7 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Cocok untuk Pemula!

Memulai bisnis dengan modal kecil? Siapa takut!

7 Ide Bisnis Modal Kecil Untung Besar, Cocok untuk Pemula!
Ilustrasi modal kecil (Unsplash/@seteph)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Setiap orang memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memulai bisnis. Namun, tidak semua orang berani mengambil kesempatan tersebut karena masalah modal yang dianggap kurang memadai.

Padahal, bisnis yang sukses belum tentu dimulai dengan modal yang besar. Inilah mindset yang harus Anda tanamkan bahwasannya hal terpenting dalam memulai bisnis adalah memulainya terlebih dahulu.

Untuk memberikan beberapa referensi, Anda bisa membaca ulasan sejumlah ide bisnis modal kecil untung besar berikut ini agar segera memulainya!

7 ide bisnis modal kecil yang bisa Anda coba

Ilustrasi bisnis online (Unsplash/@campaign_creators)

Anda bisa memilih salah satu atau bahkan beberapa dari ketujuh ide usaha modal kecil di bawah ini.

1. Dropshipper

Dropship adalah adalah model bisnis yang memungkinkan Anda menjual suatu produk ke pelanggan tanpa harus menyimpan stok barang.

Apabila ada orang yang tertarik membelinya, produsenlah yang akan memproses pengiriman produk tersebut.

Namun, Anda perlu memiliki platform sendiri untuk memulai bisnis dropship, misalnya dengan memiliki akun media sosial, marketplace, website, dan sebagainya.

Biasanya, produsen yang menawarkan program dropshipper akan menyediakan kebutuhan seperti konten untuk dipublikasikan, foto produk, hingga caption.

Karena bisnis dropship tidak terbatas pada produsen barang tertentu, Anda perlu memilih produsen yang memang menawarkan skema bisnis ini.

2. Reseller

Hampir sama dengan dropshipper, hanya saja reseller mengharuskan Anda memiliki stok produk terlebih dahulu.

Namun, biasanya produsen akan memberikan harga yang lebih terjangkau pada para reseller untuk kemudian dijual kembali dengan harga yang telah disesuaikan.

Beberapa ide produk yang bisa Anda jual dengan metode reseller adalah kosmetik, sepatu, pakaian, dan masih banyak lagi.

Sesuaikan produk yang ingin Anda jual dengan modal yang dimiliki. Sebagai permulaan, Anda tidak harus membeli banyak produk. Dalam hal ini, negosiasikan dengan supplier terlebih dahulu.

3. Bisnis afiliasi

Affiliate marketing atau afiliasi adalah sebuah bisnis yang memanfaatkan pihak ketiga, yaitu para afiliator untuk memasarkan produk atau layanan.

Dari setiap produk atau layanan yang berhasil terjual, afiliator berhak mendapatkan komisi dengan besaran yang disepakati sebelumnya.

Sekarang ini, banyak brand atau perusahaan yang membuka program afiliasi dan Anda bisa mendaftarkan untuk mencoba menjadi pihak ketiga.

Tidak hanya itu, platform e-commerce juga membuka program afiliasi yang bisa Anda ikuti, seperti Shopee, Tokopedia, hingga Lazada.

Umumnya, afiliator yang sudah memiliki audiens akan lebih mudah untuk mendapatkan keuntungan karena proses penawarannya sudah memiliki target yang jelas.

4. Pre-order kaus

Ide bisnis modal kecil untung besar yang berikutnya adalah menjual kaus dengan sistem pre-order

Kaus merupakan kebutuhan sandang yang harus dipenuhi oleh setiap orang. Dengan memanfaatkan tren yang terus berkembang, banyak model dan inovasi baru di bidang pakaian, termasuk kaus.

Anda bisa menjual produk kaus dengan memanfaatkan kreativitas yang Anda miliki, misalnya kaus kata-kata, kaus bergambar, kaus couple, dan sebagainya.

Untuk menekan modal, bukalah bisnis ini dengan sistem pre-order. Promosikan produk Anda melalui media sosial Instagram, X, hingga TikTok.

5. Jasa desain grafis dan ilustrasi

Anda memiliki hobi desain grafis dan membuat ilustrasi? Jika demikian, maka ini adalah peluang bisnis modal minim yang sangat menjanjikan.

Sebab, banyak orang yang mencari para freelancer desain grafis dan ilustrator untuk kebutuhan khusus, misalnya pembuatan logo, ilustrasi untuk kebutuhan event, dan sebagainya.

Biasanya bisnis jasa ini memiliki tarif per proyek yang berhasil diselesaikan. Dengan menekuninya, Anda mengerjakannya dari mana saja.

6. Jasa penulisan artikel

Masih termasuk dalam bidang jasa, Anda yang memiliki hobi menulis memiliki potensi untuk menjalankan bisnis jasa penulisan artikel.

Banyak klien membutuhkan artikel yang ramah SEO (SEO-friendly) untuk kebutuhan optimasi website.

Selain itu, dengan memiliki website sendiri, Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menawarkan guest post berbayar atau menjual backlink, yaitu tautan yang mengarah ke website atau halaman klien.

7. Bisnis franchise

Ide bisnis modal kecil untung besar yang ketujuh adalah franchise. Bisnis franchise bisa Anda pilih karena relatif minim risiko.

Pasalnya, bisnis franchise memungkinkan Anda menjual produk dengan memiliki izin untuk menggunakan merek atau produk yang sudah populer. Anda juga tidak perlu memulai merintis bisnis dari awal.

Dalam perkembangannya, ada banyak jenis bisnis franchise yang tersedia, mulai dari kuliner, pendidikan, jasa, hingga ritel. Anda pun bisa memulai bisnis ini dengan dana di bawah Rp10 juta, tergantung dari jenama yang dipilih.

Beberapa contoh bisnis franchise yang sukses di Indonesia adalah KFC, McD, Starbucks, J.CO, dan Ace Hardware.

Dalam memilih bisnis franchise, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

  1. Reputasi franchisor: pastikan franchisor memiliki reputasi yang baik dan memiliki pengalaman yang luas dalam menjalankan bisnis franchise.
  2. Biaya franchise: biaya franchise biasanya meliputi biaya awal, biaya royalti, dan biaya pemasaran. Pastikan Anda dapat memenuhi semua biaya tersebut. Pastikan untuk memilih bisnis franchise dengan modal yang paling sesuai dengan kemampuan Anda
  3. Peluang pertumbuhan bisnis: pastikan bisnis yang Anda pilih memiliki peluang pertumbuhan yang baik di masa depan (bukan hanya musiman).

Itulah tadi sejumlah ide bisnis modal kecil untung besar yang bisa dicoba. Setelah membaca artikel ini, apakah Anda sudah menemukan ide bisnis yang tepat?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN