BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital dengan Teknologi AI

Atmosfer 'manusia' masih dibutuhkan.

BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital dengan Teknologi AI
Ilustrasi perangkat AI. Shutterstock/Aumpattarawut
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk tidak ketinggalan untuk berinovasi mengembangkan Teknologi AI (Artificial Intelligence) dalam berbagai lini bisnis dan produknya.

Direktur Digital dan IT BRI sekaligus Project Management Office AI Center of Excellence, Arga M. Nugraha, menyatakan bahwa dengan keahlian bank tersebut dalam bidang microfinance, "Kami melihat bahwa kami harus melayani masyarakat di segmen yang lebih bawah,” katanya dalam siaran pers yang dikutip Senin (10/6).

Menurutnya, pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan pada bank itu ditujukan untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan nasabah yang lebih personal serta inklusif, tanpa melupakan pentingnya manusia yang berada di balik operasionalisasinya. Dengan begitu, bank "mampu memberikan rasa aman, nyaman, dan yang terpenting membangun trust (pada nasabah),” ujarnya.

Humanisasi teknologi AI

Direktur Digital dan IT BRI, Arga M. Nugraha. (dok. BRI)

Salah satu bentuk humanisasi yang dilakukan BRI pada pengembangan teknologi kecerdasan buatan itu adalah melalui fitur conversational banking bernama Sabrina, yakni chatbot berbasis AI yang mengubah cara BRI berinteraksi dengan nasabah.

"Banyak nasabah yang meskipun sudah familier dengan digital, tapi masih membutuhkan interaksi dengan manusia,” kata Arga.

Sabrina dikembangkan dengan menerapkan natural language processing (NLP) dan advanced analytics yang memungkinkannya untuk memahami percakapan dengan lebih baik. 

Untuk memastikan inklusivitas dan aksesibilitasnya, Sabrina juga diarahkan untuk mempelajari large language modelling (LLM) yang memungkinkannya mempelajari lebih banyak bahasa—sampai delapan bahasa daerah, seperti bahasa Jawa, Sunda, atau Minang—dengan efisiensi mencapai 12 persen lebih cepat untuk memahami pertanyaan atau perintah dalam bahasa daerah tersebut.

Pemanfaatan lainnya

BRI Tower. (Dok. BRI)

Selain chatbot AI, BRI juga memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan ini untuk mengorganisir pengetahuan dan menyajikannya dalam wujud mesin pencari yang disebut working instruction search engine (WISE). Dengan teknologi tersebut, para pekerja BRI yang berada di garda depan, seperti customer service dan agen call center BRI, cukup memasukkan pertanyaan atau keluhan nasabah di WISE, untuk memberikan solusi dan prosedur bagaimana merespons pertanyaan atau keluhan tersebut.

Selain itu, BRI juga tengah mengembangkan robotic arm untuk cash processing management di kantor regional BRI. Teknologi ini, kata Arga, bertujuan untuk mengambil uang dan menyetorkannya kembali; menyortir uang tunai dalam operasional kantor regional; serta meminimalisir perbedaan dan selisih dalam proses tersebut.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi