Penglihatan yang Lebih Baik bagi Indonesia Timur

Nilai dukungan sarana dan fasilitas kesehatan Rp1,5 miliar.

Penglihatan yang Lebih Baik bagi Indonesia Timur
PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memfasilitasi operasi katarak, pemeriksaan kesehatan mata, pemberian kacamata baca serta edukasi kesehatan matawarga Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (16/10). (Eko Wahyudi/Fortune Indonesia)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Fortune Recap

  • Fasilitasi operasi katarak, pemeriksaan kesehatan mata, dan edukasi kesehatan mata dilakukan dalam kegiatan ini.
  • BCA memberikan dukungan sarana kesehatan mata dengan donasi alat operasi senilai Rp1,5 Miliar.

NTT, FORTUNE - Berangkat dari kepedulian terhadap masalah gangguan penglihatan dan memperingati World World Sight Day pada 10 Oktober lalu, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), memperluas jangkauan inisiatif sosialnya ke kawasan Indonesia timur, tepatnya bagi warga Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (16/10).

Langkah itu dilakukan dengan cara memfasilitasi operasi Katarak, memeriksa kesehatan mata, membagikan kacamata baca, serta memberikan edukasi mengenai kesehatan mata.

EVP Corporate Communication & Social Responsibility BCA, Hera F. Haryn, mengatakan gangguan penglihatan menjadi masalah utama di Indonesia terutama untuk pengidap katarak.

"Sejalan dengan upaya pemerintah menurunkan prevalensi gangguan penglihatan akibat katarak, Bakti BCA secara konsisten melaksanakan operasi katarak gratis di berbagai wilayah termasuk Nusa Tenggara Timur (NTT),”kata dia saat ditemui di RSUD Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Rabu (16/10).

Kegiatan ini diikuti 50 pasien penderita katarak, 500 pasien presbiopia serta 100 pelajar SD & SMP dan didukung oleh Seksi Buta Katarak Persatuan Dokter Mata Indonesia (SPBK PERDAMI).

BCA juga memberikan dukungan sarana kesehatan mata dengan donasi alat operasi Phacoemulsification Machine dan 2 unit mikroskop kepada SPBK PERDAMI Pusat, serta 1 Unit Phacoemulsification Machine kepada SPBK Perdami Jakarta dengan total nilai Rp1,5 Miliar.

Pada kesempatan sama, BCA menggelar graduation day program pandai menghitung.
 

Fokus BCA dalam pengentasan katarak

Hingga akhir 2023, program operasi katarak gratis dari Bakti BCA telah memberikan manfaat kepada lebih dari 8.100 pasien di berbagai daerah. Pada 2024, BCA memberikan dukungannya dengan menggelar operasi katarak gratis kepada lebih dari 470 pasien di Namrole & Banda Neira, Maluku; Pasangkayu, Sulawesi Barat; Bengkulu Tengah, Bengkulu; dan Kota Banjar, Jawa Barat.

Laporan keberlanjutan BCA pada 2023 menunjukkan bahwa khusus untuk penanganan katarak, perusahaan telah mengucurkan Rp154 miliar untuk melakukan operasi katarak hingga memberikan alat pendukung operasi katarak.

Selain menyasar program kesehatan mata, BCA juga membidik kegiatan sosial untuk mendukung penurunan angka stunting di Indonesia. BCA bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk membantu penanganan tengkes.

"Kami support bekerja sama dengan BKKBN dan USAID senilai US$1 juta untuk stunting," ujarnya.

Related Topics

BCAKatarak

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Realisasi Investasi Mencapai 76,4 Persen dari Target Rp1.600 Triliun
Ini Penyebab Ekspor Indonesia Mengalami Penurunan
DBS Indonesia Gandeng Moduit Incar Transaksi Rp 500 Miliar
Emiten Migas Bakrie Resmi Kuasai Blok Gas Sengkang
Daftar Saham Afiliasi Para Calon Menteri dalam Pemerintahan Prabowo
Karyawan Swasta Bisa Dapat Dana Pensiun? Ini Penjelasannya