⁠Pembangunan IKN Tingkatkan Penyerapan Produksi Baja Nasional

Gapensi imbau Pemerintah berdayakan kontraktor lokal.

⁠Pembangunan IKN Tingkatkan Penyerapan Produksi Baja Nasional
Desain istana negara di IKN Nusantara. (Instagram @nyoman_nuarta)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Data The Indonesian Iron & Steel Industry Association (IISIA) pada tahun 2023 mencatat, pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang berlangsung di Indonesia mampu meningkatkan penyerapan produksi Baja dan dalam proses pembangunannya. Bahkan, IISA memperkirakan sampai tahap terakhir di tahun 2035 membutuhkan sekitar 9,5 juta ton baja.

Data IISIA juga merincikan asumsi kebutuhan baja per tahunnya, mulai dari tahap awal yang membutuhkan sekitar 500 hingga 700 ribu ton baja dan meningkat pada tahap pembangunan selanjutnya di atas satu juta ton.

Demi mendukung realisasi permintaan baja dalam pembangunan IKN tersebut, IISIA bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam proses pembangunan IKN tersebut. 

Gapensi imbau Pemerintah berdayakan kontraktor lokal

Groundbreaking Hotel Nusantara di IKN, Kamis (21/9). (Tangkapan layar)

Selain itu, IISIA juga mendorong pemerintah agar terus menggunakan baja yang diproduksi dalam negeri untuk mendukung pembangunan IKN, sehingga mampu memenuhi permintaan baja dalam negeri.

Di sisi lain, Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) juga mengimbau pemerintah untuk melibatkan dan memberdayakan pengusaha kecil serta Kontraktor lokal dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Mantan Badan Pimpinan Pusat (BPP) Gapensi periode 2019-2024 Iskandar Z Hartawi mengimbau pemerintah agar memberdayakan pengusaha-pengusaha kecil di IKN tersebut saat berbicara pada Musyawarah Nasional (Munas) XV yang diselenggarakan di Jakarta. 

Sementara itu, Presiden Direktur PT NS BlueScope Indonesia Lucky Lee berharap semua konstruksi infrastruktur di IKN dibangun dengan menggunakan baja nasional berkualitas. “Semakin masif pembangunan IKN, semakin tinggi juga kebutuhan produk baja dan penunjangnya. BlueScope siap menjadi pemasok baja berkualitas untuk memenuhi kebutuhan baja proyek-proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur,” kata Lucky.

Seperti diketahui, investor lokal dan asing saat ini berlomba-lomba untuk bergabung dalam proyek Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Sebagian besar investor berminat pada lahan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN yang menyediakan seperempat dari 6.000 hektar untuk pembangunan.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional