Tips Bijak Kelola Keuangan Bagi Anak Kos Agar Kebutuhan Tercukupi

Sikap bijaksana adalah kunci kelola keuangan yang baik.

Tips Bijak Kelola Keuangan Bagi Anak Kos Agar Kebutuhan Tercukupi
ilustrasi mengatur uang jajan (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bagi para mahasiswa atau pekerja muda, kehidupan Anak Kos mungkin menjadi hal biasa. Namun, acara banyak cara bagaimana mengelola keuangan agar efektif dan efisien agar biaya hidup dapat tercukupi.

Bijaksana dalam pengelolaan keuangan adalah kunci bagi para pekerja maupun mahasiswa yang memutuskan untuk kos, karena jauhnya tempat kuliah atau kerja, dari rumah.

Kemampuan untuk mengelola pendapatan dan pengeluaran dengan efisien merupakan keterampilan penting dalam membantu Anda menghadapi tantangan finansial dan membangun masa depan yang stabil.

Hal ini tidak hanya akan berguna di saat Anda masih kos, namun nantinya akan jadi kebiasaan baik di saat Anda sudah tinggal di rumah sendiri dan berkeluarga. Untuk itu, dengan menukil dari berbagai sumber, berikut ini Fortune Indonesia akan mengulas tentang sejumlah tips untuk mengelola keuangan bagi Anda yang masih kos.

Buatlah anggaran bulanan

Mengutip youngontop.com, salah satu hal mendasar yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan saat kos, adalah membuat anggaran bulanan yang terperinci.

Dengan mencatat semua pemasukan dan membagi semua pengeluaran ke dalam pos-pos terpisah, akan memudahkan Anda mengelola keuangan dengan lebih bijak.

Buat pengalokasian dan pembagian anggaran yang masuk akal. Artinya, bila pemasukan cukup terbatas, Anda harus rela untuk mengutamakan yang paling krusial atau menghapus keinginan yang kurang penting, demi tercukupinya semua kebutuhan utama Anda.

Fokus pada prioritas

Kemudian, urutkan pengeluaran sesuai prioritasnya. Anda harus bisa memilah setiap pengeluaran yang penting lebih dulu, baru kemudian bila ada sisa budget, mungkin baru bisa ditujukan untuk yangh tak begitu penting.

Bagi anak kos, beberapa alokasi dana yang prioritas, antara lain adalah sewa kamar, biaya makan setiap hari, transportasi, hingga tagihan utilitas kos–seperti listrik atau parkir.

Sementara itu, untuk pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting–seperti hiburan atau nongkrong di kafe–sebaiknya ditahan sampai semua kebutuhan utama bisa terpenuhi.

Bila memang ada budget sisa, Anda baru bisa mengalokasikannya untuk kebutuhan sekunder dan tersier. Bagi anak kos yang butuh pengelolaan budget sebijak-bijaknya, penting untuk mengutamakan kebutuhan pokok dulu daripada hiburan yang sifatnya kesenangan sementara. 

Perketat penghematan

Penghematan dilakukan untuk bisa memaksimalkan biaya hidup di akhir bulan. Hal ini sebaiknya dilakukan di awal-awal bulan atau ketika Anda baru menerima pemasukan.

Carilah cara untuk selalu menghemat dalam pengeluaran sehari-hari, misalnya memilih untuk masak makanan di kos daripada makan di luar, sampai memanfaatkan promo atau diskon saat belanja.

Perketat setiap pengeluaran dan catat hal apa saja yang memang benar-benar dibutuhkan, lalu cobalah untuk disiplin dalam mengeluarkan biaya hanya berdasar catatan tersebut. Dengan begitu, hidup kos jadi aman dan biaya hidup teratur ketat, tanpa ada pembelian barang impulsif ataupun pengeluaran di luar kebutuhan.

Siapkan dana darurat

Dana darurat adalah perihal yang cukup penting. Gunanya, untuk berjaga-jaga bila ada hal tak terduga yang terjadi tiba-tiba. Di luar budget kebutuhan pokok dalam sebulan, penting untuk menyisihkan budget tersendiri dalam jumlah wajar untuk disimpan sebagai dana darurat.

Mungkin untuk awal, Anda bisa menerapkan sekitar 5-10 persen dari keseluruhan pemasukan bulanan. Bila sulit, Anda mungkin bisa menganggapnya sebagai jaminan diri, bila terjadi hal-hal yang tak terduga, seperti sakit atau motor yang rusak.

Menurut Fimela.com, untuk mempersiapkan dana daruat, Anda juga bisa melakukannya dengan menabung, meski tidak harus dengan nominal yang besar. Buatlah celengan yang tertutup rapat supaya tidak membuatmu mengambilnya dengan mudah.

Selalu pantau dan lakukan evaluasi

Seperti halnya perusahaan, fungsi cek dan balancing harus selalu Anda lakukan pada keuangan pribadi Anda. Dengan evaluasi dan koreksi yang matang, Anda bisa membentuk sebuah sistem keuangan yang lebih baik setiap bulannya.

Jika menemukan pengeluaran yang melebihi anggaran atau perubahan dalam kebutuhan, sesuaikan rencana keuangan dengan bijaksana. Manajemen keuangan yang bijaksana adalah kunci untuk meraih stabilitas finansial dan kemandirian.

Jadikan frugal living sebagai pilihan

Mengutip laman IDNTimes, ada satu pilihan hidup yang bisa Anda lakukan sebagai anak kos, yakni frugal living. Gaya hidup frugal dapat Anda terapkan untuk meminimalkan budget pengeluaran dengan ketat. Tak apa menjalani hidup sederhana sementara waktu, hingga finansial cukup untuk gaya hidup yang lebih mahal di kemudian hari.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebagai anak kos, untuk mengelola keuangan dengan lebih bijaksana. Semoga bermanfaat. 

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi