Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Konsultan Pajak

Konsultan pajak membantu untuk jadi wajib pajak yang baik.

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memilih Konsultan Pajak
ilustrasi pajak (unsplash.com/Kelly Sikkema)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Membayar pajak adalah kewajiban sebagai warga negara, termasuk pelaku usaha. Untuk mempermudah proses pengurusan pajak, tak jarang pelaku usaha menggunakan jasa konsultan pajak.

Menurut kutipan dari laman resmi online-pajak.com, konsultan pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan undang-undang perpajakan.

Konsultan pajak akan memberikan layanan kepada kliennya dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pajak, sehingga klien tersebut bisa membayarkan kewajiban pajaknya kepada negara serapih mungkin. Bantuan kepada klien ini mencakup,  penghitungan pajak, perencanaan, pembuatan laporan, hingga pendampingan dan bantuan menyelesaikan masalah perpajakan.

Namun, tak mudah untuk memilih konsultan pajak yang cocok dengan Anda. Berikut ini, Fortune Indonesia akan menguraikan beberapa cara memilih konsultan pajak, dengan mengutip dari houseoftax.co.id.

Pilih konsultan pajak yang berpengalaman

ilustrasi lapor SPT Tahunan (freepik.com/rawpixel)

Cara ini sebenarnya tak hanya dilakukan dalam memilih konsultan pajak, namun bisa diterapkan saat kita memilih berbagai profesi di bidang jasa. Dengan memilih konsultan pajak yang berpengalaman, diharapkan dapat memberikan saran dan solusi yang tepat untuk masalah perpajakan Anda.

Periksa kredensial konsultan pajak

ilustrasi menghitung pajak (freepik.com/Drazen Zigic)

Kredensial ini dapat berupa sertifikasi atau lisensi yang diberikan oleh badan-badan tertentu. Kredensial menunjukkan bahwa konsultan pajak tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan.

Hal ini menentukan kredibilitas dan kualitas konsultan pajak yang Anda pilih. Oleh karena itu, pastikan konsultan pajak yang Anda pilih memiliki kredensial yang tepat.

Periksa reputasi konsultan pajak

ilustrasi pajak bea cukai (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Selain kredensial, reputasi pun jeadi hal penting yang bisa jadi bahan pertimbangan dalam memilih konsultan pajak yang tepat. Anda dapat memeriksa reputasi konsultan pajak dengan membaca ulasan dan testimoni dari klien sebelumnya.

Konsultan pajak yang memiliki reputasi yang baik tentu dapat memberikan layanan yang berkualitas dan membantu Anda memenuhi kewajiban perpajakan Anda dengan mudah, aman, dan nyaman.

Periksa biaya layanan konsultasi pajak

ilustrasi sanksi administratif pajak (unsplash.com/Scott Graham)

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan adalah biaya layanan yang ditawarkan oleh konsultan pajak yang Anda pilih. Pertimbangkan dahulu, biaya yang wajar dan sesuai dengan anggaran yang Anda siapkan.

Jangan terjebak dengan konsultan pajak yang menawarkan biaya layanan yang terlalu murah atau terlalu mahal. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa konsultan pajak yang dipilih menawarkan biaya layanan sesuai dengan kualitas layanan yang diberikan.

Periksa layanan yang ditawarkan

Shutterstock/Panchenko Vladimir

Ibarat sebuah produk, pastikan Anda memilih konsultan pajak yang menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa konsultan pajak menawarkan layanan yang lebih luas, sementara yang lain lebih fokus pada layanan tertentu. Hal ini akan mempengaruhi besaran biaya jasa yang ditawarkan. Pastikan Anda memilih konsultan pajak yang menawarkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan.

Konsultan pajak dapat membantu Anda dalam mengurus segala hal yang terkait perpajakan, terutama bila Anda tak memiliki waktu untuk mengurusnya sendiri. Oleh karena itu, Anda perlu melihat sejumlah pertimbangan untuk memilih konsultan pajak yang tepat, sehingga yang diberikan adalah solusi, bukan menambah beban masalah baru.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi