10 Ide Bisnis Startup Terbaik dan Terbaru 2023

Ide bisnis startup unik yang perlu dicoba!

10 Ide Bisnis Startup Terbaik dan Terbaru 2023
ilustrasi sebuah ide (Unsplash.com/Mika Baumeister)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Apakah Anda sedang bingung mencari ide bisnis startup? Artikel di bawah ini akan membantu Anda untuk mendapatkan inspirasi tersebut.

Membangun startup adalah salah satu cara untuk membuat bisnis sendiri. Selain bisa menjadi bos bagi diri sendiri, memiliki bisnis sendiri juga memberikan kepuasan kerja  lebih besar serta potensi penghasilan yang lebih tinggi.

Berikut 10 ide bisnis startup yang  yang akan mengantarkan Anda pada kesuksesan. Gunakan daftar berikut untuk inspirasi!

1. Menjual produk berkali-kali pakai

ilustrasi zero waste products (Unsplash.com/Sasha Pestano)

Sell zero-waste products atau produk berkali-kali pakai adalah ide bisnis startup yang perlu dicoba.

Bisnis ini mengusung konsep untuk mengajak konsumen menggunakan produk ramah lingkungan dengan bijaksana demi mengurangi dampak buruk dari menumpuknya sampah.

Konsep zero-waste products bertujuan untuk meminimalisir limbah sampah. Bahkan, beberapa toko atau tempat belanja telah mengadopsi konsep ini.

Salah satu contoh sederhananya adalah dengan tidak memberikan kantong plastik atau menggantikannya dengan totebag kertas.

Beberapa contoh ide bisnis startup sell zero-waste products di antaranya:

  1. Toko thrift atau baju bekas secara online maupun offline.
  2. Eco-friendly catering juga bisa Anda coba bagi yang memang memiliki ketrampilan memasak yang mumpuni dan menggunkan konsep ramah lingkungan dan memasak makanan yang sehat.
  3. Eco-friendly packaging menggunakan kemasan ramah lingkungan yang Anda buat sendiri.

2. Produk untuk hewan peliharaan

ilustrasi petshop (Unsplash.com/Komarov Egor 🇺🇦)

Bagi Anda yang menyukai hewan peliharaan bisa memanfaatkan peluang untuk membuka bisnis startup sendiri.

Penelusuran toko hewan peliharaan di Google memang cukup banyak dicari. Mereka mencari produk untuk keperluan hewan, seperti makanan, minuman, vitamain, tempat penitipan, dan berbagai keperluan lainnya.

Anda bisa memilih salah satu dari beberapa ide bisnis startup produk untuk hewan peliharaan berikut ini:

  • Menjual makanan hewan
  • Penitipan hewan peliharaan
  • Perawatan hewan peliharaan
  • Pakaian hewan peliharaan
  • Pelatihan anjing.

3. Pakaian custom

ilustrasi custome clothing (Unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Ide bisnis startup pakaian custom cukup menjanjikan.Tidak harus membuka toko retail, tetapi bisa dijual secara online melalui sejumlah platform dan e-commerce. Anda bisa meluncurkan merek fashion buatan sendiri.

Salah satu keunggulan dari bisnis ini adalah fleksibel dan nyaman karena dapat menjual produk dari mana saja. Bahkan, pelanggan juga tidak perlu repot datang ke toko.

Beberapa ide produk pakaian custom yang bisa Anda coba adalah:

  • Kaos custom
  • Hoodie custom
  • Pakaian olahraga custom
  • Jaket custom.

4. Coworking space

ilustrasi coworking space (Unsplash.com/Shridhar Gupta)

Coworking space adalah sebuah tempat yang digunakan secara bersamaan dari latar belakang profesi yang berbeda. Istilah coworking space sendiri berasal dari kata co-working artinya berkolaborasi atau kerjasama. Konsep yang diusung juga transparency dan open space.

Seperti yang diketahui, hampir semua startup pernah bekerjasama untuk menggunakan tempat ini. Alasannya karena startup tersebut membutuhkan tempat atau lokasi untuk mulai berbisnis.

Hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang bagus. Jika Anda memiliki sebuah lahan yang luas, tidak ada salahnya untuk memanfaatkanya sebagai tempat usaha coworking space ini.

5. Podcast

ilustrasi podcast (Unsplash.com/Will Francis)

Ide bisnis startup selanjutnya adalah bisnis podcast. Anda akan menyediakan hiburan berbentuk file audio di platform online. Untuk mendapatkan keuntungan, para pendengar harus berlangganan.

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus menentukan beberapa hal, mulai dari target audiens, jenis podcast, rencana konten, menyiapkan alat, hingga mulai merekam.

Apakah bisnis startup ini menghasilkan cuan? Podcast bisa mendapatkan cuan dengan cara memonetisasinya, atau mengkomersilkannya dengan menyisipkan iklan dalam siaran tersebut.

Berikut ini beberapa ide podcast yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda:

  • Podcast inspiratif seperti yang dilakukan oleh William Channer
  • Podcast monolog
  • Theater podcast.

6. Membuat smart appliance

ilustrasi smart appliance (unsplash.com/BENCE BOROS)

Smart appliance adalah salah satu komponen yang ada didalam smart grid. Penerapan smart appliance berguna untuk mengurangi konsumsi energi, mengurangi emisi karbon, dan menyediakan energi baru.

Aksesori pintar dan peralatan rumah tangga adalah hal yang populer dan menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi konsumen rata-rata. Sebagai inspirasi, catat tugas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja yang akan lebih mudah dikerjakan dengan bantuan alat pintar.

Sudah banyak bermunculan alat-alat pintar yang akan membantu dalam kehidupan sehari-hari yang juga akan menghemat energi. Anda bisa mencoba membuka bisnis smart appliance ini.

7. Bisnis Crossfit

ilustrasi reinvent exercising (unsplash.com/ Scott Webb)

Orang terkadang bosan dengan kegiatan yang itu-itu saja. Sama halnya dengan olahraga, jika setiap hari melakukan olahraga yang sama, orang juga akan bosan.

Crossfit merupakan salah satu olahrga dengan memofkuskan pada pada gerakan fungsional yang dilakukan secara intens dan konstan. Mulai dari kegiatan mendayung, senam, angkat beban, dan lainnya.

Olahraga ini tengah ramai dilakukan di luar negeri. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan ini untuk dijadikan ladang bisnis.

Anda bisa membuat tempat olahraga yang berfokus pada gerakan ini. Hal yang harus Anda persiapkan, mulai dari ruangan, alat, hingga pelatih.

8. Produk perawatan organik

ilustrasi sabun organik (unsplash.com/Aurélia Dubois)

Produk perawatan orgnaik adalah produk untuk kulit dengan bahan berasal dari alam dan bersifat organik. Saat ini, produk organik memang ramai peminatnya karena lebih sehat untuk kulit. Contohnya, seperti sabun, shampo, dan conditioner.

9. Food Truck

ilustrasi food truck (unsplash.com/Joana Godinho)

Food truck atau restaurant pop-up membutuhkan modal yang relatif sedikit. Anda bisa menggunakan truk tua dan peralatan bekas untuk memulai bisnis ini. Selain itu, Anda mampu bersaing dengan makanan restoran lainya karena Anda dapat berkeliling mencari konsumen.

Konsep bisnis ini juga menawarkan biaya operasional yang lebih rendah. Anda tidak perlu membayar juru masak, kasir, server, manajer dapur, petugas kebersihan, hingga membayar pajak properti.

Saat ini, bisnis food truck cukup populer dan banyak ditemukan di berbagai tempat, termasuk di depan pusat perbelanjaan atau tempat anak muda nongkrong.

10. Bisnis desain interior

ilustrasi interior design (unsplash.com/Spacejoy)

Jika Anda memiliki keterampilan desain interior, Anda dapat memanfaatkan kemampuan tersebut untuk dijadikan ladang bisnis. Mulailah menjajakannya melalui media sosial atau door to door.

Saat ini, bisnis ini cukup populer. Anda bisa memberikan layanan dengan desain yang unik atau menjadi konsultan interior dengan tarif per jam.

Setelah membaca 10 inspirasi bisnis startup di atas, apakah Anda sudah memutuskan ingin membangun bisnis yang mana?

Related Topics

KaiKai Now

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi