5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Karyawan

Bisa dicoba sekarang!

5 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan untuk Karyawan
ilustrasi cara mendapatkan penghasilan tambahan (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa dilakukan karyawan. Pekerjaan sampingan ini bisa Anda lakukan di luar waktu pekerjaan utama.

Meski memiliki pekerjaan utama, seringkali pekerja kantoran mencoba mencari penghasilan tambahan untuk mencukupi kebutuhannya.

Hal ini dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan waktu di samping kesibukan pekerjaan utama. Terlebih lagi di zaman sekarang ini, banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan secara online atau dari mana saja.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan? Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba!

1. Menjadi reseller maupun dropshipper

ilustrasi reseller (unsplash.com/Clay Banks)

Cara mendapatkan penghasilan tambahan adalah menjadi reseller maupun dropshipper. Dalam hal ini, Anda hanya perlu menjual kembali produk dari pihak pertama.

Jika Anda memiliki modal berlebih, Anda bisa menjadi reseller dengan cara menyetok dan membeli produk dengan jumlah tertentu. Namun, bila Anda tidak ingin menyimpan stok barang, menjadi dropshipper adalah opsi terbaik.

2. Menjadi content creator

ilustrasi content creator (unsplash.com/aqviews)

Bagi Anda yang tertarik untuk tampil dan mengembangkan media sosial, tidak ada salahnya mencoba peruntungan menjadi content creator. 

Anda bisa memilih untuk menyajikan konten yang sesuai dengan Anda, baik itu konten edukasi, hiburan, hingga vlogging. Dalam hal ini, yang dibutuhkan adalah kreativitas dan konsistensi dalam pembuatan konten.

Jika telah memiliki banyak pengikut di media sosial, nantinya Anda berkesempatan bekerja sama dengan sejumlah brand untuk melakukan promosi barang atau endorsement.

3. Investasi

ilustrasi investasi (unsplash.com/Austin Distel)

Cara mendapatkan penghasilan tambahan lainnya yang patut dicoba adalah berinvestasi. Saat ini ada banyak jenis instrumen yang bisa Anda coba, mulai dari reksadana, Surat Berharga Negara (SBN), dan emas.

Pilihlah jenis investasi yang cocok dengan Anda. Selain itu, pahami risiko dan imbal hasil yang akan Anda peroleh.

4. Menjadi freelancer

ilustrasi freelance writer (pexels.com/Vlada Karpovich)

Salah satu pekerjaan sampingan yang banyak ditekuni saat ini adalah freelancer. Ada banyak pekerjaan freelance yang dibutuhkan, mulai dari penerjemah, desain grafis, video editor, dan lain sebagainya.

Anda bisa mulai mencari informasi di sejumlah situs penyedia informasi freelance. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, Anda juga berkesempatan berkolaborasi dengan klien tenaga profesional lainnya.

5. Menulis blog

ilustrasi blog (unsplash.com/Kenny Eliason)

Cara mendapatkan penghasilan tambahan untuk karyawan selanjutnya adalah dengan menulis blog. Pekerjaan yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang tertarik dalam dunia menulis.

Ada berbagai macam topik yang bisa Anda tekuni, mulai dari kuliner, fashion, gaya hidup, teknologi, hingga berbagai topik menarik lainnya.

Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari iklan yang muncul di laman blog Anda. Selain itu, Anda juga bisa membuka jasa promosi produk atau jasa yang ingin diulas di blog yang dikelola.

Itulah tadi sejumlah cara mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Anda lakukan. Apakah Anda tertarik ingin mencobanya? Semoga beruntung.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi