12 Nama Komisaris BUMN dari Relawan Pemenangan Prabowo-Gibran

Beberapa relawan Prabowo-Gibran diangkat sebagai komisaris.

12 Nama Komisaris BUMN dari Relawan Pemenangan Prabowo-Gibran
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) duduk sambil berbicara dengan Cawapres pasangannya, Gibran Rakabuming Raka (kedua kanan) dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU. (Doc: ANTARA FOTO/Galih Pradipta)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Kementerian BUMN mengubah susunan komisaris pada perusahaan milik negara usai pemilihan presiden.
  • Sejumlah politisi pendukung Prabowo-Gibran diangkat sebagai komisaris, termasuk Burhanuddin Abdullah sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero).
  • Perubahan ini menimbulkan polemik karena latar belakang politis dari para komisaris yang diangkat.

Jakarta, FORTUNEKementerian BUMN baru-baru ini melakukan perubahan dalam susunan Komisaris pada berbagai perusahaan milik negara. Usai pemilihan presiden, sejumlah nama baru yang diangkat sebagai komisaris ternyata memiliki latar belakang politis. Beberapa di antaranya merupakan politisi dari partai-partai yang mendukung Prabowo Subianto dalam Pemilu 2024.

Terbaru, Burhanuddin Abdullah telah ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero) menggantikan Agus Martowardojo.

Berikut adalah daftar relawan pendukung Prabowo-Gibran yang kini menjabat sebagai komisaris BUMN:

Simon Aloysius Mantiri

Pada Juni 2023, Simon diangkat menjadi Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023.

Simon merupakan Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra dan pernah menjabat sebagai Wakil Bendahara Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029.

Selain itu, ia juga memiliki pengalaman sebagai asisten pribadi CEO PT Nusantara Energy, perusahaan milik Prabowo yang bergerak dalam bidang pertambangan dan perkebunan.

Fuad Bawazier

Pada Juni lalu, Fuad diangkat sebagai Komisaris Utama BUMN Holding Industri Pertambangan Indonesia, MIND ID. Fuad memiliki latar belakang yang kuat dalam bidang keuangan, dengan pengalaman sebagai Menteri Keuangan pada era pemerintahan Presiden Soeharto. Selain itu, ia bergabung dengan Partai Gerindra sejak 2015.

Sebelumnya, Fuad pernah menjabat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) selama dua periode, yakni 1999-2004 dan 2004-2009.

Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Fuad menjadi salah satu pakar pada Tim Kampanye Nasional (TKN) yang mengusung pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Siti Nurizka Puteri Jaya

Perempuan yang dipanggil Rizka ini ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang, anak usaha Pupuk Indonesia. Rizka adalah anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra.

Dia sebelumnya menjabat sebagai Kepala Pemberdayaan Wanita DPP Partai Gerindra (2015-2020) dan juga Kepala Hukum Administrasi DPP Partai Gerindra pada periode yang sama.

Pada periode sama pula dia berstatus sebagai kepala hukum administrasi DPP Partai Gerindra. 

Felicitas Tallulembang

Felicitas Tallulembang, mantan anggota DPR dari fraksi Gerindra periode 2014-2019, menjabat sebagai Komisaris Independen PT Bank Syariah Indonesia (BSI) sejak Juni 2024. Sebelumnya, ia merupakan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Sinjai pada 1999–2008.

Felicitas lahir di Rantepao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan pada 6 November 1959. Lulusan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Hasanuddin (Unhas) itu pernah menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui pergantian antarwaktu (PAW) sisa masa jabatan 2014-2019. 

Condro Kirono

Condro Kirono, salah satu Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran, kini menjabat sebagai Komisaris Independen PT Pertamina (Persero) berdasarkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan Tahun Buku 2023 Pertamina yang dilaksanakan pada 10 Juni 2024.

Sebelum menduduki posisi tersebut, pensiunan polisi itu pernah dipercaya menjabat pada sejumlah posisi strategis di pemerintahan, yakni Komisaris Independen PT Pos Indonesia pada 2021 dan Komisaris Pertamina pada 2019.

Dia merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1984 yang berpengalaman dalam bidang Lantas. Dalam bidang pendidikan kepolisian, ia sempat mengenyam pendidikan di PTIK, SESPIM, SESPATI dan Lemhanas Polri.

Fauzi Baadilla

Penetapan komisaris tersebut cukup menyita perhatian publik mengingat sosok Fauzi selama ini dikenal sebagai aktor lewat film-film seperti Mengejar Matahari, 3 Dara, dan 9 Naga.

Anggota TKN Prabowo-Gibran ini juga mencalonkan diri dalam pemilihan legislatif dari Gerindra pada Pemilu 2019, bertarung di daerah pemilihan Jawa Barat VI, tapi gagal.

Dalam Pilpres 2024, ia ikut memuluskan kampanye pemenangan pasangan Prabowo-Gibran.

Isra Daming Pramulya

Isra Daming Pramulya, Sekretaris Dewan Perwakilan Daerah Gerindra di Provinsi Sulawesi Barat, diangkat sebagai Komisaris PT Brantas Abipraya (Persero) pada pekan lalu.

Sebelum terjun di dunia politik, Isra aktif sebagai Wakil Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Unhas pada 1996-1997 dan menjadi anggota Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Dia pernah dipercaya oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Barat Alibaal Masdar (ABM), untuk mengisi posisi sebagai tenaga ahli dalam bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa.

Pengangkatannya bersamaan dengan ditunjuknya Diana Kusumastuti sebagai Komisaris Utama. PT Brantas Abipraya (Persero) adalah BUMN yang bergerak di bidang konstruksi.

Burhanuddin Abdullah

Burhanuddin Abdullah, mantan Gubernur Bank Indonesia (BI), menjadi Komisaris Utama PT PLN (Persero), menggantikan Agus Martowardojo. 

Dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Burhanuddin merupakan Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Burhanuddin lahir di Garut, Jawa Barat, pada 10 Juli 1947. Ia pernah menjadi Menteri Koodinator Bidang Perekonomian pada masa pemerintahan Presiden Abdurahman Wahid.

Andi Arief

Andi Arief, politisi Partai Demokrat dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, diangkat sebagai Komisaris Independen PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Partai Demokrat sendiri bergabung dengan koalisi Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Andi pernah menjabat sebagai Staf Khusus Presiden bidang Bantuan Sosial dan Bencana Alam pada 2009–2014, pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dia pernah menjadi Wakil Sekjen (wasekjen) Partai Demokrat, tapi mengundurkan dirikarena terjerat kasus narkoba pada 2019.


 

Grace Natalie

Grace Natalie, yang dikenal sebagai kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI), merupakan Komisaris MIND ID, menggantikan Jisman Parada Hutajulu.

Usai Prabowo-Gibran menang dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden, Grace langsung ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai staf khusus presiden.

Dalam Pilpres 2024, Grace menjabat sebagai Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran dan merupakan anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang terdiri dari Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Siti Zahra Aghnia

Siti Zahra Aghnia, istri dari Komandan Tim Kampanye Nasional (TKN) Pemilih Muda Fanta Prabowo-Gibran, Arief Rosyid Hasan, diangkat sebagai Komisaris Independen PT Pertamina Patra Niaga pada awal Februari 2024.

Sebelum itu, dia pernah menjabat sebagai Komisaris di PT Zahra Bakti Gemilang pada 2022, dan anggota Direksi PT Gamlindo Nusa pada 2014–2020.

Prabu Revolusi

Prabu Revolusi menjabat sebagai Komisaris Independen PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) sejak Februari 2024 setelah mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Sebelumnya, ia diberhentikan dari posisi Deputi Komunikasi 360 Tim Pemenangan Nasional Ganjar-Mahfud.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN