Kini QRIS Bisa Digunakan Transaksi di Korea Selatan

Kerja sama dukung penggunaan mata uang lokal.

Kini QRIS Bisa Digunakan Transaksi di Korea Selatan
Ilustrasi QRIS di aplikasi Krom Bank. (dok. Krom Bank)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kini masyarakat bisa menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk berTransaksi di negara Korea Selatan (Korsel). Kondisi itu terwujud setelah Bank Indonesia (BI) memperluas jaringan kerja sama pembayaran dengan mitra strategis internasional dengan Bank of Korea (BoK).

Penandatanganan Nota Kesepahaman (NK) terkait pembayaran berbasis QR code ini dilakukan oleh Gubernur BI, Perry Warjiyo, dan Gubernur BoK, Ree Chang-yong, pada 15 Juli 2024 di Penang, Malaysia. Perry menyatakan, selain QRIS disa untuk melakukan pembayaran Korea Selatan, nantinya QR asal Korsel yang ditentukan oleh BoK juga bisa untuk transaksi di Indonesia.

“Kerja sama ini akan membangun kerangka yang memfasilitasi pembayaran berbasis QR code antar kedua negara, termasuk operator sistem pembayaran atau penyedia jasa pembayaran,” kata Perry melalui keterangan resmi di Jakarta, Senin (15/7).

Kerja sama dukung penggunaan mata uang lokal

ilustrasi Myeongdong (dok.wikipedia/Wpcpey)

Kesepakatan ini juga menandai dimulainya kerja sama antara BI dan BoK dalam mengimplementasikan konektivitas pembayaran yang didukung sinergi erat pelaku industri kedua negara. Inisiasi kerja sama ini, lanjut Perry akan ditindaklanjuti dengan pengembangan interkoneksi dilanjutkan dengan tahap uji coba sebelum implementasi dilakukan secara penuh.

“Implementasi kerja sama ini akan mendukung transaksi antar masyarakat di kedua negara dalam rangka mendorong ekonomi dan keuangan digital di Indonesia dan Korea Selatan mengingat antara lain tingginya jumlah turis antar kedua negara,” kata Perry.

Perry Warjiyo juga menekankan kerja sama pembayaran berbasis QR code antara BI dan BoK akan memperkuat hubungan ekonomi antara Indonesia dan Korea Selatan. Tak hanya itu, kerja sama sistem pembayaran berbasis QR code ini sekaligus menjadi wujud nyata implementasi dari G20 Roadmap for Enhancing Cross-border Payments

“Selain itu, konektivitas pembayaran lintas negara juga perlu disinergikan dengan skema mata uang lokal dalam transaksi bilateral untuk mendukung stabilitas makroekonomi dan meningkatkan efisiensi,” pungkas Perry.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

35 Ucapan Maulid Nabi Muhammad 2024, Penuh Makna!
Meninjau Valuasi Spin-Off Anak Usaha Adaro dan Dampaknya
Adhi Karya Digugat PKPU Gara-Gara Proyek Hambalang
Apakah Uang Rp100 Ribu Bisa investasi? Ini Pilihannya
Mobil BYD Mulai Banyak Terlihat di Jalan, Ini Data Impornya
Tiga Pesan Penting Sidang Kabinet Terakhir Jokowi di IKN