Kisai Entertainment Dapat Investasi Baru US$1 Juta, Buat Apa?

Sejumlah langkah ekspansi disiapkan.

Kisai Entertainment Dapat Investasi Baru US$1 Juta, Buat Apa?
Seremoni penandatanganan pemberian investasi baru US$1 juta kepada Kisai Entertainment. (Dok. Kisai)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Pendanaan akan digunakan untuk memperkuat posisi di pasar konten digital Indonesia dan Asia Tenggara serta memperkuat tim produksi konten digital.
  • Rencana ekspansi termasuk transformasi perusahaan menjadi penerbit webtoon, komik, dan IP orisinal serta pengembangan talenta industri webtun di Indonesia dan Asia Tenggara.

Jakarta, FORTUNE – Produsen webtoon atau Komik serial digital, Kisai Entertainment, mendapatkan pendanaan US$1 juta dari dua investor strategis: Sorajima, perusahaan komik dari Jepang, dan PT Anjary Jaya Raya, perusahaan kreatif lokal, khususnya sektor gim.

Founder & CEO Kisai Entertainment, Tessa Yadawaputri, mengatakan dana ini akan dimanfaatkan untuk memperkuat posisi perseroan di pasar konten digital Indonesia dan Asia Tenggara dengan meningkatkan kapasitas produksinya.

Selain itu, investasi ini juga akan memperkuat tim dalam memproduksi konten digital dengan kualitas baik.

“Salah satu ekspansi awal yang akan dilakukan adalah menjalankan transformasi dari perusahaan yang berbasis jasa, menjadi perusahaan penerbit webtoon, komik, dan IP orisinal,” kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (11/10).

Dalam waktu dekat Kisai Entertainment akan mengumumkan beberapa program strategis yang terkait langsung dengan pengembangan talenta industri webtoon di Indonesia dan Asia Tenggara, serta memulai perencanaan pengembangan IP webtoon original untuk dirilis pada 2025.

“Kemitraan bersama Sorajima juga akan merangkai kerja dan karya Jepang - Indonesia, sama-sama bercita-cita menghasilkan kisah yang mendunia dan lintas generasi,” kata Tessa.

Kisai telah produksi levih dari 70 judul komik

Tessa mengatakan bahwa perusahannnya selama tujuh tahun terakhir telah bertransformasi menjadi produsen webtoon terbesar di Asia Tenggara, dengan lebih dari 70 judul dan melibatkan lebih dari 300 talenta kreatif.

Sebelum investasi ini, Sorajima telah dua tahun bermitra dengan Kisai untuk produksi berbagai judul webtoon populer.

“Dengan dukungan finansial dan strategis dari Sorajima dan PT Anjary Jaya Raya, Kisai Entertainment berencana untuk memperluas jangkauan produksi kontennya dan mengembangkan produksi ke ranah karya webtoon orisinal yang dapat dipasarkan secara global dan berkembang menjadi IP Powerhouse terbesar di Asia Tenggara,” ujarnya.

Sementara itu, Co CEO Sorajima, Kojuro Hagihara, mengatakan investasi ini menandai sejarah baru dalam industri komik dan webtoon Indonesia. Hal ini juga menjadi pendanaan pertama dan terbesar yang pernah diterima oleh perusahaan komik di Tanah Air.

“Kami sangat bersemangat untuk berkolaborasi bersama Tessa, semua orang di Kisai Entertainment, dan tentunya, talenta berbakat di Indonesia dan penjuru Asia Tenggara,” ujarnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

20 Pebisnis Masuk Fortune Indonesia Business Person of The Year 2024
GoPay Respons Menkominfo Disebut Fasilitasi Judi Online hingga Rp89 M
6 Pabrik Tekstil Tutup di Jawa Tengah, Badai PHK Ribuan Karyawan
15 AI Generatif Terpopuler 2024, Mana Terbanyak Digunakan?
Ketahui Kapan Waktu yang Tepat Membeli dan Menjual Saham
Pahami Apa Itu Saham LQ45 dan Daftar Terbaru di 2024