Masuk Pertengahan Tahun, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5,75%

BI proyeksikan pertumbuhan ekonomi global capai 2,7%.

Masuk Pertengahan Tahun, BI Pertahankan Suku Bunga Acuan di 5,75%
Ilustrasi Bank Indonesia/ Shutterstock Harismoyo
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) diputuskan untuk tetap sebesar 5,75 persen. Sedangkan untuk suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00 persen, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50 persen. Hal tersebut tertuang dalam hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) pada 24-25 Juli 2023.

Gubernur BI Perry Warjiyo menjelaskan, keputusan tersebut konsisten dengan stance kebijakan moneter untuk memastikan inflasi tetap terkendali dalam kisaran sasaran 3,0±1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1 persen pada 2024.

“Fokus kebijakan ke depan akan diarahkan pada penguatan stabilisasi nilai Rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) dan memitigasi dampak rambatan ketidakpastian pasar keuangan global,” kata Perry melalui konferensi video di Jakarta, Selasa (25/7).

BI proyeksikan pertumbuhan ekonomi global capai 2,7%

Ilustrasi Global Warming (Netivist.org)

Di sisi lain, BI memproyeksikan pertumbuhan ekonomi global 2023 diprakirakan tetap sebesar 2,7 persen, namun proyeksi tersebut masih disertai dengan ketidakpastian.

Perry menyebut, pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan beberapa negara maju di Eropa diprakirakan akan lebih baik, dipengaruhi oleh konsumsi rumah tangga seiring dengan perbaikan upah dan keyakinan konsumen.

Sementara itu, pertumbuhan ekonomi Tiongkok diprediksi lebih rendah sejalan dengan tertahannya konsumsi dan investasi terutama sektor properti. Perry menilai, tekanan inflasi di negara maju masih relatif tinggi dipengaruhi oleh perekonomian yang lebih kuat dan pasar tenaga kerja yang ketat. Hal ini diprakirakan akan mendorong kenaikan lebih lanjut suku bunga kebijakan moneter di negara maju, termasuk Federal Funds Rate (FFR).

BI prediksi inflasi RI berada pada kisaran 2,5 persen

Penjual melayani pembeli di Pasar Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (1/12/2021). ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/foc.

Sementara itu, BI juga mencatat inflasi IHK pada bulan Juni 2023 sebesar 3,52 persen (yoy) dan masih berada di dalam sasaran 3,0±1 persen. Perry menjelaskan, telah terjadi penurunan inflasi di semua kelompok.

“Inflasi inti Juni 2023 tercatat 2,58 persen (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan inflasi pada bulan sebelumnya sebesar 2,66 persen (yoy) dipengaruhi oleh stabilnya nilai tukar, turunnya harga komoditas global, rendahnya dampak lanjutan dari inflasi volatile food, dan terkendalinya ekspektasi inflasi,” jelas Perry.

Ia menilai, kembalinya inflasi ke dalam sasaran sebagai hasil positif dari konsistensi kebijakan moneter serta eratnya sinergi pengendalian inflasi pangan antara Bank Indonesia dan Pemerintah (Pusat dan Daerah) dalam TPIP dan TPID melalui penguatan GNPIP di berbagai daerah. Dengan perkembangan tersebut, Bank Indonesia meyakini inflasi tetap terkendali dalam kisaran 3,0±1 persen pada sisa tahun 2023 dan 2,5±1 persen pada 2024.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

IDN Channels

Most Popular

OPEC+ Sepakat Tunda Kenaikan Produksi Minyak Hingga November
Bisnis Manajemen Fasilitas ISS Tumbuh 5% saat Perlambatan Ekonomi
7 Jet Pribadi Termahal di Dunia, Harganya Fantastis!
Gagal Tembus Resisten, IHSG Diprediksi Konsolidasi
Fitur AI Jadi Alasan Canva Naikkan Harga hingga 300%
Pertamina Siapkan 15 Persen Belanja Modal untuk Transisi Energi