8 Tips Memulai Bisnis Snack, Keuntungan Berlimpah!

Bisnis yang menguntungkan.

8 Tips Memulai Bisnis Snack, Keuntungan Berlimpah!
ilustrasi bisnis snack (unsplash.com/Nico Smit)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tips memulai bisnis snack atau jajanan ringan di artikel kali ini bisa membantu Anda yang ingin berjualan. Banyak yang menganggap remeh bisnis ini. Padahal, bisnis camilan satu ini sangat menggiurkan.

Snack merupakan jenis makanan ringan yang disukai seluruh golongan umur, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Kemasannya yang kecil, ringan, dan mudah dibawa ke mana-mana.

Banyak orang yang menjadikan camilan untuk menemani segala aktivitasnya, seperti belajar atau bekerja. Selain itu, snack juga bisa dijadikan pengganjal perut di sela waktu makan.

Jika Anda tertarik dengan ide bisnis yang satu ini, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti agar menghasilkan keuntungan berlimpah.

1. Menyiapkan modal

Tips memulai bisnis snack yang pertama adalah menyiapkan modal untuk membeli produk. Modal menjadi pondasi awal untuk membangun setiap bisnis, begitupun bisnis snack.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhitungkan dalam modal tersebut, mulai dari modal membeli snack, sewa tempat, pengemasan, hingga biaya operasional lainnya.

2. Membuat perencanaan bisnis

Hal yang tak kalah penting lainnya, yaitu membuat perencanaan bisnis yang matang. Beberapa hal perlu Anda rencanakan dengan baik, mulai dari perencanaan keuangan, memilih pemasok, dan lainnya.

Anda juga harus membuat rencana cadangan jika terjadi suatu hal yang buruk. Dengan begitu, Anda tidak akan kerepotan nantinya.

3. Memilih lokasi yang strategis

Jika Anda ingin berjualan secara offline, pilihlah lokasi yang strategis dan ramai, seperti pinggir jalan raya, dekat dengan pemukiman, atau dekat dengan pasar.

Selain itu, sesuaikan juga lokasi dengan target pasar Anda. Apakah dikhususkan untuk umum, anak-anak, pekerja, dan lain-lain.

4. Perbanyak varian snack yang dijual

Perbanyaklah varian snack yang dijual di toko Anda. Konsumen tentu akan senang dengan toko yang memiliki jenis snack yang lebih lengkap.

Dengan begitu, bisnis Anda bisa bersaing dengan kompetitor dan konsumen akan tertarik untuk mendatangi toko Anda ketimbang lainnya.

5. Menentukan tema toko

Tips memulai bisnis snack selanjutnya adalah menentukan tema toko Anda. Buatlah desain yang menonjol, sehingga lebih cepat dikenal dan membuat orang penasaran untuk datang.

6. Memilih distributor snack terbaik

Memilih distributor menjadi kunci keberhasilan menjalankan bisnis snack. Pilihlah pemasok yang memiliki kualitas snack terbaik.

Pertimbangkan pula mengenai rasa, bentuk, serta harganya. Anda dapat mencoba beberapa snack dari tiap distributor. Hal ini memudahkan Anda untuk menemukan supplier snack terbaik.

7. Membuat desain snack semenarik mungkin

Jika Anda menjual snack kiloan, buatlah desain bungkus snack semenarik mungkin. Anda juga bisa membuat nama atau merek Anda sendiri.

Dengan memiliki merek sendiri, ini akan memberikan dampak positif juga bagi bisnis Anda. Pembeli akan menilai bahwa Anda bersungguh-sungguh.

8. Memberikan pelayanan terbaik

Tips memulai bisnis snack selanjutnya yaitu memberikan pelayanan terbaik. Ketika pelayanan yang diberikan bagus, pembeli akan ketagihan untuk datang lagi ke tempat Anda.

Itulah tadi sejumlah tips memulai bisnis snack yang bisa Anda lakukan. Apakah Anda tertarik untuk memulainya?

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi