BCA UMKM Fest Bukukan Transaksi Rp17 miliar

Kredit UMKM BCA tumbuh 10,3 persen.

BCA UMKM Fest Bukukan Transaksi Rp17 miliar
BCA UMKM Fest 2024/Dok BCA
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - BCA UMKM Fest 2024 membukukan total nilai transaksi mencapai Rp17 miliar. Event ini dilaksanakan secara offline pada 7–11 Agustus 2024, serta online pada 12 Agustus–12 September 2024.

EVP Corporate Communication dan Social Responsibility BCA Hera F. Haryn menjelaskan secara rinci, pelaksanaan offline selama 5 hari di Kota Kasablanka, Jakarta, BCA mencatat total nilai penjualan pada UMKM Fest 2024 sebesar Rp3,95 miliar atau naik 24 persen secara tahunan. Sedangkan untuk perhelatan UMKM Fest online mencatat nilai transaksi sebesar Rp13,14 miliar, dengan jumlah transaksi mencapai lebih dari 68.000.

“Capaian ini adalah bukti nyata kuatnya daya tarik produk lokal, dan besarnya potensi pelaku UMKM untuk bersaing di pasar. Kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keragaman produk yang ditawarkan UMKM patut kita jaga dan menjadi pendorong untuk terus berkembang,” kata Hera melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (26/9).

Kredit UMKM BCA tumbuh 10,3 persen

BCA UMKM Fest 2024/Dok BCA

Di sisi lain, BCA UMKM Fest merupakan salah satu program perseroan dalam mendukung pengembangan UMKM. Hingga Juni 2024, BCA telah menyalurkan kredit kepada sektor UMKM sebesar Rp121 triliun, dengan pertumbuhan mencapai 10,3 persen (yoy). BCA percaya dengan dukungan yang tepat, UMKM dapat terus berkembang dan berdaya saing, sekaligus berpartisipasi aktif dalam membangun ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Kami berharap, inisiatif ini dapat menjadi dorongan bagi UMKM untuk terus mengembangkan sayap bisnisnya.” kata Hera.

Dalam pelaksanaan BCA UMKM Fest 2024 online, BCA juga menggandeng Grab Indonesia untuk mempromosikan produk kuliner, dan Blibli.com sebagai mitra penjual produk fesyen, kesehatan, kecantikan, dan lainnya. Kolaborasi ini bertujuan untuk semakin memperluas pasar pelaku UMKM, dan mendorong mereka agar lebih memanfaatkan teknologi serta meningkatkan visibilitas produk.

Ini 3 produk UMKM yang paling diminati

Perajin memproduksi kerajinan dari rotan di Sentra Rotan, Jakarta, Kamis (14/10/2021). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Berdasarkan analisa BCA, terdapat tiga kategori produk yang paling diminati pengunjung UMKM Fest 2024, yakni makanan dan minuman, kesehatan dan kecantikan, serta fesyen. Dari event offline, QRIS menjadi pilihan utama metode pembayaran yang digunakan pengunjung, frekuensi penggunaannya mencapai 62 persen dari total transaksi.

Secara keseluruhan, BCA UMKM Fest 2024 diramaikan 1.753 tenant yang merupakan pelaku UMKM dan pengusaha produk lokal di bawah asuhan BCA Bangga Lokal. Acara ini juga diselenggarakan di 49 Kantor Cabang Utama (KCU) BCA di berbagai daerah. BCA juga secara khusus menghadirkan booth Bakti BCA yang menjajakan berbagai produk karya desa-desa binaan perseroan di berbagai daerah.

Related Topics

BCAKredit UmkmUMKM

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

49.062 Orang Dapat Insentif Motor Listrik, Ini Cara Pengajuannya
Kemendag: Aplikasi Temu Bisa Dapat Izin jika Taati Aturan Permendag 31
Isu Akuisisi Bukalapak oleh Temu: Respons BUKA dan Analisis
Manajemen Bukalapak Bantah Ada Informasi Akan Diakuisisi Temu
Jokowi Ungkap Alasan Investasi IKN Belum Capai Target Rp100 Triliun
Cara Mudah Mengurus Saldo Tiba-Tiba Hilang di ATM