Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp569 miliar, Ini Pendukungnya

Penjualan konsumer Citi ke UOB selesai Semester-II 2023.

Citi Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp569 miliar, Ini Pendukungnya
Citi Indonesia/ Dokumen Citi
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Citibank, N.A., Indonesia (Citi Indonesia) membukukan laba bersih sebesar Rp 569 Miliar pada kuartal-I 2023, tumbuh 52 persen (yoy) dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

CEO Citi Indonesia Batara Sianturi menjelaskan, peningkatan ini terutama didukung oleh meningkatnya pendapatan bunga bersih di lini bisnis institutional banking. 

"Perekonomian global masih menantang yang dikarenakan oleh dampak inflasi yang tinggi dan kenaikan suku bunga di sejumlah negara. Namun, Indonesia masih tetap tangguh dan diprediksi akan mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun 2023," kata Batara melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/5). 

Pada lini institutional clients group, Citi terus menyediakan layanan dan solusi end-to-end kepada para klien perusahaan lokal, multinasional, lembaga keuangan, dan sektor publik. Pada kuartal pertama tahun ini, jumlah kredit Institutional group meningkat 2,5 persen (yoy). 

Aset Citi Indonesia capai Rp101,7 triliun

Jajaran Direksi Citi Indonesia pada Paparan Kinerja Semester I-2022/ FORTUNE Suheriadi

Total Aset Citi Indonesia meningkat sebesar 14,4 persen (yoy) menjadi Rp 101,7 triliun, terutama ditopang dengan kenaikan dana pihak ketiga yang tumbuh 14 persen. 

Sementara itu, rasio kecukupan likuiditas (LCR) dan rasio pendanaan stabil bersih (NSFR) Citi Indonesia tetap kuat di 342 persen dan 153 persen atau di atas ketentuan minimum. 

Citi Indonesia juga memiliki modal yang kuat dengan Rasio Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) sebesar 30 persen. Sedangkan rasio Non-Performing Loan (NPL) gross juga tercatat turun dari 3 persen menjadi 2,8 persen di kuartal pertama 2023. 

"Kami terus memastikan kecukupan pencadangan kerugian penurunan nilai kredit yang memadai melalui rasio net NPL yang turun dari 0,26 persen menjadi 0,07 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," kata Batara. 

Penjualan bisnis konsumer Citi ke UOB Indonesia rampung Semester II-2023

Ilustrasi UOB/ askarim Shutterstock

Mengenai kemajuan proses jual beli aset dan liabilitas yang terkait dengan bisnis consumer banking Citi kepada UOB Indonesia (UOB), Batara menyatakan, Citi telah menandatangani perjanjian jual dan beli aset dan liabilitas bisnis consumer banking dengan UOB. 

"Untuk itu, kami memastikan transisi yang mulus bagi pelanggan, karyawan, dan mitra kami. Proses akuisisi ini ditargetkan akan selesai pada semester-II tahun 2023," kata Batara 

Ia menambahkan, hingga waktu tersebut terlaksana, pihaknya memastikan semua produk dan layanan yang ditawarkan kepada nasabah tetap berjalan normal seperti biasa termasuk kegiatan operasional, seluruh kantor cabang, call center dan lainnya.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%