5 Bisnis Cuan Saat Resesi 2023 yang Patut Dicoba!

Cocok saat resesi!

5 Bisnis Cuan Saat Resesi 2023 yang Patut Dicoba!
ilustrasi keuntungan bisnis (unsplash.com/Omid Armin)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Resesi global 2023 harus dihadapi dengan segala persiapan, khususnya di bidang finansial. Seiring dengan kenaikan suku bunga yang dilakukan sebagian besar bank sentral di dunia, hal tersebut bisa memperburuk perekonomian yang akan datang.

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan apapun. Ada baiknya Anda mempersiapkan keuangan Anda dari sekarang dengan memilih bisnis yang tepat.

Walau Indonesia dinyatakan aman dari resesi global 2023, tidak ada salahnya untuk tetap bersiap. Berikut ini terdapat lima bisnis cuan saat resesi 2023 yang bisa Anda coba. Simak pembahasannya di bawah ini.

Apa itu resesi?

ilustrasi resesi global (unsplash.com/Ibrahim Rifath)

Sebelum Anda mengetahui bisnis cuan saat resesi 2023, ketahui pengertian resesi terlebih dahulu.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), resesi adalah suatu kondisi perekonomian di suatu negara mengalami penurunan,mulai dari meningkatnya jumlah pengangguran, produk domestik (PDB) yang negatif, serta penurunan ekonomi riil dalam dua kuartal berturut0turut.

Resesi akan berdampak pada bisnis yang semakin lesu. Hal ini karena harga akan cenderung naik, tetapi daya beli masyarakat menurun.

Lantas, apa yang harus dilakukan? Tentunya Anda harus mempersiapkan dari sekarang. Mulailah untuk mempersiapkan tabungan, dana darurat, serta mencari bisnis yang tepat untuk menghadapi resesi 2023.

Ide bisnis cuan saat resesi 2023

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Berikut ini terdapat 5 bisnis cuan saat resesi 2023 yang bisa Anda coba untuk menambah pundi-pundi rupiah, di antaranya:

1. Thrifting

Bisnis cuan saat resesi 2023 adalah membuka usaha thrifting. Anda bisa memilih untuk menjual pakaian, rok, topi, ataupun sepatu bekas. Tentunya barang tersebut masih bagus dan layak untuk dikenakan.

Anda bisa memilih untuk menjual pakaian bekas bermerek dan menjualnya kembali di bawah harga asli. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan mencari mencari distributor yang terpercaya.

2. Bisnis makanan dan minuman

Bisnis menjanjikan lainnya yang bisa Anda coba untuk menghadapi resesi adalah bisnis makanan dan minuman. Seperti yang diketahui, makanan dan minuman menjadi salah satu hal yang pasti dibutuhkan oleh seluruh manusia.

Dikarenakan bisnis ini bersifat umum, maka Anda akan banyak menghadapi kompetitor. Oleh sebab itu, Anda harus memiliki ciri khas atau hal yang membuat produk Anda berbeda dari lainnya.

Pertimbangkan segala hal dalam produk Anda, mulai dari rasa, packaging, hingga visual. Selain itu, pastikan harganya sesuai dengan target pasar Anda.

3. Kursus online

Perkembangan teknologi telah membuat hampir semua kegiatan bisa dilaksanakan secara online, termasuk kursus. 

Bagi Anda yang memiliki ilmu pengetahuan atau skill tertentu, bisa mencoba untuk membuka kelas online. Mulai dari kelas kursus memasak, kursus matematika, dan lain-lain. Tertarik untuk mencobanya?

4. Bisnis penitipan anak

Bisnis cuan saat resesi 2023 lainnya adalah bisnis penitipan anak atau daycare. Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai anak-anak. Dalam hal ini, Anda harus memiliki tempat atau ruangan untuk dijadikan daycare.

Selain ruangan, Anda juga harus menyiapkan perlengkapan kebutuhan anak, seperti mainan, buku, hingga obat-obatan darurat.

5. Freelance

Freelance bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin memanfaatkan waktu luang untuk  mendapatkan penghasilan tambahan. Anda hanya membutuhkan laptop, koneksi internet, dan keahlian tertentu.

Ada berbagai pekerjaan yang terbuka untuk freelancer, seperti penulis artikel, desain grafis, translator, dan lainnya.

Itulah tadi lima bisnis cuan saat resesi 2023 yang bisa Anda praktikkan. Selamat mencoba!

Related Topics

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi