⁠Berkat AI, BTN Mampu Tekan NPL Jadi 1,38%

BTN lakukan segmentasi nasabah dengan big data.

⁠Berkat AI, BTN Mampu Tekan NPL Jadi 1,38%
Ilustrasi Kantor Cabang BTN di Kuningan Jakarta/Dok BTN
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BTN) mampu menekan rasio Non Performing Loan (NPL) net miliknya menjadi 1,38 persen di kuartal I-2024. Rasio kredit macet miliknya itu turun bila dibandingkan dengan posisi  1,46 persen pada periode sama tahun sebelumnya.

Direktur IT BTN Andi Nirwoto menyampaikan, turunnya NPL itu berkat Digitalisasi melalui implementasi Artificial Intelligence (AI) dengan memberdayakan teknologi Big Data dan Machine Learning secara komprehensif. Ia menyebut, teknologi berbasis AI mendorong bisnis dengan memperkuat manajemen risiko, seperti menjaga agar kolektibilitas nasabah tetap lancar bertransaksi di BTN. 

“Lebih jauh lagi, penerapan AI yang sudah kami lakukan juga mampu meningkatkan loyalitas dan engagement dengan nasabah. Semua itu sejalan dengan komitmen BTN untuk senatiasa menjadi One Stop Mortgage Solution bagi nasabahnya,” ujar Andi melalui keterangan resmi di Jakarta, Rabu (22/5).

BTN menggunakan AI untuk manajemen risiko perbankan seperti credit scoring, early warning system, dan yang terbaru adalah probability of default yang berfungsi untuk menjaga kolektibilitas nasabah tetap lancar selama menjadi kreditur di BTN. 


 

BTN lakukan segmentasi nasabah

Ilustrasi Kantor Cabang BTN/ Dok BTN

Direktur Utama BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan perseroan juga mengembangkan segmentasi pelanggannya untuk menjangkau potensi pasar yang lebih luas. Adapun, penerapan AI ini menjadi salah satu perjalanan transformasi IT, khususnya big data, yang merupakan rangkaian strategi BTN.

Beberapa pembaharuan dan implementasi teknologi terkini tersebut seperti, membangun data warehouse, data lake, master data management, penggunaan ccloud, dan lain sebagainya. 

"Dengan transformasi digital yang dilakukan, BTN berharap untuk menjadi lebih terhubung dengan pelanggan, menghadirkan layanan yang lebih personal, dan merangkul perubahan menuju dunia digital," ujar Nixon.

Ia juga melihat, penerapan AI tersebut telah memberikan dampak yang cukup signifikan untuk pertumbuhan bisnis BTN. Hal itu terefleksi dari pertumbuhan kredit di kuartal I-2024 yang tumbuh 14,8 persen menjadi Rp344,24 triliun.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi