seorang desain grafis freelance.

Ide usaha sampingan untuk karyawan ini tidak perlu modal yang terlalu besar cukup keterampilan mendesain dan perangkat yang Anda miliki.

Anda dapat membuka jasa membuat desain kepada calon klien dengan mempromosikannya di platform online atau media sosial. 

Tambahkan beberapa portofolio atau contoh desain yang pernah dibuat sebelumnya agar calon klien tertarik untuk memakai jasa Anda.

4. Menjual makanan

Punya hobi masak? Anda bisa memanfaatkannya untuk mencari tambahan penghasilan. Bisnis makanan memang menawarkan peluang yang menjanjikan.

Sebagai langkah promosi, Anda bisa meminta bantuan rekan kerja atau orang terdekat untuk mencicipi masakan yang dibuat. Jika mereka tertarik untuk menikmatinya lagi, Anda bisa membuat sistem pre order.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membuat masakan tersebut setiap hari hanya saat tertentu saja. 

Selain itu, Anda juga mencoba berjualan makanan ketika car free day di akhir pekan. Biasanya, ada banyak penjual yang menjajakan berbagai makanan.

5. Editor video

Tidak kalah dengan peluang lainnya, ide usaha sampingan untuk karyawan ini juga banyak difavoritkan. Menjadi editor video freelance cocok bagi yang memiliki hobi mengedit video atau punya pengalaman di bidang terkait.

Di tengah banyaknya content creator, Anda dapat menawarkan jasa mengedit video kepada mereka. Dari situ, Anda bisa mendapatkan penghasilan dari setiap video yang berhasil diedit.

Terlebih pekerjaan ini bisa dilakukan saat waktu luang sehingga tidak begitu mengganggu pekerjaan utama Anda.

6. Jastip

Jika Anda suka mengeksplorasi tempat-tempat menarik saat liburan, Anda bisa membuka jasa titip atau jastip. 

Sesuai namanya, Anda menawarkan layanan pembelian barang atau produk dari daerah tertentu. Nantinya, pembeli bisa menitipkan barang yang ingin dibeli kepada Anda.

Bisnis satu ini tidak perlu memerlukan banyak modal karena Anda bisa meminta pembeli untuk membayar barang yang ingin dibeli di awal. 

Keuntungan yang bisa diterima bisa sekitar 10 sampai 15 persen dari barang yang dititipkan tersebut.

7. Reseller dan dropshipper

Jika Anda tidak punya modal yang cukup besar untuk membuka usaha, reseller dan dropshiper jadi pilihan terbaik untuk dipilih. Peluangnya juga cukup menjanjikan di tengah meningkatnya minat masyarakat pada belanja online

Ide usaha sampingan untuk karyawan ini cocok yang tidak punya banyak waktu dari proses produksi hingga pengiriman. Pasalnya, proses tersebut semua sudah disediakan oleh penyedia dropshipper.

Sebelum bergabung, penting untuk memahami sistem penjualan dan pembagian hasilnya agar prosesnya berjalan lancar.

8. Guru privat atau tutor

Peluang usaha yang juga tak kalah menarik lainnya, yaitu menjadi guru privat. Anda bisa memanfaatkan waktu luang setelah bekerja dengan mengajar online atau offline.

Anda dapat membantu anak usia sekolah untuk memperdalam pelajaran sekolah secara privat sehingga tidak terlalu membebani. 

Selain guru privat untuk pelajaran sekolah, Anda juga dapat menjadi seorang tutor di bidang pekerjaan yang tengah digeluti.

Ada banyak penyelenggara bootcamp atau pelatihan online yang membutuhkan pengajar yang sudah berpengalaman di bidang tertentu.

Anda bisa berbagi pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki kepada peserta pelatihan. Selain menambah wawasan, Anda tentunya mendapatkan bayaran dari sana.

9. Freelance fotografer

Ide usaha sampingan untuk karyawan berikutnya adalah freelance fotografer. Punya kamera yang jarang dipakai ada baiknya dimanfaatkan untuk mencari cuan tambahan.

Banyak acara atau event yang membutuhkan jasa fotografer untuk mengabadikan momen-momen berharga. 

Salah satunya pernikahan yang biasanya diadakan di akhir pekan. Anda bisa menawarkan jasa fotografer.

10. Asisten virtual

Asisten virtual atau virtual assistant adalah seseorang yang memberikan layanan administrasi.

Biasanya, pekerjaan ini banyak dilakukan secara remote atau online sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke kantornya.

Dengan begitu, Anda bisa mengerjakannya hanya dari rumah saja, terutama modalnya tidak besar. Anda hanya perlu menyiapkan paket internet dan perangkat seperti laptop untuk melakukan kegiatan administrasi tersebut.

Itu dia beberapa ide usaha sampingan untuk karyawan yang bisa dicoba untuk menambah pendapatan. Tertarik untuk mencoba salah satu peluang usaha di atas?

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Ini Empat Tuntutan Serikat Pekerja untuk Selamatkan Sritex dari Pailit
Biaya Pembuatan Paspor Naik jadi Rp950.000, Berlaku per Desember 2024
ESDM: Pertumbuhan Biodiesel 2023 Hemat Devisa Negara Hingga Rp120,54 T
Emiten Properti Aguan (PANI) Naikkan Target Pra Penjualan jadi Rp6 T
Perbedaan Bangkrut dan Pailit dalam Dunia Usaha
Investor Waspada! IHSG Rawan Lanjut Koreksi di Awal Pekan