Aliran Investasi Sektor Energi Bersih Bakal Meningkat Sampai US$200 T

Perubahan iklim mendorong naiknya investasi energi bersih.

Aliran Investasi Sektor Energi Bersih Bakal Meningkat Sampai US$200 T
Ramez Naam saat di acara Joint Executice Leadership Training PLN bertajuk Shaping The Future: The New energy Paradigm & The Power of Digital Transformation di Jakarta, Jumat (23/8).
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Investasi energi bersih diprediksi mencapai US$200 triliun secara global.
  • Perubahan iklim mendorong peluang besar dalam sektor ekonomi iklim yang semakin berkembang.
  • Pengeluaran untuk energi bersih melampaui pengeluaran untuk energi fosil, menandai titik balik bagi masyarakat.

Jakarta, FORTUNE - Aliran modal untuk Investasi terus mengalami peningkatan yang signifikan setiap tahunnya seiring dengan kian meningkatnya kesadaran akan perubahan iklim. Investasi pada sektor Energi Bersih diprediksi menjadi US$200 triliun atau lebih dari Rp3 juta triliun secara global.

Ramez Naam, investor pada bidang teknologi iklim, menyoroti perkembangan ini sebagai bagian dari transformasi global yang sedang berlangsung. Dia menjelaskan bahwa ketakutan awal akan peningkatan pemanasan global yang mencapai 4 hingga 6 derajat Celcius pada 2100 kini mulai mereda berkat kemajuan teknologi dan kebijakan yang mendukung energi bersih.

"Dulu, kita khawatir akan menghadapi pemanasan yang dramatis, yang bisa menyebabkan perubahan besar pada ekosistem dan biosfer kita. Namun, berkat penurunan biaya energi bersih dan kebijakan yang mendukung, kita sekarang berada di jalur untuk membatasi pemanasan hingga sekitar 2,5 derajat celcius," kata Naam dalam acara Joint Executice Leadership Training PLN yang bertajuk "Shaping The Future: The New Energy Paradigm & The Power of Digital Transformation" di Jakarta, Jumat (23/8).

Naam mengatakan bahwa transisi menuju ekonomi bersih ini telah mendorong salah satu sektor investasi terbesar dalam sejarah.

"Kita melihat bahwa dalam 30 hingga 50 tahun ke depan, sekitar US$200 triliun akan mengalir ke dalam ekonomi bersih saat kita beralih dari bahan bakar fosil," ujarnya.

Angka ini mungkin terdengar luar biasa, tapi kata Naam pertumbuhan belanja modal untuk menghasilkan energi bersih telah meningkat dengan pesat. Pada 2004, dunia menghabiskan sekitar US$33 miliar untuk energi baru terbarukan (EBT) yang mengandalkan sinar matahari dan angin. Namun, pada 2023, angka ini melonjak menjadi US$1,8 triliun.

Menurut Naam, investasi dalam energi bersih kini telah melampaui pengeluaran untuk energi fosil.

"Tahun 2022 adalah tahun bersejarah, ketika pengeluaran untuk tenaga surya saja melampaui pengeluaran untuk ekstraksi minyak. Ini adalah titik balik bagi masyarakat kita," katanya.

Faktor-faktor pendorong transisi energi

Ada beberapa faktor yang mendorong pertumbuhan ini, termasuk penurunan biaya teknologi energi bersih, kebijakan yang semakin mendukung, ketidakstabilan harga bahan bakar fosil, serta dampak dari perang di Eropa. Dalam hematnya, invasi Rusia ke Ukraina telah mempercepat transisi energi bersih di Eropa dan mendorong negara-negara untuk mengurangi ketergantungannya pada gas Rusia dan beralih ke energi berkelanjutan.

Tentunya transisi energi ini berdampak pada berbagai sektor, termasuk pertambangan, migas, otomotif dan keuangan.

"Dunia sedang bergerak menuju masa depan yang lebih bersih dan lebih aman, dan aliran modal besar-besaran ini akan menjadi pendorong utama perubahan tersebut," ujar Naam.

Dengan aliran modal yang terus meningkat ini, para investor di seluruh dunia semakin optimistis bahwa transisi ke arah ekonomi bersih akan terus berlanjut, menciptakan peluang baru, dan membawa perubahan positif bagi keberlanjutan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
TikTok Ungkap 4 Jenis Konsumen, Penjual Harus Paham