Investor Kripto Tembus 20,9 Juta, Total Transaksinya Naik 354%

Ini persiapan OJK ambil alih pengawasan kripto.

Investor Kripto Tembus 20,9 Juta, Total Transaksinya Naik 354%
Ilustrasi pertemuan bisnis tentang keputusan investasi untuk bitcoin. Shutterstock/Morrowind
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Aktivitas Investasi aset Kripto di Indonesia terus berkembang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat per Agustus 2024, jumlah total investor berada dalam tren meningkat dengan total mencapai 20,90 juta investor. Jumlah itu naik bila dibandingkan dengan jumlah investor kripdo pada Juli yang mencapai 20,59 juta.

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, dan Aset Kripto OJK Hasan Fawzi menyatakan, dengan jumlah tersebut, nilai transaksi aset kripto ikut tumbuh dari Rp42,34 triliun di Juli 2024 menjadi Rp48 triliun di bulan Agustus 2024. 

“Dengan demikian, secara akumulatif nilai transaksi aset kripto pada  Januari-Agustus 2024 mencapai Rp344,09 triliun atau tumbuh 354 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya,” kata Hasan saat konferensi pers Rapat Dewan Komisioner OJK di Jakarta, Selasa Sore (2/10).

Ini persiapan OJK ambil alih pengawasan kripto

Pixabay/TamimTaban

Di sisi lain, OJK juga tengah mempersiapkan perpindahan pengawasan kripto dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) kepada OJK. Hasan menambahkan, dalam perpindahan ini pihaknya akan menerapkan tiga fase transisi.

Fase pertama adalah fase soft landing pada awal masa peralihan Januari 2025. Fase kedua menjadi fase penguatan. Sedangkan pada fase ketiga adalah pengembangan dan penguatan berkelanjutan aset kripto di Indonesia. 

Tak hanya itu, OJK juga tengah menyiapkan Rancangan Peraturan atau RPOJK penyelenggaraan perdagangan aset keuangan digital dan aset kripto. Serta, RSEOJK tentang mekanisme pengawasan dan pelaporan perdagangan aset keuangan digital. 

Salah satu poin yang dipersiapkan juga antara lain infrastruktur pendukung seperti Sumber Daya Manusia (SDM) dengan melakukan pengembangan kompetensi melalui pelatihan dan self learning. Sebagai upaya pengembangan kualitas dan peningkatan kompetensi pegawai juga dilakukan melalui pendidikan dinformal pada OJK Institute. Terakhir, OJK juga tengah menyiapkan anggaran yang memadai untuk mendukung divisi pengawasan aset kripto.

Selain mengembangkan SDM internal, OJK juga akan merekrut tenaga kerja dan tenaga ahli baru melalui Program Pendidikan Calon Staf (PCS) ke-7 yang saat ini menjalani training selama sekitar sembilan bulan. Program ini dilaksanakan untuk merekrut pagawai level staf. Selain melakukan pembekalan SDM dan rekrutmen, OJK juga melakukan mutasi tenaga pengawas dari satuan kerja lain ke pengawasan kripto dan koperasi open loop.

"Dan akhir tahun ini kami akan melakukan rekrutmen PCS ke-8. Jumlah pegawai berikut ini diperkirakan dapat memenuhi kebutuhan pengawasan industri kripto dan koperasi open loop baik itu di pusat maupun di daerah," ujar Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

Harga BBM Terbaru per 1 Oktober 2024, Untuk Semua Wilayah
Kadin Akan Gelar Munas Usai Pelantikan Prabowo Subianto
Laba ABM (ABMM) Lo Kheng Hong Turun 51%, Saham Tertekan
OpenAI Ditaksir Merugi Rp75,58 Triliun Akhir Tahun, Ini Sebabnya
Daftar Pemegang Saham Tol Transjawa Setelah Divestasi JSMR
Waspada IHSG Terkoreksi, Dibayangi Sejumlah Sentimen