Riset: Gen Z dan Milenial Kaya Suka Investasi yang "Out of The Box"

Memilih perhiasan, sneakers, dan anggur berkualitas tinggi.

Riset: Gen Z dan Milenial Kaya Suka Investasi yang "Out of The Box"
Ilustrasi investasi low risk (unsplash/@micheile)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bank of America baru-baru ini mengungkapkan tren Investasi baru di kalangan Gen Z dan Milenial kaya di Amerika Serikat. Alih-alih berinvestasi dalam aset tradisional seperti saham dan obligasi, generasi muda ini lebih memilih untuk menanamkan uang mereka dalam perhiasan, sepatu sneakers, dan anggur berkualitas tinggi. 

Melansir Fortune.com, menurut survei terbaru Bank of America yang melibatkan lebih dari 1.000 individu dengan aset investable rumah tangga minimal US$3 juta, 72 persen dari mereka yang berusia 43 tahun ke bawah merasa skeptis terhadap investasi eksklusif dalam aset tradisional. Sebaliknya, hanya 28 persen dari mereka yang berusia 44 tahun ke atas yang menunjukkan sikap hati-hati serupa.

Survei tersebut juga mengungkap bahwa 94 persen dari Gen Z dan milenial memiliki minat besar terhadap barang koleksi. Jam tangan, perhiasan, serta anggur dan minuman beralkohol yang langka menjadi pilihan utama mereka. Selain itu, mereka juga tertarik pada mobil langka, barang antik, sepatu sneakers, dan seni.

Gen Z diprediksi jadi "generasi terkaya dalam sejarah"

Minat ini tidak mengherankan mengingat prediksi bahwa generasi ini akan menjadi "generasi terkaya dalam sejarah." Laporan Bain & Co. pada Januari lalu memperkirakan bahwa pada tahun 2030, Gen Z akan menyumbang 25 persen hingga 30 persen dari pembelian pasar mewah, sementara milenial akan menyumbang 50 persen hingga 55 persen.

Penulis Claudia D’Arpizio, Federica Levato, Andrea Steiner, dan Joëlle de Montgolfier mencatat bahwa "Didorong oleh pola pikir investasi, perhiasan diperkirakan akan mencapai nilai pasar €30 miliar pada tahun 2023, dengan perhiasan berkualitas tinggi menjadi titik terang investasi di tengah ketidakpastian. Jam tangan terus berkembang meskipun ada polarisasi yang meningkat di sekitar beberapa pemenang industri."

Minat pada barang koleksi menurun dengan setiap generasi berturut-turut. Hanya 57 persen baby boomers yang tertarik pada kelas aset ini, angka tersebut turun menjadi 55 persen di kalangan generasi silent. Sementara itu, 80 persen Gen X yang berusia antara 44 dan 59 tahun menunjukkan minat pada barang koleksi, terutama pada koin, perhiasan, dan jam tangan.

Individu muda kaya juga memiliki pendekatan yang berbeda dalam berbagi aset mereka di masa depan. Sebanyak 56 persen dari mereka yang berusia 21 hingga 43 tahun mengatakan akan menyimpan beberapa karya seni dalam koleksi pribadi mereka, 32 persen akan menyumbangkan satu atau beberapa karya ke museum atau yayasan, dan 26 persen akan berbagi beberapa karya dengan lembaga non-seni.

77% generasi tua menyimpan koleksi seni

Hal ini berbeda dengan generasi yang lebih tua, di mana 77 persen memilih menyimpan koleksi karya seni untuk penggunaan pribadi dan hanya 19 persen yang menyatakan akan menyumbangkan karya seni ke lembaga amal, yayasan, atau museum.

Sentimen di kalangan generasi muda juga lebih optimis dibandingkan generasi yang lebih tua. Sebanyak 51 persen Gen Z dan milenial menilai ekonomi AS sangat baik atau sangat baik, dibandingkan dengan hanya 24 persen dari mereka yang berusia 44 tahun ke atas. Dalam skala global, 46 persen dari mereka yang berusia 21 hingga 43 tahun menilai ekonomi global baik, sementara hanya 6 persen responden yang lebih tua yang berpendapat sama.

Secara pribadi, 75 persen dari mereka yang berusia antara 21 dan 43 tahun menilai kesehatan keuangan mereka sangat baik atau sangat baik, meningkat menjadi 7 persen bagi mereka yang berusia 44 tahun ke atas.

Melihat ke depan, individu kaya secara keseluruhan memiliki harapan yang lebih tinggi untuk masa depan. Mereka mengharapkan penurunan inflasi, pertumbuhan PDB yang stabil atau meningkat, dan dorongan positif pada kinerja saham dalam tahun depan.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

7 CEO dengan Gaji Tertinggi di Dunia
Grup Astra Sebar Dividen Interim, Ini Jadwal ASII, AALI, dan UNTR
6 Multifinance Lokal dicaplok Asing, Ini Negara Peminatnya
Mengenal Aplikasi Temu yang Bakal Diblokir Kominfo
Aksi Beli Prajogo Pangestu atas BREN Saat Pemeriksaan OJK
Berapa Gaji Anggota DPR beserta Tunjangannya? Puluhan Juta