Email Blast: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Lebih hemat waktu dan biaya!

Email Blast: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
ilustrasi email blast (unsplash.com/Yogas Design)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Penting untuk mempelajari apa itu email blast, terutama bagi Anda yang bekerja di bidang digital marketing atau memiliki bisnis sendiri.

Email blast merupakan salah satu strategi marketing dengan cara memperkenalkan konten mengenai produk atau layanan melalui email. Dengan begitu, Anda bisa mempromosikan produk lebih luas lagi. 

Selain memperkenalkan produk, email blast juga dapat digunakan untuk hal lainnya, seperti informasi diskon, penawaran menarik, hingga event atau kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. 

Dengan email blast, Anda bisa mengirimkan email secara massal tanpa perlu mengetik alamat email calon pelanggan secara manual. Anda hanya perlu memasukkan data alamat email ke dalam sistem.

Lantas, bagaimana cara membuat email blast? Untuk lebih jelasnya, simak artikel berikut ini!

Apa itu email blast?

ilustrasi email blast (unsplash.com/Solen Feyissa)

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, email blast atau siaran email merupakan strategi digital marketing dengan cara mengirim satu email ke sekelompok alamat email pelanggan.

Melalui email blast, Anda bisa mengirimkan ratusan hingga ribuan pesan dalam waktu sekaligus. Dengan begitu, Anda lebih hemat waktu dan biaya.

Cara ini dinilai lebih efektif dan efisien dibanding Anda harus memperkenalkannya secara door to door. Anda bisa mempromosikan produk secara online dan melakukan kegiatan lainnya.

Manfaat email blast

ilustrasi Gmail (unsplash.com/Justin Morgan)

Untuk lebih memahaminya, berikut beberapa manfaat email blast yang perlu Anda ketahui, antara lain:

  • Menjangkau banyak orang dalam waktu sekaligus

Manfaat email blast adalah Anda bisa menjangkau banyak orang dalam waktu sekaligus. Anda hanya perlu mendata alamat email calon konsumen. Data ini juga memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan konsumen. 

  • Hemat biaya

Keuntungan lainnya dalam menggunakan email blast, yakni lebih hemat biaya dibandingkan marketing menggunakan cara konvensional. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak banner, menyewa reklame, dan biaya lainnya.

  • Pesan lebih tepat sasaran

Manfaat email blast adalah pesan yang dikirimkan lebih tepat sasaran. Anda hanya perlu mengirimkan email kepada pelanggan yang sudah tertarik dengan produk Anda.

Cara membuat email blast yang efektif

ilustrasi gmail (unsplash.com/Solen Feyissa)

Di bawah ini beberapa cara membuat email blast yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan, antara lain:

  • Menyiapkan data

Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah menyiapkan daftar alamat email. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan bantuan Google Form untuk mengumpulkan data. 

Anda juga bisa menentukan target audiens seperti apa yang diinginkan, seperti gender, demografi, penghasilan, dan lain-lain.

  • Menetapkan tujuan

Langkah selanjutnya adalah menetapkan tujuan yang ingin dicapai. Apakah Anda hanya ingin mempromosikan produk saja atau mempersuasi pelanggan untuk membeli.

  • Membuat konten email yang menarik

Hal yang tak kalah pentingnya adalah membuat konten email yang menarik, mulai dari bagian subjek, body, gambar, hingga menempatkan CTA.

Pastikan di bagian subjek Anda membuatnya terlihat menarik, sehingga akan dibaca oleh penerima pesan. Buatlah subjek yang jelas, tidak menggunakan kata-kata yang membingungkan, dan pendek (50 karakter).

Itulah tadi artikel mengenai apa itu email blast. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk memasarkan produk lebih luas lagi.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi