8 Program Affiliate Marketing Indonesia, Cari Cuan Tambahan!

Cocok buat tambah penghasilan!

8 Program Affiliate Marketing Indonesia, Cari Cuan Tambahan!
ilustrasi affiliate marketing (unsplash.com/Maxim Ilyahov)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Untuk mengoptimalkan penjualan, ada banyak perusahaan yang menggunakan strategi digital marketing. Salah satu strategi yang banyak digunakan adalah Affiliate marketing

Strategi tersebut melibatkan pengguna untuk mempromosikan produk tertentu berupa tautan untuk mendapatkan komisi setiap penjualannya. Tanpa perlu modal yang banyak, Anda bisa menjadi affiliator dan mendapatkan cuan tambahan.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencobanya, berikut beberapa rekomendasi program affiliate marketing Indonesia yang bisa jadi pilihan.

1. Program affiliate Shopee

Salah satu program affiliate yang cukup populer diminati adalah Shopee Affiliates. Sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Shopee mengajak seluruh pengguna media sosial untuk bergabung pada program satu ini.

Caranya dengan mempromosikan produk-produk dari Shopee lewat link affiliate melalui akun media sosialnya. 

Untuk bisa bergabung, Anda tidak perlu memerlukan modal yang besar. Bahkan, Anda bisa melakukannya tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Maka dari itu, program ini cocok untuk Anda yang mencari sumber penghasilan tambahan.

Dengan bergabung di program Shopee Affiliate, Anda bisa memperoleh komisi hingga 4 persen dan komisi XTRA. Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan sampel gratis dari penjual.

2. Program affiliate Tokopedia

Tidak hanya Shopee saja, Tokopedia juga menawarkan program affiliate marketing Indonesia yang juga cukup populer.

Selain membeli dan menjual barang, pengguna juga bisa mempromosikan produk di sana dengan program satu ini.

Tokopedia membebaskan affiliator-nya untuk membagikan tautan produk, mulai dari media sosial hingga website.

Setiap affiliate product Tokopedia yang terjual dari link produk yang dibagikan, Anda akan mendapatkan sejumlah komisi lewat Tokopedia Affiliate Platform. 

Untuk komisinya, Anda dapat memperoleh hingga 10 persen atau maksimal Rp50 ribu sesuai dengan kategori produknya. Selain itu, setiap tautan dikunjungi, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan komisi kunjungan.

3. Program affiliate Bukalapak

Dengan memanfaatkan strategi affiliate marketing, Bukalapak memberikan kesempatan bagi mitranya untuk mendapatkan cuan tambahan. Referral Affiliate adalah program afiliasi yang ditawarkan oleh Bukalapak.

Cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan program afiliasi lainnya. Anda cukup membagikan link referral di media sosial dan dapatkan komisi dari pendaftar yang masuk lewat tautan tersebut.

Setiap bertambahnya jumlah pengguna baru yang datang, Anda bisa memperoleh komisi sesuai ketentuan.

4. Program affiliate Zalora

Bagi Anda yang cukup aktif di media sosial, program affiliate marketing Indonesia bisa dijadikan peluang meraih keuntungan.

Lewat Zalora Referral Program, Zalora menawarkan pengguna media sosial untuk menjadi bagian program afiliasinya.

Terlebih bagi pengguna yang tertarik atau memiliki minat pada produk fashion, makeup, dan lain sebagainya. Anda cukup membagikan link yang di-generate lewat Zalora di akun media sosial.

Setiap pembelian yang masuk lewat tautan tersebut, Anda bisa mendapatkan komisi hingga 5 persen berupa tunai atau 7 persen berupa cashback.

5. Program affiliate TikTok

TikTok Affiliate juga termasuk salah satu program afiliasi yang sudah memiliki banyak anggota. Sedikit berbeda dengan lainnya, TikTok menawarkan program afiliasi ini menjadi dua jenis, yaitu program untuk penjual dan kreator.

Sebelum bergabung ke program ini, pengguna harus terdaftar di akun TikTok Shop dan mengisi formulir pendaftarannya. Setelah itu, Anda baru bisa tergabung dalam program afiliasi ini.

Keuntungan yang bisa didapatkan dari program ini bisa mencapai 10 persen dari hasil penjualan produk. Agar memaksimalkan keuntungannya, Anda bisa memanfaatkan kreativitas dalam membuat konten yang menarik.

6. Program affiliate Lazada

Program affiliate marketing Indonesia juga tak kalah menarik dari lainnya adalah Lazada Affiliate Program.

Program ini memberikan kesempatan penggunanya untuk bisa mendapatkan komisi hingga jutaan rupiah dengan mempromosikan produk dari Lazada.

Tidak hanya tautan produk saja, Anda bisa membagikan tautan voucher hingga campaign dari Lazada untuk raih sejumlah keuntungan.

Program ini terbuka bagi siapa pun dari semua kalangan masyarakat dan tidak perlu membutuhkan modal yang banyak untuk bergabung.

Anda juga akan bergabung dalam komunitas Lazada Affiliate agar tidak ketinggalan info terbarunya.

7. Program affiliate Blibli

Sedang mencari penghasilan tambahan yang dilakukan dari rumah? Anda bisa bergabung di program Blibli Affiliate. Hanya bermodal ponsel dan internet, Anda berkesempatan untuk menambah penghasilan.

Pendaftarannya mudah dan bisa dilakukan secara online. Komisi yang bisa didapatkan setiap affiliatornya bisa mencapai 12 persen untuk semua kategori produk. Pencairan komisinya juga terbilang cukup cepat dan mudah.

8. Program affiliate Traveloka

Program affiliate marketing Indonesia berikutnya datang dari Traveloka. Setiap penggunanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dalam bentuk Traveloka Points dengan membagikan tautan produk dari Traveloka.

Anda bisa membagikan tautan produk hotel, tiket atraksi, hingga wisata yang tersedia di Traveloka di akun media sosial yang dimiliki. 

Dengan mengumpulkan poin, Anda bisa menggunakannya untuk membeli berbagai produk kebutuhan di Traveloka.

Itulah beberapa program affiliate marketing Indonesia yang Anda coba sebagai pendapatan pasif. Tertarik untuk bergabung menjadi seorang affiliator di salah satu programnya?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

MoU: Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Perbedaan, dan Contoh MoU
Daftar Perusahaan Terbaik di Dunia versi TIME: 5 dari Indonesia
Kisruh Kursi Kepemimpinan Kadin, Begini Kronologinya
Pemangkasan Bunga The Fed jadi Stimulus Ke Perbankan
BI Bakal Luncurkan Lembaga Central Counterparty (CCP), Apa Itu?
7 Saham IPO 2024 yang Mencatat Kinerja Tertinggi di BEI