Asuransi Umum 15 Negara Kumpul di Indonesia Rendezvous Bahas Tantangan

Ini tantangan yang dihadapi industri asuransi nasional.

Asuransi Umum 15 Negara Kumpul di Indonesia Rendezvous Bahas Tantangan
Asuransi dari 15 Negara Kumpul di Indonesia Rendezvous/Dok Fortune Suheriadi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bali, FORTUNE - Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) kembali menyelenggarakan Indonesia Rendezvous 2024 ke 28 di Kawasan Nusa Dua, Bali. AAUI membuka rangkaian acara ini dengan acara “Reconnecting Dinner”. 

Di tahun 2024 ini, antusias para peserta semakin banyak, tercatat peserta yang sudah melakukan registrasi berjumlah lebih dari 750 peserta. Tak hanya itu saja, partisipasi negara yang juga ikut serta dalam acara ini pun bertambah, dari 13 negara di tahun 2023 menjadi 15 negara di tahun 2024 ini. 

Negara-Negara tersebut meliputi Korea, India, Malaysia, Singapura, Filipina, Hongkong, Inggris, USA, Cina, Thailand, Perancis, Mauritius, Bahrain, Kanada & tentu saja Indonesia sebagai tuan rumah. 

Pada tahun ini, AAUI  mengusung  tema dan membahas "Securing Stability & Unravelling Risk Impacting the Insurance Landscape" atau menjamin stabilitas & mengurai risiko yang berdampak pada lanskap asuransi.

Ini tantangan yang dihadapi industri asuransi nasional

seminar  AAUI untuk terkait Third Party Liability di Jakarta, Kamis (16/5)/Dok FortuneIDN Suheriadi

Budi Herawan selaku Ketua AAUI menyampaikan dalam sambutannya menjelaskan, Indonesia Rendezvous ini selalu diselenggarakan AAUI sebagai wadah atau forum pertemuan para pelaku Industri Asuransi baik dari dalam negeri maupun overseas tentunya untuk dapat terhubung dan saling berbagi bisnis. 

"Kami harap, forum ini dapat dimanfaatkan dengan baik bagi para pelaku tentunya juga para pemangku kepentingan ini untuk menjalin bisnis yang sehat juga tumbuh berkelanjutan demi industri kita. Mari bersama-sama kita ciptakan persaingan bisnis yang sehat demi kemajuan industri asuransi Indonesia," kata Budi. 

Pada kesempatan sebelumnya, Budi sempat menjabarkan sejumlah tantangan yang masih dihadapi industri asuransi nasional yakni penerapan PSAK 117 dan kewajiban menaikkan ekuitas atau modal minimum pada 2026 mendatang. 

“Di tahun 2026 kita menghadapi 2 tantangan. Yang pertama adalah implementasi dari PSAK 117. Tantangan kedua adalah peningkatan modal. Kalau ini dua-duanya dijalankan tentunya akan hit ke perusahaan asuransi umum yang mungkin kategorinya di kelas menengah ke bawah,” jelas Budi. 

Untuk itulah diperlukan kekompakan dan solidaritas antar industri asuransi agar dapat melewati berbagai tantangan tersebut. 

AAUI senantiasa untuk terus menjaga kosistensi dan berupaya untuk terus membangun hubungan baik antara pelaku industri perasuransian serta para praktisi yang tentunya juga memiliki kepentingan untuk melakukan diskusi, melakukan negoisasi, ataupun bekerjasama pada penyelenggaraan acara Indonesia Rendezvous yang di gelar setiap tahun ini. 

Hal ini tentunya sejalan dengan fungsi dari AAUI dalam rangka mendukung kapasitas bisnis bagi pelaku industri asuransi di Indonesia agar tetap tumbuh berkelanjutan serta menjadi pendorong ekonomi negara.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Isu Akuisisi Bukalapak oleh Temu: Respons BUKA dan Analisis
Manajemen Bukalapak Bantah Ada Informasi Akan Diakuisisi Temu
Jokowi Ungkap Alasan Investasi IKN Belum Capai Target Rp100 Triliun
Cara Mudah Mengurus Saldo Tiba-Tiba Hilang di ATM