⁠Ini Upaya DBS dan PLN Dukung Hilirisasi Bisnis Keberlanjutan

DBS Indonesia salurkan Rp6,1 triliun untuk proyek hijau.

⁠Ini Upaya DBS dan PLN Dukung Hilirisasi Bisnis Keberlanjutan
Ilustrasi energi hijau. (https://www.istockphoto)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Masa depan keberlanjutan menjadi tanggung jawab setiap pihak. Apalagi, Hilirisasi menjadi salah satu upaya menuju operasional bisnis yang lebih hijau baik untuk perusahaan listrik hingga perbankan. Untuk itu, PT PLN (Persero) (PLN) PT Bank DBS Indonesia (DBS Indonesia) terus berupaya mendukung hal tersebut.

Executive Vice President Commercial Product Development PLN, Ririn Rachmawardini menyampaikan, PLN berkomitmen akan net zero emission dan mendukung semua program pemerintah dengan menyusun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) menjadi RUPTL yang berbasis hijau. 

“Dan ini dalam sejarah PLN adalah RUPTL pertama yang langsung memasukkan EBT untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan dari investor yang akan melakukan hilirisasi,” kata Ririn Rachmawardini melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (30/5).

PLN targetkan penambahan kapasitas green electricity

Ilustrasi PLTS di IKN. (Doc: PLN Nusantara Power)

PLN menargetkan penambahan kapasitas listrik ramah lingkungan (green electricity) sebesar 54 gigawatt pada tahun 2040 serta menjajaki berbagai model kemitraan untuk mempercepat proyek energi terbarukan di Indonesia. 

Lebih dari itu, pada 2023 lalu, PLN melalui PT State Grid Power Indonesia (SGPI) juga mendapatkan pinjaman senilai US$ 100 juta dari Bank DBS Indonesia untuk mendukung layanan Advanced Metering Infrastructure (AMI). Kerja sama ini bertujuan untuk meningkatkan transformasi digital di sektor energi yang dapat memperbaiki akurasi transaksi listrik.

DBS Indonesia telah salurkan Rp6,1 triliun untuk proyek hijau

Foto Gedung DBS. (Dok. DBS)

Selain PLN, pada 2023, Bank DBS Indonesia telah mengalokasikan dana sebesar Rp6,1 triliun untuk mendanai berbagai proyek hijau dan berkelanjutan di sektor otomotif, pangan dan pertanian, minyak dan gas, serta energi.Sebesar 30 persen dari dana ini dialokasikan khusus untuk proyek energi terbarukan, sejalan dengan pilar keberlanjutan pertama Bank DBS Indonesia, yaitu Responsible Banking.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Lim Chu Chong menegaskan pentingnya langkah berkelanjutan untuk masa depan Indonesia. “Lonjakan ekspor dan investasi asing langsung, serta peningkatan status ekonomi Indonesia menjadi negara berpenghasilan menengah ke atas oleh Bank Dunia pada pertengahan 2023, menunjukkan potensi besar yang dimiliki Indonesia,” ujar Lim Chu Chong.

Seperti dikutip saat sesi panel pada acara DBS Asian Insights Conference 2024, Ketua Kadin bidang Energy Transition Task Force Anthony Utomo mengatakan, masih banyak sekali peluang dari kebijakan hilirisasi. Salah satu yang paling bisa kita lihat nyata misalnya di bidang otomotif. 

Ia menyebut, sudah banyak sekali Original Equipment Manufacturer (OEM) yang mau masuk ke Indonesia dan menjadi sebuah peluang. “Karena dengan adanya Perpres (Peraturan Presiden) terkait kebijakan EV (electric vehicle), itu ada insentif untuk produsen yang mau melakukan produksi di Indonesia, antara lain dengan mendapatkan pembebasan bea impor dan lainnya. Ini harus menjadi ceruk untuk Indonesia agar bisa membangun industrinya menjadi ekonomi hijau,” pungkas Anthony.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Channels

Most Popular

Pengertian Negosiasi, Tujuan, dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Ini Pengertian, Peran, Jenis dan Contoh Kreditur
Pengertian Ekonomi Mikro, Pahami Komponen serta Teorinya
Rekening: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya
Logam Mulia Adalah: Pengertian dan Jenis-jenisnya
Apa itu Blockchain? Inilah Pengertian, Cara Kerja, dan Fungsinya