Eropa Pulih, Penjualan Mobil Listrik Global Naik 30% September

Di Eropa penjualan mobil listrik naik 4,2 persen.

Eropa Pulih, Penjualan Mobil Listrik Global Naik 30% September
Ilustrasi pengisian daya mobil listrik (Unsplash/@chuttersnap)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Penjualan Mobil Listrik dan hibrida plug-in globa naik 30,5 persen secara tahunan pada September 2024 sekaligus melampaui rekor yang tercatat pada bulan sebelumnya seiring pemulihan pasar Eropa, menurut firma riset pasar Rho Motion.

Peningkatan di pasar AS berjalan lambat dan stabil untuk mengantisipasi pemilihan umum 5 November mendatang sekaligus memprediksi tren masa depan di negara tersebut, kata Manajer Data Charles Lester dilansir dari Reuters.

Produsen mobil listrik Tiongkok berupaya untuk meningkatkan penjualan mereka di Uni Eropa meskipun terganjal bea masuk hingga 45 persen dan di tengah lesunya permintaan mobil listrik.

Produsen mobil Tiongkok dan Eropa terus bersaing ketat di pameran mobil Paris pada hari Senin. EV - baik kendaraan full listrik (BEV) maupun hibrida plug-in (PHEV) - yang terjual di seluruh dunia mencapai 1,69 juta selama September, menurut data Rho Motion.

Data firma tersebut menunjukkan, penjualan mobil di Tiongkok melonjak 47,9 persen pada September dan mencapai 1,12 juta kendaraan, sementara di Amerika Serikat dan Kanada naik 4,3 persen menjadi 0,15 juta.

Di Eropa, penjualan EV naik 4,2 persen menjadi 0,3 juta unit, berkat lonjakan 24 persen di Inggris Raya dan kenaikan di Italia, Jerman, dan Denmark.

“Di pasar Tiongkok, tingkat penetrasi BEV dan PHEV tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan dan penjualan "bisa mencapai rekor setiap bulan hingga akhir tahun", kata Lester.

Penjualan Mobil Listrik Eropa

Menurutnya, pertumbuhan penjualan tahunan sebesar 7 persen di Jerman adalah "berita positif". Adapun, target pengurangan emisi karbon menengah yang ditetapkan di UE untuk tahun depan akan menguji pasar blok tersebut.

Rho Motion memperkirakan penjualan kendaraan listrik di Eropa akan mencapai 3,78 juta kendaraan pada 2025 dan 9,78 juta pada 2030, di mana masing-masing 24 dan 19 persen lebih rendah dari perkiraan sebelumnya, kata Kepala Peneliti Otomotif William Roberts kepada Reuters.

Perancis mengumumkan rencana awal bulan ini untuk mengurangi dukungannya bagi pembeli kendaraan listrik, sementara Jerman pada September menyetujui keringanan pajak bagi perusahaan atas penjualan kendaraan listrik di negaranya, setelah mengakhiri skema subsidi yang dirancang untuk membantu mempercepat transisi hijau tahun lalu.

Related Topics

Mobil ListrikTiongkok

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

20 Pebisnis Masuk Fortune Indonesia Business Person of The Year 2024
GoPay Respons Menkominfo Disebut Fasilitasi Judi Online hingga Rp89 M
6 Pabrik Tekstil Tutup di Jawa Tengah, Badai PHK Ribuan Karyawan
15 AI Generatif Terpopuler 2024, Mana Terbanyak Digunakan?
Ketahui Kapan Waktu yang Tepat Membeli dan Menjual Saham
Pahami Apa Itu Saham LQ45 dan Daftar Terbaru di 2024