23 Asuransi Umum Kurang Modal, AAUI Ajak Investor Korsel Masuk

Asosiasi asuransi Korsel sambangi RI bahas AI dan TPL.

23 Asuransi Umum Kurang Modal, AAUI Ajak Investor Korsel Masuk
Para pengunjung pameran SIAL InterFood 2023 di Paviliun Korea. (dok. Korsel)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • AAUI mengajak investor asing, terutama Korea Selatan, untuk berinvestasi di sektor perasuransian umum Indonesia.
  • OJK mencatat 23 asuransi umum mengalami kekurangan modal sesuai dengan POJK Nomor 23 Tahun 2023.
  • Ketua Umum AAUI, Budi Herawan, menyatakan investor bisa mencoba investasi dengan mengakuisisi saham dari asuransi umum nasional.

Bali, FORTUNE - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) mengajak investor asing khususnya Korea Selatan (Korsel) untuk bisa masuk berinvestasi ke sektor perasuransian umum dalam negeri. Apalagi, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa terdapat 23 asuransi umum yang mengalami kekurangan modal sesuai dengan POJK) Nomor 23 Tahun 2023.

Hal itu disampaikan Ketua Umum AAUI, Budi Herawan di sela-sela pagelaran 28th Indonesia Rendezvous di Nusa Dua, Bali (11/10). Ia menyatakan, para investor tersebut bisa mencoba untuk investasi dengan mengakuisisi saham dari asuransi umum nasional.

“Kita melihat selama ini Korea Selatan telah melakukan investasi di Indonesia cukup signifikan, dan pertumbuhannya cukup masif,” kata Budi.

Asosiasi asuransi Korsel sambangi RI bahas AI hingga asuransi wajib

Arsitektur di Bukchon Hanok, Korea Selatan. Shuttestock/T.Dallas

Dia menerangkan, Asosiasi Asuransi dari Korea Selatan telah berkunjung pada Indonesia Rendezvous dan berbagi pengalaman mengenai pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) hingga berbagi pengalaman mengenai implementasi asuransi wajib third party liability (TPL). 

“Saya gak malu bahwa one step a head dari kita, bagaimana mereka bisa mengimplementasikan AI dari proses klaim, underwriting, itu harus kita tiru dan belajar dari mereka,” kata Budi.

Seperti yang diketahui, melalui UU PPSK, pemerintah mendapat ruang untuk menerapkan asuransi wajib TPL kepada segmen masyarakat tertentu terkait asuransi kecelakaan bermotor. Ia menambahkan, ekosistem perasuransian luar negeri telah terintegrasi melalui digital dan pendekatan AI untuk meningkatkan penetrasi asuransi.

Total ada 45 asuransi jiwa, umum dan reasuransi yang kekurangan modal

ilustrasi asuransi (unsplash/vlad deep)

Seperti diketahui sebelumnya, hingga Agustus 2024 OJK mencatat masih ada total sekitar 45 perusahaan asuransi, reasuransi baik jiwa dan umum yang belum memenuhi ketentuan Permodalan.

Dari total 45 perusahaan, ada 23 perusahaan asuransi umum dan 15 perusahaan asuransi jiwa yang belum memenuhi ketentuan permodalan sebesar Rp 250 miliar. Sedangkan, terdapat 3 perusahaan asuransi jiwa syariah dan 2 perusahaan asuransi umum syariah yang belum mencapai ketentuan modal minimal sebesar Rp 100 miliar. Kemudian ada perusahaan reasuransi yang belum memenuhi ketentuan permodalan senilai Rp 500 miliar, serta ada 1 perusahaan reasuransi syariah yang belum memenuhi ketentuan modal minimal Rp 200 miliar.

Dalam POJK, regulator memberikan kesempatan kepada pelaku industri untuk memenuhi ketentuan ekuitas tersebut selambat-lambatnya hingga 2026.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Astra (ASII) Akuisisi Rumah Sakit Jantung Ini Senilai Rp643 Miliar
Satgas Perumahan Prabowo Usul Hapus PPN Perumahan dan BPHTB
Grup Emtek Borong Saham BUKA, Transaksi Rp1,18 T
Menkominfo Resmi Blokir Aplikasi Temu
Menkominfo Tegur 5 E-Wallet Fasilitator Judol, Ada GoPay hingga Dana
Tuduhan Sarang Pedofil Guncang Saham Roblox