Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Bank Mandiri

Menggunakan fitur yang ada di aplikasi Livin' by Mandiri.

Fitur Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Bank Mandiri
ilustrasi bank (unsplash.com/Eduardo Soares)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Perkembangan teknologi turut menyentuh sektor perbankan. Bank Mandiri misalnya, yang mulai menyediaka fitur Cardless Withdrawal atau Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM Mandiri, bagi para nasabah Bank Mandiri pengguna aplikasi Livin’ by Mandiri.

Mengutip dari laman resmi bankmandiri.co.id, Transaksi tarik tunai dapat dilakukan dengan menggunakan nomor handphone yang terdaftar di Livin’ by Mandiri dan token tarik tunai yang telah Nasabah buat sebelumnya melalui aplikasi Livin’ by Mandiri.

Berikut ulasan singkat terkait pemanfaatan fitur Cardless Withdrawal dari Bank Mandiri.

Langkah memanfaatkan Cardless Withdrawal

ilustrasi Livin by Mandiri (dok.bankmandiri.co.id)

Fitur tarik tunai tanpa kartu di ATM Mandiri bisa dilakukan dari halaman login aplikasi Livin’ maupun saat masuk ke laman ‘Home’ aplikasi. Caranya sebagai berikut"

  1. Buka fitur ‘Setor Tarik’ di laman login, maupun masuk ke ‘Home’ di halaman aplikasi.
  2. Anda akan diberikan pilihan jumlah uang yang ingin Anda tarik. Pilih template yang sudah tersedia atau klik ‘Nominal Lain’ bila jumlah yang ingin Anda tarik lebih dari Rp500.000.
  3. Setelah menentukan jumlahnya dan menekan tombol ‘Lanjutkan’, aplikasi akan memunculkan tombol ‘Buat Kode Token’. Klik tombol tersebut.
  4. Sebelum kode muncul, Anda akan diminta untuk memasukkan pin aplikasi Livin’, masukkan pin dan kode untuk penarikan pun muncul.
  5. Setelah selesai dengan aplikasi Livin’ di ponsel pintar Anda, maka Anda beralih ke ATM Mandiri. Klik Livin’ by Mandiri di layar ATM dan dilanjutkan dengan klik ‘Withdrawal’ atau ‘Penarikan’.
  6. Setelah itu, Anda akan diminta memasukkan nomor ponsel Anda yang digunakan untuk aplikasi Livin’ by Mandiri. Masukkan nomor tersebut dan pilih ‘Correct’.
  7. Selanjutnya, mesin ATM akan meminta Anda memasukkan kode token yang sebelumnay sudah diberikan oleh Aplikasi Livin’ di ponsel pintar Anda.
  8. Berikutnya, Anda tinggal menunggu proses selesai sampai mesin menunjukkan tulisan transaksi selesai dan uang yang ingin Anda ambil segera keluar melalui mesin.

Hal penting untuk diingat

Ilustrasi Layanan ATM Perbankan/ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.

Meski fitur Cardless Withdrawal ini relatif mudah untuk dilakukan, Anda perlu mengetahui bahwa fitur ini menerapkan pola keamanan berlapis pada layanannya.

Berikut ini adalah beberapa hal sebelum Anda memanfaatkan tarik tunai tanpa kartu dengan aplikasi Livin’ dan ATM Mandiri:

  1. Token tarik tunai yang sudah dibuat nasabah akan aktif selama 1 jam. Token tarik tunai tidak dapat digunakan lagi setelah 1 jam sejak token dibuat.
  2. Transaksi tarik tunai tanpa kartu dibatasi dengan limit nominal setor sebesar Rp 5.000.000 per harinya, dengan Rp1.000.000 per transaksi maksimalnya.
  3. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan kepada Nasabah yang melakukan setor tunai tanpa kartu di ATM Setor Tarik Bank Mandiri.
  4. Rekening sumber yang dapat menjadi sumber dana penarikan adalah rekening tabungan atau giro perorangan Rupiah Mandiri yang berstatus aktif.

Risiko

Ilustrasi Livin By Mandiri/Shutterstock Shalstock

Meski mudah, pahami juga beberapa risiko dari fitur tarik tunai tanpa kartu ini.

  1. Risiko keamanan data
    Risiko memberikan nomor handphone dan/atau token tarik tunai tanpa kartu ke pihak yang tidak terpercaya, sehingga mengakibatkan dari pihat yang tidak bertanggung jawab.
  2. Risiko gagal bertransaksi
    Risiko gagal bertransaksi apablia nasabah melakukan transaksi lebih dari limit harian, tidak memiliki saldo yang cukup, atau menggunakan nomor handphone dan token Tarik tunai tanpa kartu yang salah.
  3. Risiko token tarik tunai tanpa kartu expired
    Risiko token Tarik tunai tanpa kartu yang menyebabkan token yang sudah dibuat Nasabah sebelumnya tidak dapat digunakan untuk bertransaksi karena melebihi batas waktu token aktif yang telah ditentukan.
  4. Risiko Kegagalan Sistem
    Risiko terjadi gangguan koneksi atau adanya pemeliharaan sehingga menyebabkan aktivitas pembuatan token dan/atau transaksi Tarik tunai tanpa kartu gagal.

Demikianlah beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait fitur Cardless Withdrawal di ATM Mandiri, dengan memanfaatkan aplikasi Livin’ by Mandiri. Utamakan keamanan data dan uang Anda saat melakukan penarikan uang.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Kurs Rupiah terhadap Dolar Hari Ini, 7 Oktober 2024: Melemah 0,92%
Riset: Gaji Pekerja Startup di Indonesia Menurun Tajam Sepanjang 2023
Jokowi: Deflasi dan Inflasi Harus Tetap Seimbang dan Terkendali
OJK Ungkap 5 Modus Kejahatan yang Bisa Kuras Isi Saldo M-Banking
5 Provinsi Pengguna Judol Terbanyak di Indonesia, Mana Saja?
Saham Teraktif Pagi Ini, 07 Oct 2024