3 Cara Menghapus Biaya Tahunan Kartu Kredit

Ada cara menghapus biaya tahunan kartu kredit.

3 Cara Menghapus Biaya Tahunan Kartu Kredit
ilustrasi kartu kredit (pixabay.com/Stevepb)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Cara menghapus biaya tahunan Kartu Kredit atau annual fee bisa dilakukan apabila Anda merasa terbebani. Biaya tahunan kartu kredit sering kali menjadi beban tambahan yang tidak diinginkan bagi pemegang kartu. Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghapus atau menghindari biaya tahunan ini. 

Merangkum laman OCBC NISP, annual fee kartu kredit adalah biaya yang harus Anda bayar sebagai pemilik kartu kredit. Biaya ini adalah bentuk kompensasi untuk pelayanan dan fasilitas yang diberikan oleh penerbit kartu kredit kepada nasabah.

Besaran biaya tahunan untuk setiap kartu kredit bervariasi. Hal ini biasanya tergantung pada jenis kartu kredit yang Anda gunakan dan juga bank penerbit kartu kredit tersebut.

Secara umum, biaya tahunan kartu kredit dengan fitur lengkap lebih tinggi dibandingkan kartu kredit biasa. Pembayaran biaya tahunan ini juga biasanya ditentukan oleh kebijakan dari bank penerbitnya. 

Cara menghapus biaya tahunan kartu kredit

ilustrasi kartu kredit (unsplash.com/rupixen)

Bank biasanya menawarkan promo bebas biaya tahunan selama dua tahun pertama. Namun, pada tahun berikutnya, Anda akan dikenakan biaya tahunan yang mungkin di luar perkiraan Anda. Akan tetapi, Anda tak perlu khawatir,  dengan memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, biaya tagihan tersebut dapat dihapuskan. Berikut beberapa cara untuk menghapus biaya tahunan kartu kredit. 

1. Mengajukan permohonan penghapusan biaya tahunan tanpa syarat

Cara ini sering dilakukan oleh banyak orang dengan menelepon bank penerbit kartu kredit. Nasabah bisa mengajukan permohonan penghapusan biaya tahunan tanpa syarat. Cara ini sangat mudah dilakukan, tetapi belum tentu permohonan Anda disetujui.

Bank akan melihat riwayat penggunaan kartu kredit Anda selama satu tahun terakhir. Jika bank beranggapan bahwa Anda berhak mendapat penghapusan biaya tahunan, maka permohonan Anda akan diterima. Namun, jika tidak, permohonan Anda bisa ditolak.

2. Meminta tantangan dari bank penerbit

Cara berikutnya untuk menghapus biaya tahunan kartu kredit adalah dengan cara meminta tantangan kepada bank penerbit kartu kredit tersebut. Anda hanya perlu menelepon call center dan menyampaikan maksud.

Tantangan tersebut biasanya berkaitan dengan penggunaan kartu kredit, misalnya Anda ditantang untuk berbelanja dengan nominal tertentu dan sebagai gantinya biaya tahunan kartu kredit tersebut akan dihapus. Apabila permintaan Anda disetujui, bank akan menentukan tantangan untuk diselesaikan sebagai syarat menghapus biaya tahunan kartu kredit.

3. Menghapus biaya tahunan dengan menukar poin belanja

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menukarkan poin belanja yang Anda dapatkan. Untuk menggunakan cara ini, Anda perlu menanyakan kepada pihak bank penerbit terkait program penghapusan biaya tahunan dengan penukaran poin.

Jika poin reward atau poin belanja Anda cukup, bank penerbit biasanya akan setuju dengan permintaan Anda. Apabila telah disetujui, maka biaya tahunan kartu kredit Anda akan otomatis terhapus.

Cara menghapus biaya tahunan kartu kredit memerlukan usaha dan negosiasi. Pilihlah kartu kredit yang tepat sejak awal, dan jangan ragu untuk berbicara dengan pihak bank jika Anda merasa biaya tahunan terlalu memberatkan. Namun, Anda sejak awal dapat pula mengajukan melakukan pengajuan kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya, apabila sebelumnya sudah memiliki kartu kredit. Dengan strategi yang tepat, Anda bisa menghemat biaya dan memanfaatkan kartu kredit dengan lebih optimal.

Related Topics

Kartu Kredit

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Channels

Most Popular

Gagal Kelola Rp71 Miliar, Ahmad Rafif Diminta Kembalikan Dana Investor
Didukung Euforia Pasar, IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat
Butuh Waktu Setahun, IPO Emiten GOLF Cucu Soeharto Rampung
Rupiah Dibuka Bertenaga ke Rp16.270 per US$ pada Awal Pekan
Return Sinarmas Asset Management Tumbuh 20,40% YoY dengan Teknologi AI
Meski Otomotif Lesu, Astra Financial Targetkan Rp2,8 T pada GIIAS 2024