Kredit Sektor Otomotif Menjanjikan, BCA Akan Merger 2 Anak Usaha

BCA Finance akan menjadi surviving entity aksi merger ini.

Kredit Sektor Otomotif Menjanjikan, BCA Akan Merger 2 Anak Usaha
Ilustrasi gedung BCA (unsplash/HendraJn)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) merger anak usahanya, PT BCA Finance dan PT BCA Multi Finance, untuk memperkuat bisnis segmen pembiayaan otomotif.
  • Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja melihat potensi pertumbuhan jangka panjang dalam sektor kredit otomotif.
  • BCA Finance akan menjadi entitas penerima penggabungan (surviving entity) setelah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jakarta, FORTUNE – PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) berencnaa melakukan merger dua anak usahanya, PT BCA Finance (BCA Finance) dan PT BCA Multi Finance (BCA Multi Finance). Langkah ini dilakukann untuk memperkuat bisnis segmen pembiayaan Otomotif.

Di sisi lain, Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja mengatakan, merger dilakukan melihat potensi pertumbuhan jangka panjang dalam sektor Kredit otomotif.

“Penggabungan ini akan menyatukan potensi terbaik layanan pembiayaan BCA, yang kami harapkan bisa menghasilkan entitas baru yang lebih kokoh, unggul, efisien, dan efektif. Lini bisnis pembiayaan sepeda motor BCA Multi Finance dipastikan tetap hadir di pasar dan menjadi bagian dari BCA Finance,” kata dia dalam keterangan tertulis, Senin (1/7).

Setelah merger, BCA Finance akan menjadi entitas penerima penggabungan (surviving entity). Proses ini telah mendapatkan persetujuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk memuluskan usaha ini, BCA Finance dan BCA Multi Finance akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) untuk mendapatkan persetujuan dari masing-masing pemegang saham. Setelah penggabungan berlaku efektif, seluruh hak dan kewajiban BCA Multi Finance akan dialihkan sepenuhnya kepada BCA Finance.

Seperti diketahui, kedua perusahaan ini bergerak di industri multifinance. Saat ini, BCA Finance fokus pada pembiayaan roda empat, sementara BCA Multi Finance mengutamakan pembiayaan roda dua. Merger ini akan menggabungkan keduanya dalam satu entitas yang lebih besar dan kuat.

Merger kedua entitas anak ini sejalan dengan komitmen Grup BCA untuk melayani konsumen di berbagai segmen pembiayaan otomotif. Penggabungan ini diharapkan dapat meningkatkan performa layanan serta kualitas pembiayaan kepada konsumen.

Seluruhnya operasional dan bisnis dialihkan ke BCA Finance

BCA Finance akan melakukan integrasi menyeluruh dengan memperhatikan kepentingan semua pemangku kepentingan termasuk konsumen, kreditor, mitra bisnis, karyawan, dan pemegang saham.

Sebagai bagian dari ekosistem Grup BCA, baik BCA Finance maupun BCA Multi Finance akan memastikan bahwa hak-hak karyawan terpenuhi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hubungan kerja karyawan BCA Multi Finance akan beralih ke BCA Finance.

Setelah merger berlaku efektif, seluruh konsumen BCA Multi Finance akan menjadi konsumen BCA Finance.

Konsumen eks BCA Multi Finance akan mendapatkan fasilitas, manfaat, dan fitur produk BCA Finance. Tidak akan ada perubahan layanan atau manfaat pasca merger.

Konsumen BCA Multi Finance tetap dapat melakukan pembayaran angsuran dan pengambilan dokumen di kantor cabang BCA Multi Finance, yang akan berubah nama menjadi BCA Finance.

Related Topics

BCABBCAKreditOtomotif

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Peta Rute KRL Jabodetabek Terbaru 2024 Beserta Harga Tiketnya
15 Motor Termahal di Dunia, Mencapai Ratusan Miliar Rupiah!
Rekening: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Logam Mulia Adalah: Pengertian dan Jenis-jenisnya
Apa itu Blockchain? Inilah Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya
9 Cara Melunasi Utang Pinjol yang Menumpuk, Lakukan Ini!