10 Daftar Bank Tanpa Biaya Admin

Bank tanpa biaya admin, mulai bank digital hingga syariah.

10 Daftar Bank Tanpa Biaya Admin
Ilustrasi aplikasi Bank Jago. (Dok. Bank Jago)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Saat ini, menempatkan dana di lembaga perBankan merupakan opsi paling tepat dan aman. Terdapat beragam pilihan bank yang dapat dipilih oleh calon nasabah, mulai dari bank konvensional, syariah, hingga bank digital yang kian marak saat ini.

Sebuah aspek yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan perbankan adalah adanya biaya administrasi yang dikenakan kepada nasabah yang memiliki rekening di suatu bank. Meskipun nominal biaya admin bulanan cenderung kecil, seiring berjalannya waktu, dampaknya terhadap saldo utama dapat dirasakan secara signifikan.

Untuk mengatasi hal ini, tersedia beberapa rekomendasi bank tanpa biaya admin yang tidak hanya menghemat pengeluaran, tetapi juga menjamin keamanan finansial Anda. melansir IDN Times, berikut adalah daftar lengkap bank tanpa biaya admin.

1. Digibank by Bank DBS Indonesia

Digibank dari Bank DBS Indonesia merupakan salah satu bank tanpa biaya admin. Layanan perbankan digital ini dapat diakses melalui aplikasi tanpa adanya biaya administrasi. Selain itu, pelanggan Digibank tidak akan dikenakan biaya admin bulanan apabila saldo rekening mereka mencapai minimal Rp5 juta. Meskipun begitu, jika rata-rata saldo nasabah berada di bawah Rp5 juta, maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp10 ribu.

Proses pembukaan rekening Digibank tergolong mudah, hanya dengan mengunduh aplikasi Digibank melalui Play Store atau App Store. Kemudian, lengkapilah informasi nasabah seperti nama, nomor HP, dan alamat email. Dengan mengikuti setiap langkahnya, rekening bank digital Digibank Anda akan segera dapat digunakan.

2. Cermat by Bank BTN

PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk meluncurkan produk layanan keuangan tanpa kantor dalam rangka inklusi keuangan (Laku Pandai, yakni Tabungan BTN Cermat berbasis digital banking. Ini merupakan salah satu layanan bank tanpa biaya admin.

Rekening BTN Cermat memudahkan nasabah untuk merencanakan menabung untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang dengan setoran awal hanya Rp5 ribu dan tidak ada ketentuan saldo minimum. Selain itu, nasabah BTN Cermat juga akan mendapatkan kartu ATM. Namun tidak mendapatkan buku tabungan.

3. Danamon LEBIH

Rekomendasi bank tanpa biaya admin berikutnya adalah Danamon LEBIH by Bank Danamon. Danamon LEBIH merupakan produk rekening bank dari Bank Danamon yang menerapkan prinsip syariah

Danamon LEBIH menawarkan gratis biaya admin dengan syarat memiliki saldo rata-rata sebulan minimal Rp5 juta.

Jika saldo rata-rata di bawah ketentuan, maka akan dikenakan biaya penalti sebesar Rp12.500. Bagi Anda yang ingin membuka rekening Danamon LEBIH juga perlu menyiapkan setoran awal sebesar Rp250 ribu.

4. Easy Wadi'ah by Bank Syariah Indonesia (BSI)

Bank Syariah Indonesia (BSI) menyediakan jenis rekening bank Easy Wadi'ah dan merupakan salah satu bank tanpa biaya admin.

Easy Wadi'ah menggunakan prinsip Wadiah Yad Dhamanah, yaitu titipan yang harus dijaga dan dikembalikan kapan pun sesuai keinginan pemiliknya.

Beberapa kelebihan Easy Wadi'ah BSI adalah gratis biaya administrasi bulanan, gratis biaya tarik tunai di seluruh ATM BSI, bebas biaya transaksi di mesin EDC Mandiri berjaringan PRIMA, dan semua bank di Indonesia.

5. OCTO Savers by CIMB Niaga

OCTO Savers merupakan bank tanpa biaya admin dari CIMB Niaga. Layanan ini terbilang praktis karena diakses langsung dari smartphone dan menawarkan banyak keuntungan.

Nasabah OCTO Savers dapat melakukan transaksi sebanyak 60 kali per bulan tanpa biaya admin jika saldo tabungan pada akhir bulan sebelumnya minimal Rp2 juta.

OCTO Savers juga bebas biaya admin bulanan jika saldo rata-rata tabungan minimal Rp2 juta dalam sebulan. Dengan setoran awal Rp100 ribu dan saldo minimum hanya Rp50 ribu, Anda sudah bisa mendapat kemudahan dari memiliki rekening bank digital ini.

6. Bank Jago

Bank tanpa biaya admin berikutnya adalah Bank Jago. Bank Jago juga termasuk bank digital yang tidak hanya bebas biaya admin, tapi juga biaya lainnya seperti pembukaan dan penutupan rekening hingga biaya dorman.

Selain itu, Bank Jago juga menawarkan bunga deposit yang cukup tinggi sekitar 3,5-4 persen. Sama seperti beberapa bank digital lainnya, cara daftar Bank Jago juga sangat mudah. Cukup mengunduh aplikasi Bank Jago di Play Store atau App Store, lalu melakukan pendaftaran dengan nomor HP dan email.

7. Neobank

Neobank merupakan rekomendasi bank tanpa biaya admin berikutnya yang juga menawarkan banyak kemudahan dan fasilitas bagi nasabahnya. Berikut beberapa kelebihan Neobank sebagai bank digital:

  • Bebas biaya admin.
  • Tidak ada saldo minimum.
  • Bunga bisa cair per hari.
  • Tabungan dapat dipisah.
  • Memiliki fitur hadiah yang menguntungkan.
  • Tersedia berbagai diskon QRIS dan pembayaran tagihan.
  • Memiliki bunga deposit yang tinggi.

Cara daftar Neobank juga cukup simpel, yaitu dengan mengunduh aplikasi Neobank dan mendaftar menggunakan nomor HP. Kemudian lengkapi data yang diminta tanpa harus melakukan video call dengan customer service.

8. LINE Bank (Hana Bank)

LINE Bank merupakan bank digital yang bebas biaya admin dengan berbagai kemudahan transaksi dan promo yang menarik. Berikut beberapa kelebihan LINE Bank yang perlu diketahui:

  • Tanpa biaya admin.
  • Tidak ada saldo minimum.
  • Tersedia kartu debit (visa) yang pengajuannya gratis saat pertama kali.
  • Gratis transfer ke rekening bank lain atau tarik tunai di ATM lain 25 kali per bulan.
  • Tabungan dapat dipisah.
  • Tersedia berbagai promo GrabFood dengan kartu debit LINE Bank.
  • Dapat digunakan untuk transaksi luar negeri.

Cara daftar LINE Bank juga cukup mengunduh aplikasi LINE Bank di Play Store atau App Store, lalu daftarkan nomor HP atau sambungkan ke akun LINE.

9. Seabank

Seabank adalah layanan bank digital yang berada di bawah Sea Group, perusahaan induk yang juga menaungi Shopee. Seabank termasuk bank tanpa biaya admin yang aman karena sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Berikut beberapa kelebihan Seabank lainnya yang patut diketahui:

  • Bebas biaya admin dan tidak ada minimal saldo.
  • Gratis top up e-wallet hingga 100 kali per bulan dengan minimal transfer Rp10 ribu.
  • Gratis transfer ke rekening bank lain 100 kali per bulan dengan minimal transfer Rp10 ribu.
  • Bunga akan cair per hari.
  • Tabungan bisa dipisah maksimal 20 penempatan dengan deposito kalau saldo tidak ingin digunakan.
  • Tersedia berbagai promo yang terhubung ke Shopee dengan pembayaran Seabank.

Cara daftar Seabank juga sangat mudah, yaitu cukup mengunduh aplikasi Seabank di Google Play Store atau App Store dan mendaftar menggunakan nomor HP. Pastikan untuk melengkapi informasi yang diminta, termasuk KTP.

10. Blu by BCA Digital

Bank tanpa biaya admin yang pertama adalah Blu by BCA Dgital. Blu merupakan layanan bank digital dari BCA yang menawarkan berbagai kemudahan transaksi dengan biaya yang lebih hemat. Ada beberapa kelebihan Blu by BCA Digital, di antaranya:

  • Tidak ada biaya admin.
  • Tidak ada minimal saldo.
  • Bisa digunakan untuk transaksi luar negeri.
  • Sudah memiliki kartu debit dalam bentuk fisik.
  • Customer service sangat responsif.
  • Tersedia banyak promo loyalty, mulai dari promo transfer, diskon makanan dan minuman, diskon nonton, dan sebagainya.

Cara mendaftar Blu by BCA Digital juga mudah, yaitu dengan mengunduh aplikasi Blu di Google Play Store atau App Store. Kemudian melakukan pendaftaran dengan melengkapi informasi yang diminta. Apabila Anda belum memiliki rekening BCA sebelumnya, maka dapat membuka rekening Blu. Jangan lupa siapkan KTP dan nama ibu kandung sebagai persyaratan pembukaan rekening.

Demikianlah daftar bank tanpa biaya admin bulanan yang bisa Anda manfaatkan untuk kelancaran transaksi. Selain itu, tidak ada biaya admin juga membuat Anda lebih hemat, tapi dijamin tetap aman. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi