Swire Properties, Keunggulan Kelas Dunia Berpadu Transformasi Kreatif

50 tahun Swire Properties di segmen properti premium.

Swire Properties, Keunggulan Kelas Dunia Berpadu Transformasi Kreatif
Dok. Swire Properties
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Didirikan di Hong Kong pada tahun 1972, Swire Properties Limited bertujuan untuk menciptakan nilai yang berkelanjutan dengan mengembangkan dan mengelola proyek penggunaan campuran skala besar yang berfungsi sebagai titik fokus dari daerah perkotaan sekitarnya.

Mengusung fundamental bisnis yang kuat, perusahaan telah terdaftar di papan utama Bursa Efek Hong Kong. Dengan Hong Kong dan Cina Daratan sebagai pasar intinya, perusahaan juga hadir di Amerika Serikat dan Asia Tenggara.

Perseroan berkomitmen pada nilai-nilai inti integritas, orisinalitas, fokus jangka panjang dan kualitas, serta mengintegrasikan desain visioner, fasilitas kelas satu, dan layanan manajemen yang luar biasa dengan berpegang pada mindset Creative Transformation. DNA ini menggabungkan kreativitas digabungkan dengan pendekatan untuk pengembangan lingkungan dan komitmen untuk pembangunan berkelanjutan di setiap tingkatan.

Portofolio Properti Swire di Hong Kong dan Cina Daratan

Dok. Swire Properties

Swire Properties mengembangkan dan mengelola properti komersial, ritel, hotel, dan residensial, dengan portofolio lengkap di Hong Kong yang seluas sekitar 16,8 juta kaki persegi (sekitar 1,56 juta meter persegi).

Mulai dari pengembangan perumahan kelas atas seperti Opus Hong Kong, proyek perumahan pertama di Asia yang dirancang oleh arsitek terkenal Frank Gehry, hingga pengembangan perkantoran yang berkembang pesat seperti Taikoo Place - pusat bisnis yang terhubung secara digital dan geografis dengan standar keberlanjutan dan kesehatan. 

Perseroan juga malang melintang di segmen properti ritel, di antaranya Cityplaza pusat perbelanjaan terbesar di Hong Kong Island. Portofolio Swire Properties menawarkan desain visioner dan canggih, fasilitas unggul, layanan manajemen yang luar biasa, infrastruktur yang nyaman, dan efisiensi ruang yang tinggi.

Di Cina Daratan, perusahaan memiliki portofolio lengkap sekitar 14 juta kaki persegi atau sekitar 1,3 juta meter persegi) di Beijing, Shanghai, Guangzhou, dan Chengdu. Dua merek ritel yang dipimpin oleh Swire Properties, Taikoo Li dan Taikoo Hui, telah sangat dikenal dan sukses secara nasional.

Langkah ekspansi berlanjut dengan memperluas portofolio di Cina Daratan, dengan mengumumkan dua proyek baru, termasuk Taikoo Li Xi'an dan proyek baru yang dipimpin ritel di Sanya.

Portofolio Swire Properties di Asia Pasifik

Dok. Savyavasa

Pada tahun 2022, Swire Properties meluncurkan rencana investasi HKD 100 miliar untuk 10 tahun ke depan di pasar utamanya–termasuk Asia Tenggara, Hong Kong, dan pasar Cina Daratan. Sekitar 20 persen dari anggaran tersebut akan dialokasikan untuk peluang perdagangan perumahan di pasar-pasar ini.

Pada Februari 2022, Perusahaan mengumumkan investasi pertamanya di pasar properti Bangkok dengan mengakuisisi 40 persen saham di lokasi premium yang berlokasi di Wireless Road. Akuisisi ini sekaligus menandai investasi pertama Swire Properties di pasar properti Bangkok. Perusahaan juga bekerja sama dengan pengembang lokal City Realty Co. Ltd dan mengembangkan proyek kondominium mewah.

“Asia Tenggara merupakan bagian penting dari strategi perdagangan residensial kami dan kami akan terus mencari peluang yang memungkinkan kami membawa merek residensial premium kami ke pasar baru di kawasan ini,” kata Tim Blackburn, Chief Executive Swire Properties dalam keterangannya, dikutip Senin (11/4).

Swire Properties juga memiliki beberapa proyek perumahan di kota-kota utama Asia Tenggara yang sedang dalam pengembangan, termasuk Ho Chi Minh City di Vietnam dan di Jakarta.

Terbaru, Swire Properties mengembangkan Savyavasa, kompleks apartemen yang berlokasi di Dharmawangsa, Jakarta Selatan. Bertajuk “Creating Harmony. Perfected by Nature”, kawasan ini merupakan hunian berstandar Greenmark Gold pertama di Ibu Kota Jakarta, Savyavasa Residences dibanderol mulai Rp8 miliar. 

Nama kompleks apartemen di lahan seluas tiga hektar tersebut berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna pada kehidupan di selatan. Rencananya kompleks apartemen ini akan memiliki tiga tower yang terdiri dari 431 unit apartemen dengan pilihan 2, 3, dan 4 kamar tidur. 

Penghuni akan dimudahkan oleh fasilitas dan wilayah yang terintegrasi, seperti jalur pedestrian sepanjang 1 kilometer dengan menggabungkan taman alam serta hutan kota. Pembangunannya diperkirakan akan rampung pada tahun 2024.

50 tahun perjalanan Swire Properties

Dok. Swire Properties

Swire Properties merayakan hari jadinya yang ke-50 di tahun 2022. Perayaan perjalanan mengusung kampanye ‘Original. Always’ yang mewakili pemikiran orisinalnya dan bersejarah menginjak usia emas 50 tahun.

'Original' mencerminkan semangat kreatif dan inovatif yang selalu membedakan Swire Properties dan merupakan inti dari apa yang diperjuangkan Perusahaan, dan 'Always' mengacu pada komitmen jangka panjang selama beberapa dekade dan ke masa depan.

Swire Properties juga merayakan kontribusi dalam menciptakan komunitas yang lebih bahagia dan lebih sehat. Sejumlah upaya dilakukan, mulai dari pembuatan tempat yang transformatif dan kepemimpinan dalam keberlanjutan, hingga inti dan pertimbangan bagi manusia serta nilai yang diberikan Perusahaan pada budaya dan seni bagi semua orang.

Upaya keberlanjutan Swire Properties terus diakui. Perseroan telah naik ke posisi keempat dalam Dow Jones Sustainability World Index (DJSI World) 2022, naik tiga peringkat dari posisi ketujuh di industri real estate global, dan Perseroan terus berupaya untuk mencapai 1,5°C yang selaras dengan sains. Perjalanan terangkum dalam Video 50th Anniversary Swire Properties dan informasi selengkapnya dapat mengunjungi laman www.swireproperties.com.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi