DBS Group Ramal Prospek Pasar Saham Global Masih Positif akhir 2024

The Fed dinilai belum akan menaikan bunga.

DBS Group Ramal Prospek Pasar Saham Global Masih Positif akhir 2024
Foto Gedung DBS. (Dok. DBS)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE DBS Group Research menilai prospek pasar Saham Global masih cukup positif hingga akhir 2024.Hal itu sebagaimana tercermin dalam kenaikan saham dan penurunan credit spread atau selisih antara imbal hasil obligasi korporasi dengan imbal hasil obligasi pemerintah yang berjangka waktu sama.

Pihaknya menilai obligasi masih lebih menarik daripada saham yang menghasilkan pendapatan karena imbal hasilnya. “Selisih imbal hasil negatif antara dividen saham AS dan imbal hasil obligasi pemerintah AS 10-tahun telah melebar, yang mendukung daya tarik relatif lebih kepada obligasi dibandingkan saham. Data aliran dana dari awal tahun sampai saat ini menunjukkan preferensi terhadap obligasi di antara berbagai aset,” kata Chief Investment Officer DBS Hou Wey Fook melalui keterangan resmi yang dikutip di Jakarta, Selasa (25/6).

The Fed dinilai belum akan menaikan bunga

The Federal Reserve ( FED ) to control interest rates. (Shutterstock/Pla2na)

Ia menyatakan, meski The Fed mengakui adanya kemajuan moderat pada inflasi dalam pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) Juni tahun ini. Namun The Fed menegaskan perlunya ekonomi yang lebih stabil sebelum penurunan suku bunga dapat dimulai. Sementara itu, para investor disebut akan mempertimbangkan dampak dari suku bunga yang lebih tinggi untuk jangka waktu yang lebih lama.

“DBS Group Research mempertahankan pandangan bahwa pelonggaran kebijakan akan segera dilakukan, dengan harga Fed Funds berjangka pada pemangkasan pertama di bulan November hingga Desember,” katanya.

Ia menambahkan, dengan meredanya tekanan rantai pasokan secara global, kondisi inflasi tinggi dengan imbal hasil obligasi yang tinggi saat ini sebagian besar didorong oleh permintaan karena gambaran makro tetap kuat. 

Bahkan setelah penguatan di paruh pertama tahun 2024, DBS Group Research percaya bahwa pasar saham akan tetap tangguh di paruh kedua tahun ini, didorong oleh ketahanan margin laba, prospek laba perusahaan yang positif, valuasi yang tidak terlalu tinggi, dan dukungan likuiditas dari basis moneter AS yang berkembang, yang berkorelasi erat dengan S&P 500. Seperti diketahui, hingga Mei 2024, tingkat suku bunga The Fed berada di level 5,25-5,50 persen.

Magazine

SEE MORE>
Businessperson of the Year 2024
Edisi Oktober 2024
Turning Headwinds Into Tailwinds
Edisi September 2024
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024

Most Popular

Daftar Menteri Kabinet Prabowo dan Jabatannya, Lengkap!
Tugas Luhut usai Dilantik jadi Ketua Dewan Ekonomi Nasional
Ini Profil 3 Eks-Bankir yang Masuk Kabinet Presiden Prabowo
Izin Usaha Investree Dicabut OJK, Bagaimana Nasib Nasabah?
Prabowo Lantik Raffi Ahmad hingga Gus Miftah Jadi Utusan Presiden
Prabowo Lantik Luhut Jadi Kepala Dewan Ekonomi Nasional