Pengertian Komisaris, Tanggung Jawab, dan Gajinya

Posisi penting dalam perusahaan

Pengertian Komisaris, Tanggung Jawab, dan Gajinya
ilustrasi komisaris (unsplash/amy hirschi)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Istilah Komisaris mungkin cukup familer terdengar ketika membahas suatu struktur organisasi perusahaan. Dalam suatu perusahaan, komisaris menjadi salah satu posisi penting.

Sederhananya, pengertian komisaris adalah sekelompok yang yang turut ambil bagian dalam pengawasan dan penasehat direksi beserta bawahannya. Penunjukan komisaris tidak boleh dilakukan sembarangan karena tidak semua orang bisa menempati posisi tersebut.

Lantas, apa sebenarnya tugas dan tanggung jawab komisaris dalam perusahaan atau organisasi? Berikut ulasan mengenai komisaris yang bisa menambah wawasan Anda.

Pengertian komisaris

Dilansir Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), komisaris adalah orang ditunjuk oleh anggota (pemegang saham dan sebagainya) untuk melakukan suatu tugas, terutama menjadi anggota pengurus perkumpulan, perusahaan perseroan, dan sebagainya.

Artinya, pengertian komisaris bisa dipahami sebagai orang yang menduduki posisi jabatan tertinggi di dalam suatu perusahaan.

Dalam melaksanakan tugasnya, komisaris biasanya akan bekerja sama dengan direksi dan ikut bertanggung jawab atas kemajuan perusahaan.

Umumnya, jabatan komisaris akan diisi oleh sejumlah orang yang telah dipercaya untuk mengisi posisi tersebut. Sekelompok orang tersebut dikenal sebagai dewan komisaris yang dipimpin oleh komisaris utama.

Tidak jarang, komisaris juga menggantikan tugas pimpinan perusahaan ketika dirasa pemimpin tidak dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik.

Tugas dan tanggung jawab

Selain pengertian komisaris, terdapat tugas dan tanggung jawab yang juga membedakan posisi tersebut dengan jabatan lainnya di perusahaan. 

Pada umumnya, tugas utama komisaris adalah melakukan pengawasan pada kebijakan direksi agar sesuai dengan visi misi perusahaan. Komisaris juga dapat memberi nasihat pada kebijakan direksi.

Fungsi utama dan tugas dari seorang komisaris dirinci dalam Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas pada Pasal 114. Berikut beberapa tugas utama komisaris.

  • Dewan komisaris bertanggung jawab atas pengawasan perseroan.
  • Setiap anggota dewan komisaris bertanggung jawab dalam menjalankan tugas pengawasan dan pemberian nasihat kepada direksi untuk kepentingan perseroan.
  • Setiap anggota dewan komisaris ikut bertanggung jawab secara pribadi atas kerugian perseroan apabila yang bersangkutan bersalah atau lalai menjalankan tugasnya. 

Pada Pasal 116 pada peraturan yang sama, terdapat beberapa kewajiban dewan komisaris yang harus dilaksanakannya. Adapun kewajiban dan tugasnya, yaitu sebagai berikut:

  • Dewan komisaris wajib membuat risalah rapat dewan komisaris dan penyimpanan salinannya.
  • Dewan komisaris wajib memberikan laporan pada perseroan atau perusahaan terkait kepemilikan saham atau keluarganya kepada perseroan.
  • Dewan komisaris harus memberikan laporan tugas pengawasan yang telah dilakukan selama tahun buku yang baru lampau dalam rapat umum pemegang saham (RUPS).

Gaji komisaris

Memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar, gaji seorang komisaris juga sesuai dengan perannya dalam perusahaan.

Selain itu, gaji komisaris juga ditentukan pada perusahaan tempatnya menjabat apakah perusahaan swasta atau milik negara (BUMN).

Pada umumnya, seorang komisaris utama akan mendapatkan gaji sebesar 45 persen dari gaji direktur utamanya.

Jika ada komisaris lainnya, besaran gaji yang didapatkan adalah 90 persen dari besar gaji komisaris utamanya.

Di sisi lain, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) aturan gaji komisaris sudah diatur dalam Peraturan Menteri BUMN Nomor Per-12/MBU/11/2020.

Peraturan tersebut merupakan perubahan yang kelima pada Peraturan Menteri BUMN PER-04/MBU/2014 mengenai Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Di dalam BAB 2 nomor 13 bagian 3, besaran intensif kinerja atau gaji komisaris utama sebesar 45 persen dari gaji yang diperoleh direktur utamanya.

Untuk wakil komisaris, gaji yang diperoleh sebesar 42,5 persen dari gaji yang didapatkan direktur utamanya. Dewan komisaris akan mendapatkan gaji sekitar 90 persen dari gaji komisaris utamanya. 

Perlu dicatat, perhitungan persentase gaji komisaris kembali pada kebijakan dari perusahaan itu sendiri. 

Dari informasi di atas, pengertian komisari adalah orang yang dipercaya untuk menjabat di posisi tertinggi suatu perusahaan. Karena memang posisi penting, tanggung jawab yang diemban juga sesuai dengan gajinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Related Topics

Komisaris

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional