Pacu Digitalisasi, Transaksi Digital Bank Sinarmas Naik 15%

Sistem pinjaman digital Bank Sinarmas tingkatkan akurasi.

Pacu Digitalisasi, Transaksi Digital Bank Sinarmas Naik 15%
Ilustrasi Bank Sinarmas/Shutterstock Adansijav Official
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Bank Sinarmas Tbk (Bank Sinarmas) terus memacu inovasi layanan digital miliknya melalui aplikasi Mobile Banking SimobiPlus hingga program Sistem Originasi Pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Dengan inisiatif pengembangan ini, Bank Sinarmas telah berhasil meningkatkan volume total transaksi hingga 15 persen (yoy) pada April 2024.

Direktur Utama Bank Sinarmas, Frenky Tirtowijoyo mengatakan, inovasi yang dilakukan pada aplikasi mobile banking SimobiPlus tersebut sebagai wujud menjaga kepercayaan nasabah dan sebagai upaya untuk terus melakukan peningkatan kualitas aplikasi. 

“Pengembangan pada aplikasi SimobiPlus sebelumnya telah mencakup beberapa pengembangan lainnya seperti: pembukaan rekening online, transaksi QRIS, pembayaran tagihan, dan manajemen aset,” kata Frenky melalui keterangan resmi di Jakarta, Kamis (19/9).

Nilai transaksi digital naik 51%, Bank Sinarmas diganjar penghargaan

Nilai transaksi digital naik 51%, Bank Sinarmas diganjar penghargaan

Sementara itu, Direktur IT & Digital Experience Bank Sinarmas juga menjelaskan, dari sisi nilai total Transaksi Digital melalui kanal digital dari Bank Sinarmas juga naik 51 persen pada April 2024.

“Seiring dengan kemajuan dalam pembaruan SimobiPlus tersebut, pencapaian kami hingga saat ini menunjukkan bahwa kami terus berusaha memberikan produk dan layanan terbaik bagi para nasabah,” tambah Sendy.

Dengan pencapaian tersebut, Bank Sinarmas telah meraih dua penghargaan dalam Indonesia Technology Excellence Awards 2024 yang digelar pada hari Kamis, 6 September 2024 bertempat di Hotel Conrad, Bangkok. Dua kategori penghargaan yang berhasil diraih adalah Indonesia Technology Excellence Awards 2024 for Mobile-Banking for SimobiPlus Revamp dan Indonesia Technology Excellence Award for Automation-Banking for MSME Loan Origination System.

Kedua penghargaan tersebut didapat atas keberhasilan pengembangan aplikasi mobile banking SimobiPlus, serta peluncuran Sistem Originasi Pinjaman Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang merupakan otomatisasi proses bisnis end-to-end untuk originasi pinjaman, penilaian kredit, penjaminan, dan persetujuan pinjaman.

Sistem pinjaman digital Bank Sinarmas mampu tingkatkan akurasi kredit

Ilustrasi Kredit Shutterstock.com/Wolfilser

Sementara itu, pengembangan pada Sistem Originasi Pinjaman UMKM dirancang untuk memungkinkan Bank Sinarmas dalam melakukan otomatisasi proses akuisisi kredit, mulai dari input data prospek melalui aplikasi mobile, proses penilaian pinjaman, penilaian risiko otomatis hingga otomatisasi alur kerja persetujuan untuk menyetujui atau menolak aplikasi pinjaman UMKM.

Diluncurkan pada Januari 2024, pengembangan ini merupakan kombinasi antara aplikasi seluler dan aplikasi berbasis web yang memanfaatkan pendekatan alur kerja yang dirancang khusus untuk mendukung pemrosesan aplikasi kredit yang diperlukan oleh bank. Sistem ini digunakan untuk memasukkan data prospek dan melakukan otomatisasi proses penyaringan yang mencakup integrasi dengan sistem pihak ketiga dan penyedia data.

Selain itu, juga dilengkapi dengan mesin penilaian kredit dan risiko otomatis yang memberikan kemampuan untuk melakukan proses analisis kredit secara otomatis. Dengan penerapan sistem otomatisasi ini, Bank Sinarmas telah berhasil mengurangi biaya dan proses manual sebesar 90 persen. Selain itu bank telah meningkatkan akurasi keputusan pinjaman melalui penilaian.

Magazine

SEE MORE>
Indonesia's Biggest Companies
Edisi Agustus 2024
Human-AI Collaboration
Edisi Juli 2024
The Local Champions
Edisi Juni 2024
The Big Bet
Edisi Mei 2024
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024

Most Popular

12 Tahun Dijual, Rumah Mewah Michael Jordan di Chicago Akhirnya Laku
Isak Tangis Sri Mulyani di Banggar DPR Usai Sepakati RUU APBN 2025
OnlyFans Cetak Rekor Pendapatan, Capai US$6,6 Miliar di 2023
Perbedaan Istana Garuda dan Istana Negara IKN, Jangan Keliru
Alibaba Pertahankan Kepemilikan 88 Miliar Saham GoTo hingga 5 Tahun
Bunga Acuan Turun, BI Proyeksikan Kredit Bank Tumbuh 12%