Omnichannel Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya

Banyak digunakan pemilik bisnis online.

Omnichannel Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Jenisnya
ilustrasi omnichannel (unsplash.com/Alvaro Reyes)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Omnichannel marketing adalah salah satu strategi bisnis untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dengan menggunakan berbagai saluran atau channel. Hal ini tentu akan berdampak pada tingkat kepuasan pelanggan pula.

Untuk lebih jelasnya, berikut artikel lebih lanjut mengenai pengertian omnichannel marketing, manfaat, serta cara pengaplikasiannya. Mari simak bersama!

Apa itu omnichannel?

ilustrasi omnichannel (unsplash.com/Piotr Cichosz)

Omni channel atau omnichannel marketing adalah strategi yang digunakan untuk memberikan pengalaman berkualitas kepada pelanggan dengan memanfaatkan berbagai saluran media komunikasi dalam satu halaman .

Omnichannel berasal dari dua kata, yakni omni yang berarti semua atau universal dan channel adalah saluran.

Jadi, omnichannel adalah strategi dengan menghubungkan semua channel, sehingga pelanggan dapat menemukan dan terhubung dengan bisnis Anda.

Strategi ini merupakan lanjutan dari multichannel, tetapi lebih luas dan meningkatkan pengalaman pelanggan lebih baik dalam satu waktu. Semua saluran komunikasi dirancang saling bekerja sama.

Anda cukup satu kali upload foto produk di omnichannel, maka akan ter-post di seluruh media yang dihubungkan. 

Perbedaan omnichannel dengan multichannel

ilustrasi media sosial (unsplash.com/Jeremy Bezanger)

Meski sama-sama menggunakan banyak saluran media, ada perbedaan antara omnichannel dan multichannel yang perlu diketahui.

Setiap saluran multichannel berjalan sendiri. Misalnya, multichannel mengkampanyekan melalui media iklan cetak, televisi, dan radio. Jadi, dipasarkan lebih dari satu media

Sedangkan omnichannel saling terintegrasi dan bukanlah media. Semua saling terhubung dalam satu sistem, mulai dari panggilan telepon, WhatsApp, Instagram, dan lain sebagainya. Setiap media saling mendukung satu dengan lainnya.

Misalnya, pemilik online shop menggunakan Instagram untuk menjual produknya. Seorang pelanggan melihat produk di akun tersebut dan tertarik untuk membelinya. Akan tetapi, dalam postingan hanya sedikit informasi mengenai produk yang ingin dibeli.

Melalui aplikasi omnichannel, pelanggan bisa langsung membuka situs web untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Manfaat omnichannel

ilustrasi belanja ecommerce (pexels.com/Karolina Grabowska)

Omnichannel sangat efektif karena Anda bisa mengelola sejumlah media hanya melalui satu dashboard saja. Selain itu, saluran ini juga memberi peluang kepada pelanggan untuk saling terhubung ke media lainnya.

Di bawah ini terdapat sejumlah manfaat omnichannel untuk bisnis Anda, antara lain:

Dapat bekerja secara efisien

Melalui aplikasi omnichannel, Anda bisa mengelola bisnis Anda lebih efisien. Anda tidak perlu lagi harus mengunggah postingan secara manual. Cukup melalui satu aplikasi saja, foto sudah muncul pada seluruh channel. Dengan begitu, Anda bisa mengerjakan pekerjaan lainnya.

Meningkatan kepuasan pelanggan

Tujuan omnichannel adalah meningkatkan kepuasan pelanggan. Jika mereka puas dengan pelayanan dari perusahaan Anda, maka pelanggan akan merekomendasikan kepada rekan-rekannya.

Meningkatkan interaksi dan jangkauan pelanggan

Melalui aplikasi omnichannel, Anda dapat berinteraksi dengan pelanggan secara intens. Disebabkan dapat seluruh pesan masuk di beberapa channel masuk ke dalam satu halaman. Hal ini tentu akan memudahkan staf Anda untuk membalas pesan dari pelanggan lebih cepat.

Dengan begitu, semakin mudah bisnis Anda untuk menjangkau pelanggan dari beragam media dalam satu waktu.

Jenis-jenis omnichannel

ilustrasi omnichannel (unsplash.com/kellysikkema)

Ada berbagai jenis omnichannel yang bisa Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, di antaranya:

Omnichannel media sosial

Jenis omnichannel ini memberikan pelayanan ke pelanggan di sejumlah media sosial yang saling terhubung, mulai dari Facebook, Instagram, Telegram, hingga Line. Selain itu, aplikasi ini juga membantu Anda untuk menyimpan percakapan.

Omnichannel call center

Omnichannel call center merupakan pusat layanan telepon kepada pelanggan. Melalui metode ini, Anda bisa merekam tiap percakapan antara staf dan pelanggan. Setelahnya, Anda bisa melakukan evaluasi dari rekaman tersebut untuk memberikan layanan kepada pelanggan dengan lebih baik lagi. Namun ingat untuk mendapatkan consent dari pelanggan sebelum merekam demi menjaga kepercayaannya.

Omnichannel e-commerce

Beberapa pemilik bisnis memiliki beberapa toko yang tersebar di sejumlah e-commerce, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan lainnya.

Omnichannel e-commerce bisa menjadi solusi bagi Anda untuk mengelola sejumlah toko tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mudah mendapatkan pelanggan dan mengakses informasi produk yang dibutuhkan. 

Itulah tadi artikel mengenai omnichannel yang bisa menjadi solusi untuk pelaku bisnis. Jadi, omnichannel marketing adalah strategi pemasaran dengan menggunakan beragam media yang saling terintegrasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi