Ketahui Jumlah Tabungan Minimal untuk Pengajuan Visa

Segera cek saldo tabungan Anda

Ketahui Jumlah Tabungan Minimal untuk Pengajuan Visa
Ilustrasi visa (pexels/Natalia Vaitevich)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Selain paspor, visa juga menjadi dokumen penting untuk dibawa ketika melakukan perjalanan internasional. Untuk bisa mendapatkan visa, rekening koran termasuk salah satu dokumen yang wajib disertakan dalam pengajuan. 

Tujuannya untuk memastikan Anda mempunyai dana yang cukup untuk bisa bepergian ke negara tujuan dan pulang sesuai jadwal. Hal tersebut juga menghindari seseorang mencari pekerjaan di sana atau menjadi imigran gelap.

Maka dari itu, beberapa negara memiliki ketentuan Jumlah Tabungan Minimal Untuk Pengajuan Visa. Bagi Anda yang berencana pergi ke luar negeri, berikut jumlah tabungan minimal yang harus ada di tabungan Anda.

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat termasuk negara yang banyak difavoritkan masyarakat Indonesia untuk dikunjungi. Karena ada cukup banyak pengunjung yang datang, kedutaan Amerika Serikat tentu menetapkan syarat visa minimal tabungan.

Pihak berwenang akan melakukan pengecekan pada informasi rekening koran yang telah dilampirkan. Jika jumlah tersebut sudah memenuhi ketentuan, visa baru bisa Anda dapatkan.

Namun, jumlah tersebut tidak disebut secara spesifik oleh pihak yang bersangkutan. Meskipun begitu, Anda bisa memperkirakan jumlah dana yang akan digunakan untuk hidup di Amerika Serikat.

Dana tersebut juga termasuk dengan tiket pesawat untuk kembali ke negara asal.

Misalnya, Anda berencana untuk berada di Amerika Serikat selama 15 hari, jumlah tabungan yang minimal Anda miliki sebesar 5 ribu sampai 10 ribu dolar AS atau sekitar di atas Rp70 juta. Untuk mendapatkan visa pelajar, saldo tabungan yang harus dimiliki minimal di atas 10 ribu dolar AS.

2. Eropa atau Schengen

Wilayah Schengen merupakan salah satu bagian Benua Eropa yang cukup banyak didatangi wisatawan atau pengunjung dari berbagai negara.

Sama halnya dengan negara lainnya, Schengen juga menetapkan jumlah tabungan minimal untuk pengajuan visa.

Di antara banyaknya negara yang berada di wilayah Schengen, Belanda memberikan informasi jelas mengenai jumlah tabungan minimal yang ingin mengajukan visa Schengen.

Setiap orang yang berencana mengunjungi Belanja, jumlah tabungannya minimal sebesar 30 euro dikali jumlah hari di sana.

Misalnya, Anda berniat tinggal selama 15 hari, maka saldo tabungan yang harus Anda miliki sebesar 450 euro atau sekitar Rp7,5 juta.

Meskipun hanya dinyatakan oleh Belanda, perhitungan tersebut bisa Anda manfaatkan sebagai panduan dalam mengajukan visa Schengen ke negara lain.

Hal tersebut juga memudahkan dan mempercepat proses pengajuan visa.

3. Inggris

Dalam mengajukan visa, penting untuk melampirkan rekening koran selama tiga bulan. Dokumen tersebut dipakai untuk memastikan setiap pengunjung yang datang sudah siap menghidupi dirinya di negara tujuan. 

Serupa dengan negara lainnya, Inggris juga dana yang telah dipersiapkan para pemohon untuk bisa tinggal beberapa hari atau bulan di sana.

Setidaknya, Anda harus mengantongi dana sekitar 1.270 euro di rekening bank Anda untuk bisa hidup selama satu bulan. Anda juga bisa menetapkan anggaran harian sekitar 100 sampai 150 euro per hari. 

Bagi pelajar yang ingin mengajukan visa pelajar, Anda bisa mempersiapkan tabungan mulai dari 1.023 euro per bulan.

Jumlah saldo minimal tabungan untuk visa Inggris sebaiknya memperhatikan biaya hidup harian termasuk tiket pesawat untuk kembali ke negara asal.

Jadi, Anda bisa memperkirakan dana yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah hari tinggal di Inggris.

4. Australia

Australia juga menerapkan jumlah tabungan minimal untuk pengajuan visa ke negaranya. Informasi tersebut pun harus dilampirkan dalam bentuk rekening koran. 

Untuk bisa mendapatkan visa Australia, ada baiknya bisa mempersiapkan dana tabungan sekitar 1.000 sampai 1.500 dolar Australia setara dengan Rp10 juta.

Minimal jumlah tersebut sudah cukup bagi Anda yang berencana tinggal d Australia selama satu minggu.

Anda juga bisa memperhitungkan sendiri biaya tabungan untuk perjalanan di Australia.

Caranya dengan mengalikan biaya hidup rata-rata di Australia sebesar 100 sampai 200 dolar Australia dengan jumlah hari Anda di sana.

5. Jepang

Salah satu syarat pengajuan visa Jepang adalah melampirkan bukti keuangan, seperti rekening koran atau buku tabungan selama tiga bulan terakhir.

Untuk memudahkan Anda mendapatkanya, saldo tabungan Anda harus mencapai batas minimal untuk bisa bepergian ke Jepang.

Sayangnya, Jepang tidak menginformasikan secara resmi mengenai jumlah saldo minimal yang harus ada di Tabungan. Meskipun begitu, Anda bisa memperkirakan jumlahnya dengan melakukan perhitungan sederhana.

Anda bisa mengalikan biaya hidup rata-rata di Jepang dengan jumlah hari Anda di sana. Hasil tersebut bisa Anda jadikan panduan untuk mengajukan visa Jepang.

Namun, Anda bisa menyiapkan dana tabungan selama tiga bulan sebesar Rp20 juta-Rp30 juta untuk berjaga-jaga.

6. Korea Selatan

Ketentuan jumlah tabungan minimal untuk pengajuan visa juga berlaku di Korea Selatan.

Perihal informasi jumlah minimal, pihak kedutaan Korea Selatan juga tidak menginformasikan secara pasti untuk bisa lolos.

Kendati demikian, Anda bisa menggunakan perhitungan yang sama dengan negara lain.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan gambaran mengenai saldo tabungan yang diperlukan untuk melakukan perjalanan di Korea Selatan.

Untuk persiapan, Anda bisa menyiapkan dana tabungan sekitar Rp16 juta.

7. Taiwan

Taiwan juga termasuk salah satu dari banyak negara yang mengharuskan pemohon visa untuk menyertakan informasi buku tabungan atau rekening koran.

Kedutaan Taiwan secara jelas menyatakan bahwa setiap pemohon visa Taiwan harus memiliki saldo tabungan minimal 1.500 dolar AS.

Dengan begitu, Anda baru bisa mendapatkan visa Taiwan untuk kebutuhan perjalanan internasional ke negara tersebut.

Itu dia beberapa sejumlah negara yang mempertimbangkan jumlah tabungan minimal untuk pengajuan visa bagi pengunjung. Hampir sebagian besar tidak menyatakan jumlah spesifiknya. Akan tetapi, Anda bisa melakukan kalkulasi sendiri untuk mendapatkan gambarannya.

Semoga artikel ini membantu Anda untuk memudahkan pengajuan visa untuk kepentingan perjalanan ke luar negeri.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Ini Biaya dan Perbandingan Franchise Alfamart dan Indomaret
BI Masih Cermati Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan
BI: Biaya Transaksi QRIS Gratis hingga Rp500 Ribu per 1 Desember 2024
Ini 3 Waktu Terbaik untuk Memulai Investasi Emas
Investor Asal Korsel dan Cina Bakal ke Indonesia Bawa Dana Jumbo