Ini Perbedaan BCA dengan blu by BCA yang Wajib Diketahui

Kenali perbedaannya

Ini Perbedaan BCA dengan blu by BCA yang Wajib Diketahui
Ilustrasi gedung BCA (unsplash/HendraJn)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Bank Central Asia (BCA) merupakan salah satu bank swasta yang bergengsi di Indonesia. Bahkan, perbankan ini telah memiliki nasabah yang tersebar di seluruh Indonesia dari berbagai kalangan.

Selain bank konvensional, BCA juga menawarkan berbagai layanan mobile banking yang memudahkan proses transaksi perbankan. Salah satunya adalah blu by BCA yang diluncurkan pada tahun 2021 yang menyediakan layanan perbankan digital.

Agar tidak keliru, berikut beberapa perbedaan BCA dengan blu by BCA yang penting untuk diketahui oleh para nasabah.

Prosedur pembukaan rekening

Untuk bisa terdaftar sebagai nasabah BCA, Anda harus memiliki rekening yang harus dibuka. Rekening blu by BCA cukup berbeda dengan rekening BCA dari prosesnya.

Jika Anda ingin membuka rekening BCA, terdapat berbagai pilihan cara yang bisa dilakukan calon nasabah. Mulai dari pembukaan rekening di kantor cabang atau melalui online.

Rekening BCA yang sudah dibuat tersebut juga bisa digunakan untuk pembukaan rekening blu by BCA. 

Namun, calon nasabah yang tidak memiliki rekening BCA, Anda tidak perlu membuat rekening BCA saat ingin membuka rekening blu by BCA. 

Artinya, calon nasabah bisa langsung membuka rekening blu by BCA secara online melalui aplikasinya. Cukup persiapkan foto e-KTP, foto pribadi, dan nomor NPWP jika ada. Untuk konfirmasi identitas, nasabah akan melakukan video call dengan petugas.

Menariknya, rekening blu by BCA tidak mewajibkan nasabahnya untuk melakukan setoran awal layaknya pembukaan rekening bank konvensional, seperti BCA.

Bentuk transaksi

Perbedaan BCA dengan blu by BCA juga bisa dikenali dengan mudah lewat bentuk transaksi yang dilakukan. Bank BCA membutuhkan bantuan dari teller bank atau customer service untuk bisa memproses transaksi seperti halnya bank konvensional.

Ketika mendatangi kantor cabang, Anda juga harus membawa berbagai berkas yang diperlukan untuk melakukan transaksi perbankan.

Sementara itu, blu by BCA menawarkan kemudahan bagi nasabah dalam proses transaksi secara online. Anda bisa melakukan proses transaksi dapat dilakukan secara mandiri. 

Namun, nasabah yang ingin melakukan setor tunai langsung ke rekening blu by BCA masih melalui ATM. Menariknya, setor tunai atau tarik tunai bisa dilakukan tanpa kartu ATM. Anda hanya perlu memasukan PIN dan kode yang bisa diakses melalui ponsel.

Layanan

Dari segi layanan dan fitur yang ditawarkan, bank digital umumnya menawarkan berbagai fitur menarik dan inovatif untuk mendukung kebutuhan finansial nasabah.

Misalnya, layanan bluSaving yang cocok untuk tabungan jangka pendek dan pos keuangan bulanan atau bluDeposit untuk tabungan jangka panjang.

Selain tabungan, blu by BCA juga memiliki berbagai layanan yang menarik, mulai dari pinjaman, transaksi, pembayaran, investasi, hingga asuransi. 

Layanan BCA juga tidak jauh berbeda dengan blu by BCA. Namun, layanan dan produk perbankan yang bisa diakses oleh nasabah jauh lebih lengkap di BCA.

Mulai dari produk perbankan untuk kebutuhan pribadi dan bisnis bisa tersedia dan bisa diakses dengan mudah di kantor cabang.

Waktu operasional

Waktu operasional juga termasuk salah satu perbedaan BCA dengan blu by BCA. Sebagai bank digital, blu by BCA tentu menawarkan aktivitas perbankan yang sepenuhnya dioperasikan secara digital. 

Tanpa perlu kantor cabang, keperluan nasabah bank digital bisa diakomodir secara online melalui aplikasi blu by BCA. Artinya, layanan bank digital dapat diakses nasabah selama 24 jam penuh.

Namun, layanan bluValas yang ditawarkan blu by BCA digital memiliki waktu operasional tersendiri. Jam operasionalnya dibuka pukul 09.00-14.45 WIB di hari Senin sampai Jumat.

Selain itu, sebagian besar layanan blu by BCA bisa diakses kapan pun dan tentunya di mana saja asal ada akses internet yang stabil.

Di sisi lain, kantor cabang BCA memiliki waktu operasional yang mulai dibuka mulai pukul 10.00-15.00 setiap hari Senin-Jumat. Pada waktu tersebut, petugas bisa melayani kebutuhan nasabah yang datang.

Biaya administrasi

Setiap layanan perbankan tentu memiliki biaya administrasi yang dibebankan oleh nasabah. Untuk beban biaya administrasi, bank digital biasanya memiliki biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan bank konvensional.

Berbicara tentang biaya administrasi, blu by BCA tidak memiliki biaya administrasi pembukaan hingga bulanan alias bebas biaya admin.

Hal tersebut berbeda dengan pemilik rekening BCA. Setiap bulannya, nasabah harus membayar biaya administrasi sesuai dengan jenis tabungannya.

Paling murah ada tabungan Xpresi dengan biaya administrasi Rp10 ribu dan rekening Blue BCA sebesar Rp14 ribu.

Suku bunga

Suku bunga tabungan pada bank digital biasanya lebih besar dibandingkan dengan bank konvensional.

Hal tersebut dikarenakan biaya operasionalnya tidak setinggi bank konvensional sehingga dapat menawarkan keuntungan lebih besar.

Suku bunga pada produk buAccount sebesar 0,5 persen dan bluSaving atau bluGether bisa mencapai 3 persen.

Untuk produk depositonya, suku bunga yang ditawarkan mulai dari 3,50 persen hingga 4,75 persen sesuai dengan tenor dan dana yang disimpan.

Tabungan BCA juga memiliki suku bunga yang bisa didapatkan oleh nasabah. Mulai dari 0,07 persen sampai 0,20 persen sesuai dengan saldo yang dimiliki.

Bunga deposito Bank BCA sendiri mencapai 3,25 persen dengan pilihan jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun atau lebih.

Itulah beberapa perbedaan BCA dengan blu by BCA yang bisa membantu Anda untuk mengenali keduannya. Semoga bermanfaat.

Related Topics

Blu By DigitalBCA

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

1.000 Perusahaan Terpercaya Dunia 2024, 23 dari Indonesia!
Manajemen BREN Buka Suara Soal Penyebab Keluar Indeks FTSE
KPPU Ungkap Penyebab Harga Tiket Pesawat di Indonesia Mahal
PHK Guncang Sektor Otomotif, GM Berhentikan 1.700 Karyawan
Pelajaran Berharga Kisah Kepemimpinan John Donahoe di Nike
Kenali Dampak Kebijakan The Fed Bagi Perekonomian Indonesia